Thursday, March 17, 2011

TOMORROW I WILL OFFICIALLY BE A TRANSLATOR

Sulit dipercaya besok udah hari pertama kerja, hehe. Lebih sulit dipercaya lagi klo kerjaan yang gw dapet adalah satu-satunya interview yang gw datengin. Padahal pas pertama interview  itu udah agak males karena lokasinya jauh banget, tapi klo dipikir-pikir ternyata ga parah-parah amat dan malah bisa olahraga tiap pagi. Dan akhirnya gw menyadari klo ini emang Tuhan yang pilihin. Begini ceritanya hoho:

Dari sejak sebelum sidang di bulan Februari, temen-temen gw udah mulai tanya, mau kerja apa? Gw jawab, "Lum tau hehe", karena emang lum tau gw mau kerja apa, gw mikir ga mau kerja kantoran karena monoton tiap hari gitu-gitu aja, gw pasti bosen. Tapi gw juga ga kepikiran kerja apa yang enak, yang ga monoton, jadi ya udah gw santai-santai aja, apalagi gw masih mau sidang, jadi fokus ke sidang dulu aja. Kelar sidang, masih pada nanya dan udah mulai keheranan, "Kok lum cari kerja? Lum apply 1 pun? Cari kerja kan ga gampang, CV masuk juga ga langsung dipanggil, ada rentang waktunya,  belom lagi abis interview nunggu keputusan diterima ato ngga juga lama." 

Trs gw mulai mikir, iya yah napa gw santai banget haha. Abis gw ga pengen langsung kerja gitu abis sidang, gw pengen santai dulu, setelah 3,5 taon berjuang, masih pengen merenung mau cari kerjaan kaya apa, soalnya klo tar gw comot kerjaan yang bukan passion gw, gw bakal sibuk di kerjaan itu dan ga da waktu lagi buat memikirkan yang gw bener-bener mau. Trs gw kirim message ke Mam Anik, tentang gw udah mau lulus dan masih bingung mau kerja apa. Lalu Mam bales gini:

Praise the Lord, for He is faithful. He who started the good thing in you, he is also the One who keeps the promise. I still remember the time when you came to me with your mom. Both of you were sad, upset did not know what to do. And I told you that God is good and He loves you and He has beautiful plan for you and if you just pray and have faith in Jesus Christ, you will see that He will make a way for you, He will make a miracle for you. And He did. He did and He has been your loving and caring Father thus far. So, why worry? Why confused? Just come to Him and tell Him what is in your heart and ask Him to make a new way for you, a new miracle for he is the same and He is waiting for you to come and share what is in your heart and mind and just put your life and your future unto His loving hands and ask Him to set every of your step ahead. Ask Him to teach you to know His will and beautiful plan for you and ask an obedient heart. And you will see, you will see... How amazing our heavenly Father is in directing and guding our lives. Coz we won't be able to do it on our own. Jesus says in John 15:5 ”For without Me, you can do nothing." So, my grown up girl, stand up tall and firm on your faith in Christ Jesus and face the future with confidence that is from our God whom you put your trust in, as the Proverbs 31:25 says "She (godly woman) shall rejoice in time to come." Coz one thing that we can be so sure is His faithfullness in keeping His promises and He says, "I am with you always, even to the end of the age." Amen. Luv: your proud mom.


Yah dan seperti biasa kata-kata Mam Anik selalu sukses bikin nangis bombay padahal waktu itu gw bacanya di taksi & lagi ada temen-temen haha. Jadi gw diem-diem aja di sudut. Dan pada saat itu gw makin diyakinkan, klo ga da yg perlu gw bingungin, yakin aja klo Tuhan yang udah siapin jalan. Mam Anik ingetin saat-saat gw lulus SMA dulu bingung mau kemana, dan ternyata Tuhan siapin jalan yang terbentang di depan mata gw. Kesaksiannya bakal gw tulis setelah gw wisuda hehe. Jadi yang ini juga, Mam ingetin lagi kenapa gw harus bingung, toh Tuhan masih Tuhan yang sama, Tuhan yang selalu bekerja dengan caranya yang AJAIB. Dan waktu itu seorang temen tanyain lagi soal kerja, gw jawab, "Masih doa, biar Tuhan yg kasih kerjaan hehe", dan dy tanya, "Tapi apa lu ga perlu usaha?" dan gw jawab, "Usaha, tapi tanya Tuhan dulu." Karena pada saat itu gw mikir, gw mau kerja di tempat yang Tuhan tempatkan, karena klo Tuhan yang pilihin pasti baik, jadi gw masih menanti karena klo Tuhan yang pilihin, Dia pasti buka jalan, ntah bagaimana. Mungkin ada yang mikir, mana bisa nunggu, Tuhan juga ga akan buka jalan kalo manusianya pasif dan ga usaha. Gw juga sependapat kok, klo manusia harus usaha, dan iman tanpa perbuatan sama aja sia-sia. Tapi saat itu gw bukan ga mau usaha, gw cm mau tunggu jawaban Tuhan dulu sebelum bertindak, karena percuma klo yg gw lakukan ntar bukan kehendak Tuhan.

Kebetulan proses setelah sidang itu juga ga langsung bebas, gw musti revisi dan urus hardcover selama kira-kira 2 minggu, dan 1  minggu setelah hardcover ternyata disuruh jurusan ikut lomba di DIKTI, jadi urus itu juga, dan saat itulah gw sambil masuk-masukin lamaran ke beberapa tempat. Cuma 4 tempat, Garuda (flight attendant, krn gw pgn banget jadi pramugari haha), John Clements (translator), Bong Chandra (secretary, mikirnya sapa tau klo jalan-jalan diajak), dan Panorama Tour (tour guide, yg ini dy emg ga nyari, gw apply2 ndiri wakakak). Trs sambil nunggu itu gw masih bolak-balik kampus ato santai di rumah. Yang Garuda batas akhirnya 31 Maret, yg John Clements ga manggil, ntah udah dapet ato gw ga masuk kualifikasi haha. Yang Bong Chandra ini manggil tgl 15 tapi gw baru sadar kantornya di Cengkareng, jadi gw tolak. Panorama, tentu saja ga da kabarnya haha. Oh ya gw baru kepikiran mau jadi tour guide ini setelah cerita2 ama Titin, hehe, jadi dapet pencerahan kerjaan yang enak.

Nah ini point ajaibnya. Sebelumnya hari Jumat kemaren tanggal 11 gw mau nulis tentang HIMSI di blog gw. Tapi gw ga punya foto-fotonya di laptop, adanya di komputer, sedangkan kabel CPU-nya ilang jadi ga bisa gw ambil. Gw pikir mo nyari di google haha. Dan yang kluar kan page FB HIMSI, ato ringkasan tentang HIMSI di webnya Binus. FB Himsi juga ada 2, yang 1 yg akun biasa, yg lumayan sering diotak-atik, yang 1 nya lagi yang group, bikinan Ko Nic, itu udah sepi banget. Jd karena lama ga buka itu, gw liat-liat bentar, eh ada lowongan jadi translator di FremantleMedia. WOW, mau donk gw, langsung deh kirim CV, trs kasih tau temen gw jg. Eh taunya Sabtunya langsung di email dipanggil interview besok Minggu jam 9! Cerita interview bisa dibaca di sini: From North to South. Trs Senin malemnya udah ditelpon! HAHAHA. Katanya dy udah cek hasil tes-nya & mau hire gw, tapi masih mau nego gaji dulu. Setelah ngomong panjang lebar gw minta gaji sekian, tapi dy minta sekian, jadi dy bilang dy mau coba ngomong lagi sama atasannya, tapi tetep minta gw mempertimbangkan tawaran itu. Ok. 

Sementara itu Titin bilang di Avia Tour lagi ada lowongan kata temennya, jadi gw apply CV juga di Avia, tapi lum ada kabar. Gw jg tau klo gw ga mungkin bisa langsung jadi tour guide, pasti lewat proses panjang dulu, dll dll, dan klo kerja di Fremantle dy perusahaan gede, sayang klo gw ga ambil dkk dkk. Nah gw bingung, gimana klo Fremantle telpon lagi dan tetep kekeh ama gaji yang mereka tawarkan, mau gw terima apa ngga? Sebenernya itu ga kecil, tapi karena jauh gw jadi males gitu haha. Jadi gw doa, "Tuhan, klo dy telpon trs mau sanggupin gaji yg aku minta, aku langsung terima deh, tapi klo misalnya dy kekeh, gimana yah? Mau ga yah?" Haha. Selasa, Fremantle ga telpon jadi gw pikir dy udah ga mau kali ya ama gw, mungkin udah cari yang laen. Gw juga message Mam Anik lagi tanya enaknya gimana, apakah gw mau ngambil yang ini atau tunggu kesempatan lain, dan dy lagi sibuk jadi dy cuma pesen, "Mam doakan supaya Tuhan kasih hikmat, Tuhan pasti kasih hikmat sama kamu." Ya udah gw udah mulai tenang. Kerja apapun itu gw cuma serahin sama Tuhan yang penting itu Dia yang kasih. Eh Rabu sorenya Fremantle telpon! Begini percakapannya:

F: "Halo mbak, gimana penawaran kami yang waktu itu?" Wig: "Hmm, gimana ya mbak, klo emg segitu ya udah gpp ak coba apply yang deket rumah aja."F: "Yah kok gitu mbak?"Wig: "Iya mbak hehe abis jauh sih."F: "Sebenernya aku udah bilang sama atasanku, trs di approve mbak."Wig: "Yahhhh mbak hahaha, napa ga bilang dari tadi wkwk."F: "Hehe kan ngetes dulu mbak, siapa tau mbak berubah pikiran. Jadi mau terima ya mbak?"Wig: "Oke mbak, terima donk hehe."F: "Tapi mbak, besok udah harus masuk, gpp kan?"Wig: "Iya-iya gpp, makasih ya mbak!"

Dan gw langsung jingkrak-jingkrak kegirangan hahahaha. HOREEEE!! Akhirnya gaji yg gw minta disetujuin. Mungkin ga teramat sangat gede banget gajinya, tapi gw seneng aja bisa start dengan gaji segitu krn gw kan fresh graduate tanpa pengalaman, dan menurut gw mereka baik banget mau approve permintaan gw dan itu kan yg gw doakan jadi gw seneng bukan kepalang hehe. Itu kan hari Rabu sore. Berarti gw kerja Kamis. Eh malemnya dy telpon lagi katanya bahannya belom ada jadi masuk Jumat aja (ASIK!). Dan ternyata emang hari ini, Kamis, sekeluarga harus ke kelurahan buat urus KTP baru, jadi pas banget gw ga jadi masuk kantor hari ini, klo ga bisa brabe gw ngurus KTP ndirian hahaha. Thank God banget diundur jadi Jumat kerjanya. 

Dan makin gw merenung gw makin terheran-heran ama keajaiban ini, yang gw rangkum jadi seperti ini: 
Pertama: Klo gw ga 'tanpa sengaja' buka FB Himsi yang udah terbengkalai itu gw ga akan tau tentang kerjaan ini, karena gw ga nemu di Jobstreet loh. 
Kedua: Mereka lagi sangat-sangat butuh. Jadi gw ga perlu nunggu lama karena cuma selang 1 hari 1 hari aj mereka kontak gw. Lagian, klo mereka ga butuh-butuh banget, mereka pasti masih bisa cari-cari yang lain, kan? Betapa pas-nya situasi ini.
Ketiga: Hasil tes gw kayanya ga gitu meyakinkan, orang gw ada yang bingung-bingung kok translatenya. Jadi ini pasti campur tangan Tuhan.
Keempat: Gw baru inget klo dari dulu, dari jaman kuliah gw pengen banget jadi translator, gw sempet 2 kali coba ngelamar sama temen gw (tapi ga diterima karena masih cupu haha). Eh ternyata sekarang bener-bener dapet kerjaan ini, dan enaknya walopun juga kerja kantoran, tapi bukan yang harus di depan komputer terus soalnya script yang harus gw terjemahin ga selalu ada setiap saat. 
Kelima: Ini perusahaan gede dan gw fresh graduate tanpa pengalaman tapi kenapa mereka mau pake gw, kan masih ada orang lain? Gw jadi makin yakin klo Tuhan yang udah buka jalan, semuanya jadi lancar.
Keenam: Gw ga usah capek-capek interview & coba-coba sana-sini hahaha.

Kesimpulannya, gw bersyukur banget karena bisa dapet kerja di tempat yang bagus, dengan gaji lumayan, dalam waktu luar biasa cepat (tepat 1 bulan dari sidang gw dan bahkan hanya 1 minggu dari gw mulai nyari-nyari), dan transportnya, naik busway yang selalu dapet duduk dan ga perlu transit di Harmoni! + Bonus jalan dikit tiap pagi dan sore buat olahraga haha. Jadi bener kan Wig, (sekarang gw bener-bener bisa ngeyakinin diri gw sendiri), doa aja dan liat cara Tuhan bekerja dengan luar biasa. Usaha tetep, tapi klo ditambah doa, semuanya bakal lancar. Dulu ga tau mau kemana, Tuhan taro di Binus, sekarang ga tau mau kemana, Tuhan taro di fremantle (sebagai permulaan). Dan masih ada 1 hal lagi yg gw doain saat ini, tapi gw ga tau apakah itu cuma keinginan gw doank ato keinginan Tuhan juga, tapi biar kehendak Tuhan yang jadi, dan hasilnya bisa gw liat bulan Mei ini. And after all, what I can say is, again, He's just, AWESOME!


1 comment: