Monday, May 19, 2014

TWO YEARS AT FREMANTLEMEDIA

First Impression

Setelah wawancara dan ternyata diterima, tanggal 18 Maret 2011 adalah hari pertama gw kerja jadi Translator di kantor baru gw, FremantleMedia. Genap 1 bulan setelah Sidang. Hari pertama tersebut sangatlah tidak terlupakan. Ceritanya itu hari Jumat. Jam 9 pagi gw di lobby bengong-bengong aja nungguin Mbak Ocha dateng. Sampe hampir jam 10 gw bingung kok Mbak Ocha ga dateng-dateng. Jangan-jangan dia udah di ruangan lagi nungguin gw? Kan gw ga mungkin berkeliaran nyariin Mbak Ocha? Disitu juga ga ada siapa-siapa. Lalu, pletok, pletok, terdengarlah suara langkah sepatu. Terus Mbak Tyas lewat. 

Gw: “Mbak, Mbak Ocha belom dateng ya?” 
Doi: “Belom. Kamu baru masuk ya? Jadi apa?” 
Gw: “Iya, jadi Translator.” 
Doi: “Alhamdulilah!!! Ya udah kamu tungguin aja bentar lagi juga dateng kok.” 

Mbak Tyas terlihat sangat penuh syukur, gw ga tau kenapa. Haha. Setelah itu akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga. Gw disuruh nunggu di bilik samping ruangan HR lalu Mbak Ani nyamperin gw bawa kontrak. Setelah dijelasin bla bla bla, gw tanda-tangan kontrak, lalu Mbak Ani ajak ikut workshop rating. Gw bingung, loh tar klo ada yang musti dikerjain gimana? Terus doi tanya Mbak Ocha dan katanya belom ada yang bisa dikerjain, jadi gpp ikut workshop dulu. (Lanjutannya baca di Cerita Hari Pertama).

Hari Senin, gw udah dipindahin ke lantai 3, ke meja gw sendiri dengan komputer sendiri. Meja itu kosong banget deh. Terus gw sendirian gitu soalnya di samping gw ga ada orang. Mbak Ocha juga lupa kenalin gw jadi gw ga kenal siapa-siapa. Nah kan letak mejanya saling membelakangi dan berhadapan. Waktu itu sih di depan gw ga ada orang. Di belakang gw namanya Mbak Lenny, sampingnya Mbak Chicha, terus ada Mas Haikal. Mereka yang paling ramah dan ngajak gw kenalan pertama kali. Gw kan emang orangnya pemalu (xixixi). Jadi gw malu buat nyamperin orang dan ngajak kenalan gitu. Gw diem-diem aja duduk, kerja. 

Trs karena Mbak Lenny, Mbak Chicha, dan Mas Haikal ramah gitu jadi enak deh. Mbak Lenny bilang, “Martince, dua orang sebelum kamu yang duduk di kursi itu ga pernah bertahan lama. Kamu jangan kaya gitu ya.” (Dan 3 bulan kemudian ketika gw masih menempati kursi itu Mbak Lenny teriak, “Martince syukurlah kamu masih betah disini!!!”) 

Hari ketiga, gw inget karena gw nulis di blog, gw dapet Email dari Garuda Indonesia. Tapi gw ga dateng interviewnya. Gw sebenernya lagi nungguin Cathay Pacific waktu itu, tapi ga lolos ternyata. Hehe. Oh iya, gw juga nyatet vocab baru yang gw pelajarin selama translate. Dimulai dari bulan Maret, April, Mei. Terus ga gw lanjutin lagi, males. Haha.

Let's Adjust and Adapt!

Lalu hari-hari selanjutnya, disana gw ngerjain segala macem dokumen yang dikasih ke gw. Klo pas ga ada, ya gw browsing aja, sampe gw bosen. Pernah sehari gw ga ada kerjaan sama sekali. Pernah juga hampir 3 minggu gw ga ada kerjaan sama sekali. Haha. Gw nonton drama Korea di YouTube. Gw sampe bisa namatin Full House & Secret Garden loh! Kalo Full House sih gw nonton ulang, kalo Secret Garden kan gw pertama kali nonton, dan itu lucu banget! Gw sampe harus mendekap mulut kuat-kuat biar suara ngakak gw ga bocor keluar haha. Tapi tetep aja kedengeran sih trs Mas Haikal bertanya-tanya dengan heran, “Martince kamu ngapain ketawa sendiri?” Hakhak. Parahnya lagi pas adegan sedih, gw kan cengeng yak, jadi gw nangis juga berleleran ingus gitu terus usap-usap pake tissue. Ga tau deh ada yang liat apa kagak. Huahahaha. Kadang juga pas Mbak Ocha lagi ke atas dia mergokin gw nonton dan bilang, "Ya ampun lagi nonton film Korea." Hehe.

Bulan Juli, gw wisuda, jadi hari Jumatnya harus ijin balik lebih cepet buat gladi resik di JCC.

Di bulan-bulan awal, gw ga banyak kenal orang, karena gw kan jarang ninggalin meja gw, cuma berhubungan sama orang-orang yang perlu minta translate aja, Mbak Mala, Mbak Vreda, Mbak Ocha, Mbak Ani. Trs gw juga makan sendiri di meja, males keluar. Mbak Chicha kan punya gerombolan sendiri, gw ga bisa langsung nimbrung masuk gitu orangnya. Mbak Ani biasanya bawa bekal dari rumah. Jadi ga ada temen makan deh gw. Mbak Anet dulu beberapa kali ngajak, “Martina, makan bareng donk jangan makan sendiri mulu.” Terus setelah beberapa kali diajak gw ikut sekali waktu itu makan Hokben sama Mbak Anet, Mbak Tyas, Mbak Cilla. Terus gw diem aja karena ga tau mau ngomong apa. Hahaha. 

Office Culture & Memorable Events

Terus klo ada acara ngumpul kantor, kaya di Big Meeting Room rayain tujuh belasan ato gathering di mana gitu gw paling males deh. Soalnya gw jadi ngerasa kaya orang asing gitu. Ga bisa tiba-tiba masuk ke satu gerombolan dan membaur. Gw jadi sendirian deh paling berdiri di samping Mbak Ani. Tapi itu pertamanya, lama-lama jadi demen!!! Cerita lengkapnya di My Office Gathering.


Oh ya dulu gw klo ga ada kerjaan, pulang selalu jam 5 teng (ga lewat 1 detik pun) dan gw selalu pamit kaya gini, “Mbak, Mas, pulang dulu ya,” dan selalu dijawab dengan teriakan membahana-nya Mbak Chicha, “APAAAA??? Martince! Berani-beraninya kamu pulang! Jam berapa ini?” Disambut dengan provokasi Mas Ferry yang ikutan teriak, lalu riuhlah lantai 3. Itu gw hadapi setiap hari. Huahaha. Cuma karena mereka kreatif tiap hari beda-beda kalimatnya. “APAAAA” ala Mbak Chicha sebagai trademark selalu ada donk, kadang digantikan Mbak Lenny klo doi lagi berhalangan, dia bilang “Aku baru dateng kamu udah berani pulang?” Gw cuma bisa ngakak tiap turun tangga. Terus gara-gara kebiasaan gw itu, masa dibikin drama sama mereka. Jadi suatu hari Mas Aip memperagakan gaya gw nyangklong tas sambil bilang, “Mbak, Mas, pulang dulu ya,” dan melenggang pergi. Suer persis banget haha bikin selantai 3 ngakak semua. Mereka bilang diantara semua karyawan cuma gw yang karakternya statis ga pernah berubah, setiap hari selalu ngucapin kalimat itu. Cerita setelah 3 bulan kerja di Office Look and 3 Months Working.

Terus masa gw pernah dikerjain gara-gara pulang jam 5 itu. Jadi pas itu lagi ada Jez, HR Manager Asia. Kantornya di Singapore tapi doi lagi di Indo. Nah dia di ruangan lantai 3 deket tangga. Klo gw pulang pasti lewat situ kan. Terus jam 5 kurang 5 gw udah siap-siap nih mau cabut, gw janjian nonton 5.20 di FX. Eh begitu jam 5 gw ditelpon sama Mbak Anet, “Martina, kamu jangan pulang dulu, kan ada Jez, ga enak.” Terus gw jadi bingung donk, lah gw kan mo nonton? Lagian gw pulang jam 5 kan ga melanggar peraturan, kenapa musti ga enak? Terus gw tanya sama Mbak Tyas yang raut mukanya susah ditebak, geli-geli gimana gitu. 

Gw: “Mbak, emang aku ga boleh pulang ya? Aku mo nonton nih..” 
Doi: “Kamu nonton jam brp?” 
Gw: “Jam 5.20” 
Doi: (kaget) “HAH? Ya udah sana pulang cepetan ngapain kamu masih disini.” 
Gw: “Lah kata Mbak Anet aku ga boleh pulang.” 

Trs Mbak Tyas jadi antara bingung ga tega gw telat nonton bioskop sama ga pengen jadi orang yang ngebongkar juga. Dia bilang, “Coba kamu tanya Ocha.” 

Lalu belom sempet gw tanya, telepon gw bunyi, Mbak Ocha. Bilang gini: 

“Martina, kamu jangan pulang dulu, lagi ada si Jez, nanti aja 5 lewat 10.” 

Lah, kok doi tau? Pasti Mbak Anet yang ngomong nih. Ya udah akhirnya gw nunggu sampe 5.10 lalu cepat-cepat ngacir. Berhari-hari kemudian, gw lupa kita lagi ngobrolin apa. Mbak Ocha keceplosan kalo waktu itu dia disuruh Mbak Anet ngerjain gw soal Jez. 

Alamakjang. Bahkan bos gw ikut-ikutan ngerjain gw! Untung gw ga telat nontonnya. Kalo telat gw suruh patungan gantiin tiket nonton gw 10x lipat! Hahahaha. 

Oh iya, biasanya kan gw pulang sendiri, soalnya setau gw karyawan lain ga ada yang pulang jam segitu. Jadi gw jalan ke terminal Blok M sendiri deh. Dodolnya lagi, setiap berangkat dan pulang gw lewat jalan Melawai yang 2 kali lipat lebih jauh dari jalan Mahakam. Gw belom tau soalnya klo bisa lewat Mahakam. Jadi gw muter gitu huhu. Itu terjadi selama 2 bulan. Pantes langsing semampai gini gw. *uhuk-uhuk* 

Terus ternyata, gw baru tau klo Mbak Shinta juga suka pulang teng jam 5. Doi ini Research Assistant. Jadilah kita janjian buat pulang bareng. Terus jadi deket karena banyak cerita-cerita, mungkin nyambung gara-gara sama-sama kelahiran 1989 kali yak. Hihi. Dia adalah orang pertama yang deket sama gw di kantor. Tapi Mbak Sinta juga bawa bekal klo siang. Cuma kadang-kadang aja pas ga bawa bekal, kita makan bareng deh. Terus di kantor ada yang namanya Ci Rere (Graphic Designer). Ternyata dia juga (klo ga lembur) pulang jam 5 (lewat dikit lah). Dia bawa mobil, rumahnya di Mampang. Biasanya gw sama Mbak Sinta bareng doi trs diturunin di Blok M. Hehe.

Terus ya gitu deh keseharian gw di kantor, pas ada kerjaan gw kerja, pas ga ada kerjaan ya gw main internet, nulis, baca, nonton YouTube, dll. Sampe di akhir tahun 2011, Mbak Mala PA-nya Sales Manager resign terus Mbak Cilla yang gantiin, jadi posisi HR Assistant kosong, terus gw sama Mbak Olin disuruh bantuin jadi HRD. Seru sih, selain nambah pengalaman, jadi kenal sama lebih banyak karyawan.

Oh iya, jadi inget pas Tony Cohen, CEO FremantleMedia Worldwide lagi World Tour ke Jakarta. Ceileh, world tour, udah kaya Suju aje, wakakak. Kebagian bantuin jadi resepsionis di Grand Mahakam, ini event pertama gw yang sebenernya ga ngapa-ngapain cuma terima tamu dan pasang senyum manis aja, hihi, tapi seneng. Terus kan opa Tony bawa souvenir gelas FM buat dibagiin ke negara-negara yang dy datengin. Tulisan gelasnya 4C-nya FM, Creative, Collaborative, Commercial, Confident (eh gw masih inget donk walo udah 1 tahun resign). Lalu karyawan kan mau pilih gelas yang tulisannya mereka suka kan, maka ribetlah kerjaan gw waktu itu karena pada rebutan gelas haha.


Terus kalo ga salah kan setahun kemudian opa Tony pensiun, tiap negara kan disuruh sumbang video sama foto buat di-compile. Jadi kita semua pake batik. Nah pas mo rekam video, mas Aip kan yang ngatur kamera dan kasih kode, biar suaranya ga kerekam kan kodenya pake gerakan. Masa gerakannya kakinya dikangkangin satu hahahaha.


Abis itu kita dikirimin link digital magazine buat farewell opa Tony ini. Seru bisa liat karyawan-karyawan FM dari seluruh dunia.


Terus yang ga terlupakan juga pas Post Pro EP dari Australia dateng buat bantuin episode perdana X Factor Indonesia, gw disuruh jadi Jemma's Translator. Memorable experience banget gw nangkring di RCTI sampe jam 1 pagi gara-gara macet dan banjir, udah berasa kaya anak post pro yang shift malem aje. Eh, terus abis gw resign ada X Factor Around the World donk dan pada LO-in Daniel Bedingfield, Paula Abdul, sama Louis Walsh. Ih, sirik abis! Cuma bisa baca cerita Mbak Anet di blog-nya.

Yang paling gw suka dari kerja di media adalah kreativitas-nya. Karena anak FM pada gokil, pas bos gw sang Managing Director alias Om lagi sakit, kita kan mau bikin video get well soon. Ada yang pura-pura marah terus mecat karyawan, pura-pura ga ada kerjaan sampe bersihin jendela, haha. Terus anak lantai 3 ceritanya lagi mabok-mabokkan di ruangan Om mentang-mentang Om ga ada! HAHAHA. Kita keluarin segala macem botol minuman terus mangkok bakso segala macem, pokoknya berantakkin ruangannya Om. Videonya di SINI detik 0:30, sama punya Mas Aip juga lucu abis, 0:45. Aduh jadi kangen! Hahaha. Terus pas hari pertama Om masuk kerja lagi setelah sakit itu kantor dihias jadi kaya playgroup haha.

Sekitar bulan November ibu-ibu PKK juga sempet liburan bareng ke Lombok & Bali.

Oh iya, pernah kan Mbak Pipit lagi pake lipstik merah terang terus gw lagi main-main di meja-nya dan dipakein lipstik itu. Terus akhirnya semua jadi pake dan kita malah ngelenong dan poto-poto haha.


Oh iya selama kerja di FM gw dateng di 3 kondangan. Pertama wedding-nya Mas Awen. Tapi ga ada foto bareng anak kantor karena udah keburu pulang huhu. Terus sekitar bulan Januari gitu, Mas (eh Koko sih sebenernya haha) Richard bakal merid di Ritz Carlton kan. Gw udah heboh nih asik bisa pake long dress. Terus yang lain juga ternyata ga kalah hebohnya mikirin baju dan dandanan buat kesana, ada yang niat beli baju baru, ke salon, dll dkk deh hihi lucu liat sekantor ikut rempong padahal yang merid siapa buahaha. Terus doi ngundang Project Pop buat ngisi acaranya! Seru abis, Project Pop ketemu anak FM,  udah deh kebayang jadi apa acaranya hahaha.


Bulan Mei, Mbak Cilla yang merid! Doi kan ngurus semuanya sendiri jadi gw ikut kebagian rempongnya, termasuk sering temenin ke Mayestik, ke Toko Maju, toko favorit kita haha. Terus gw yang jahitin renda ke pita yang diiket di kursi pemberkatan di gereja hihi. Gw jaitnya dengan penuh cinta dan blessing donk. Terus kado pernikahannya bikinan sendiri haha, Garden of Colorful Roses.



So, where to go for lunch?

Nah, karena sering ikut makan siang ibu-ibu PKK alias gerombolannya Mbak Anet (atau sering disapa cewek-cewek pengkolan karena kita kan suka nyegat bis di Blok M haha), jd akrab deh sm mereka. Ironisnya akrabnya karena gw jd korban buli-buli mereka, mentang-mentang gw anak bawang. Sebenernya awal-awal mikir klo sering ikut makan mereka bikin bangkrut soalnya tiap makan di mall sih haha. Eh makin kesininya malah gw yang ribut tiap jam 11 udah tanya, "Mbak Anet kita makan dimana?" saking bosennya di kantor haha. Terus Mbak Anet yg risih lg sibuk digerecokin terus (berbeda sama gw yang gada kerjaan) pasti jawab, "Ya ampun masih jam 11 udah nanya makan. Sana-sana bawel pikirin gih mo makan dimana, sumbang ide!" Hahaha. 

Jadi, tradisi makan kami biasanya:

1. Blok M Plaza
2. Gandaria City
3. Blok M Square
4. Senayan City & Plaza Senayan (agak jarang & khusus Jumat, soalnya jauh)

Terus kita punya kebiasaan beberapa bulan sekali abis gajian kita makan babi bareng. Cuma ga sering-sering soalnya klo makan babi karena ga semuanya bisa ikut. Selain itu tempat favorit kita kadang Pasar Mayestik, Santa, Kedai, Bakmi GM, dan cobain klo ada tempat baru yang deket-deket. Terakhir pas masa-masa hampir resign ada resto jepang baru di deket kantor yang ngasih 40% diskon. Kita sering banget makan disana, terus mostly ya karyawan FM yang makan disana huahaha.


Terus pernah kan kita makan ayam Richeese Factory yang super pedes itu. Pesennya level paling pedes. Buset gw baru segigit doank langsung menderita banget es segelas penuh ga bisa hilangin rasa pedesnya. Dihina-hina cupu soalnya seujung gigi doank gw nyobanya tapi mata udah merah dan lidah melet-melet haha. Mbak Cilla makan dgn penuh perjuangan tapi berhasil abisin. Mbak Risa makan dengan santai kaya lagi di pantai. Emang ratu cabe doi mah haha.

before chili from hell
after chili from hell
Topik seputar makan siang juga selalu menghibur, ngalor ngidul dari yang penting dan ga penting (banyakan sih ga penting), terus biasanya dari makan siang ini tercetuslah ide-ide aneh, kaya pas mo gathering Hollywood Night Party. Bahkan dari makan siang mereka bikin Target 2013: Cariin Martina pacar. Klo diliat sekarang yang udah taon 2014 dapat disimpulkan bahwa MEREKA GAGAL! Muahahaha~ *tawa penuh kemenangan*

Mereka ini kan udah tau klo cinta sejati gw Siwon, tp pada ga mau terima gitu. Masa pernah suatu hari gw lagi keluar ruangan buat ngapain gitu, terus balik-balik di kursi, komputer, tembok, semua udah penuh ditempelin sama foto IS (anak kantor yang dijodoh-jodohin sm gw) yang diperbesar jadi segede kertas HVS. Wakakakak niat banget dah, gw heran geraknya cepet banget padahal gw keluar ruangan cuma bentar. Terus ditulisin di fotonya, "Martina, get the real man," "Martina, ini oke loh!!" "Martina, aku tempatmu bersandar", WAKAKAKAK geli kan?? Terus Mbak Ocha yang sedari tadi di ruangan gw tanyain ga mau bilang ulah siapa itu, padahal kan doi pasti liat tuh kapan mereka tempelinnya. Ternyata yang ngeprint itu semua Mbak Risa hahaha.

gw foto nih bukti kriminalitas mereka!!!
Candy Crush Time

Ada masa-masa ketika sekantor lagi menggandrungi game ini, sampe sekarang juga masih sih. Emang udah mewabah banget sih Candy Crush ini, sampe di MV-nya Psy yang Gentleman aja ada haha. 

Awalnya gw kenal game ini dari Mbak Cilla. Kan emang setiap download game baru di iPhone, doi selalu suruh gw main haha. Gw udah kaya anak TK yang anteng klo dikasih game. Jadi suatu hari…

C: Eh mar, lo mainin ini deh.
W: Ih apaan tuh, game yang sama-samain warna gitu kan, cupu banget!
C: Ih gw juga gitu tau pas disuruh main sama tante gw, tapi lama-lama jadi seru! Cobain deh!
W: Ga mau ah, ga level main game cupu, ga ada tantangannya gitu.
C: Jih, belom tau sih lu, coba dulu makanya!

Lalu gw main dan menang. Haha.

Beberapa hari kemudian…

C: Mar! Mainin level 23 donk, stuck nih udah berhari-hari ga lewat-lewat.
W: Mana sini coba.

Lalu gw main dan kalah.

C: Aduhhh menangin donk. Gw udah capek nih ga berhasil menang. Kalo lo bisa menangin ini, gw bayar goceng deh! 
W: Wuih bener ye? Asik goceng! Yodah nih ak mainin lagi.

Lalu gw main dan menang! Hahahahaha asik dapet goceng dipake buat beli jus bareng.

Terus sejak itu gw jadi joki pribadi Mbak Cilla. Tapi joki gratisan, cuma sekali itu gw dibayar. Seandainya setiap level yang gw menangin gw dapet goceng, pasti sekarang gw udah kaya raya.

Terus karena cm bisa main di iPhone doi, gw ga bisa main sering-sering kan. Pas bos gw (Mbak Ocha) ganti iPhone langsung gw suruh download dan main juga. Jadi klo pas iPhone-nya Mbak Cilla di-caz kan gw bisa main di iPhone-nya Mbak Ocha hahaha.

Eh Mbak Ocha jadi ketagihan juga dan selalu main klo pas lagi macet.

Akhirnya Mbak Anet, Mbak Risa, Mas Rain, Mbak Olin, dan gerombolan back office jadi main semua. 

Maka terjadilah masa-masa kita semua serentak main di jam kerja (jangan ditiru ya, ga sering kok haha), saling kirim-kiriman nyawa, dan karena tempat kerja kita berdekatan, ga jarang terdengar teriakan kaya gini: “Mbak, kirimin nyawa donk.” “Cha, tiket donk cepetan.” “Aduhhh kalah nih, mainin donk!” Dan begitulah. Haha.

Oh iya, gw juga sempet main di FB dan dengan segera melesat melewati mereka semua dan nyampe level 157, ketika akhirnya gw memutuskan buat reset game-nya saking gw jadi main terus dan ga melakukan hal produktif lainnya. Nah, sejak gw berhenti main, sekali-sekali gw jokiin pny Mbak Anet, Mbak Ocha, Mbak Risa, sm Mbak Cilla. 

Lalu di suatu sore di jam kerja, Mbak Anet masuk ruangan gw dan terjadilah percakapan seperti ini:

A: Martina, mainin Candy Crush gw donk.

Gw belum sempet jawab… 

Mbak Ocha: Martina, sortirin lamaran ya.
A: Ah Cha, lu mah sengaja ngasih dy kerjaan.
O: Ya abis, minta tolong apaan kek, masa minta mainin Candy Crush.
A: Ah lu mah..

5 detik kemudian, Mbak Ocha keluarin HP…

O: Nih Martina, kamu mainin Candy Crush aku aja… 

DOEEENNNGGG!! Mbak Anet langsung terjengkang… Hahaha… 

Terus agak sorean, kan gw main tuh di komputer Mbak Anet, terus Mbak Ocha keluar ruangan sambil naro slip gaji. 

Doi blg gini, “Nih Martina, bagiin slip gaji yang lantai 3 ya. Aku bagi yang lantai 1 & 2.”

Terus gw bilang, “Ah Mbak Ocha mah sengaja, biar Mbak Anet ga menang, ga nyusul Mbak Ocha.” #kurangajarbangetya

Terus Mbak Anet ikutan nyeletuk, “Iya ah Cha lu mah sengaja nyari-nyari!”

Berlalulah Mbak Ocha sambil ngakak.

Hahaha, ini bos sama anak buahnya emang sama ga beresnya sih.


Last Moments

Mentang-mentang udah detik-detik terakhir resign, gw jadi makin manja sama kakak-kakak gw ini. Jadi makin sering merajuk, merengek, dan memaksakan kehendak, dengan dalih, "Ini permintaan terakhir aku mbak!" Mulai dari minta makan di resto Thailand yg baru buka, minta foto sama Chef Arnold, dll dkk.

Pas itu kan emang lagi heboh Chef Arnold gantiin Chef Juna di MasterChef 3. Ganteng banget kan si doi, berkharisma gitu pas jadi juri, apalagi pas pake kemeja, selalu sukses bikin BBM gw rame setiap weekend sore. Pada update status dan akhirnya nonton MC sambil sibuk histeris-histerisan dan fokus sama Chef-nya daripada acaranya. Lalu mulai ributlah gw minta dikirim ke RCTI.

Gw: Mbak Ocha, suruh aku ke RCTI donk, ngapain kek, biar bisa foto sama Chef Arnold, Mbak.
Doi: Masa ke RCTI buat foto doank.
Gw: Please Mbak, permintaan terakhir nih, abis ini aku kan ga disini lagi.
Doi: Ya udah kamu ke RCTI suruh karyawan tanda tangan kontrak ya, sekalian biar kamu bisa ketemu IS (yang gw ceritain di sini). Cieee cieee asik bisa ketemu IS nih.. (melenceng dari tujuan)
Gw: Hah? Bener ya? Asik-asik kapan nih?!! Pas Chef Arnold-nya syuting tapi!
Doi: Ya udah kamu tanya Awen dulu sana kapan doi syuting.

Trs gw tanya Mas Awen dan dikasihtaulah kalo besok si koki ganteng syuting. Maka diutuslah gw besok siang jam 1 pergi ke RCTI. Lalu besoknya gw ngantor pake dress & blazer, tidak lupa malak parfum dan kutek Mbak Cilla, huahaha. Langsung diledekkin abis.

Akhirnya kesampean juga gw foto sama doi, langsung pamer di BBM dan beragam respon penuh kekaguman pun muncul. Respon terburuk datang dari kantor sendiri.


"Hah? Apaan tuh kaya ibu-ibu RT minta sumbangan! Mestinya map-nya ditaro dulu Martince!"
"Kok posenya gitu sih? Minta dirangkul donk!"
"Kamu harus gandeng tangannya donk masa kaya gitu."
"Ah, kurang mesra fotonya, kaya orang ketemu artis di mall minta foto bareng."
"Ih, posenya kok ga akrab, ga kaya temen." *lah emang bukan temen haha*
"Besok balik lagi deh, foto lagi yang bener!"

Dan begitulah, gila ya gw udah susah-susah (ga juga sih) mengumpulkan keberanian buat foto dan responnya kaya gitu haha. Mereka ga tau gw deg-degan banget pas doi keluar, saking kinclongnya, ampe silau dan gemeteran, terus berkeringat dingin dan hampir pingsan. Sebenernya setelah gw pikir-pikir sekarang, agak lebay juga sih, perasaan doi ga ganteng-ganteng banget juga hahahaha.

Lalu setelah kebanyakan merengek soal "permintaan terakhir" itu, mereka bales dendam. Waktu itu kita panas-panas mau makan siang kan, nungguin taksi lewat. Taulah, depan kantor jarang ada taksi lewat. Terus kan pada maunya neduh di pos satpam ga ada yang mau ke tengah jalan nyetop taksi. Terus mereka pada nyuruh gw cari taksi kan, gw juga ogah, panas banget soalnya. Eh malah pada merengek, "Ayolah Martince, ini permintaan terakhir kita, cariin taksi donk." "Iya, kamu kan minta-minta terus udah kita kabulin, sekarang giliran kita donk." Buahahaha akhirnya gw berakhir panas-panasan di tengah jalan cari taksi akibat kelakukan gw sendiri.

Oh iya kadang klo mo pergi makan ga dapet taksi kita naik bajaj jejel-jejelan haha.

Terus ada suatu hari kita lagi kumpul di ruangan HRD buat lipet-lipet dan jepret-jepretin formulir global survey dari Jerman. Sambil tangan kerja mulut ikut bergerak donk. Pokoknya hari itu gw lagi cerewet dan berisik banget, sehingga mereka yang lagi konsen pilah-pilah form jadi keberisikan.

"Aduh Martince lu berisik banget pengen gw jejelin kertas!"
"Iya nih cerewet banget lu ni hari, abis makan apa sih lu?"
"Ntar klo lu udah resign kita pasti tenang deh kuping ga sakit lagi."
"Iya cepet-cepet resign deh Mar biar ga ada yang gangguin kita."

Terus gw membela diri, "Ah, pasti tar klo ak resign kalian kangen sama suaraku."

Terus setelah mereka puas menghujani gw tentang semua kebohongan bahwa mereka akan bahagia saat gw tidak ada, Mbak Cilla tiba-tiba jadi serius dan mengatakan kejujuran, "Tapi beneran, I'll be missing you banget loh Mar."

Lalu setelah denger itu gw mewek!!! Otomatis, seketika, detik itu juga!!! Hahahaha. Tiba-tiba jadi sedih karena pasti kangen banget sama masa-masa kaya gini. Masa-masa cerewetin, rewelin, gangguin, rengekin, dan bikin sebel mereka. Dan mereka seketika ngakak gara-gara gw mewek. Emang dari dulu mereka ga pernah bersimpati sih pas gw mewek. Selalu tertawa terbahak-bahak. Huh. Tapi klo dipikir-pikir sekarang itu kejadian emang konyol sih haha cuma gara-gara satu kalimat langsung banjir. Malu gw klo diinget-inget lagi. Hehe.

Terus akhirnya tiba juga hari terakhir itu, as told on Farewell Fremantle, It's a Beautiful Ending. Eh gw lupa, di hari terakhir gw dibikin jadi gadis ATK alias stationery girl sama Mbak Anet hahaha. Padahal gw lagi diem-diem aja duduk manis nungguin Mbak Ocha lagi telpon. Oh iya, kita juga suka kutekkan bareng di lantai 3, terus mas Ferry klo liat langsung membelalak lebar-lebar dan bilang, "ladies, please donk ini tempat kerja," ngahahaha. Inilah beberapa random absurdity yang tertangkap (eh sengaja ditangkap) kamera.


So to close this post, here it is, let me present my beloved FM office. Small and homey!


No comments:

Post a Comment