Monday, December 24, 2012

WORKING ON X-FACTOR INDONESIA

Hari ini jam 8 malem nanti Jemma bakal terbang balik ke Sydney, yang berarti berakhir pula tugas gw di RCTI. Jadi dari kemaren Jumat tanggal 14 November itu tim X-Factor minta gw bantuin jadi interpreter buat Jemma Carlton. Jemma ini Executive Producer bagian Post Production dari FremantleMedia Australia. Tapi jam kerjanya kan dari jam 1 siang sampe jam 12 malem. Nah, Mbak Ocha juga ga mungkin suruh gw kan klo ampe malem gitu, tar yang kerjain translation lain sama kerjaan HR siapa? Lagian klo pulang malem gitu rencananya mau cari cowok. Gw juga agak males sih buat ke RCTI soalnya listening gw kan ga gitu bagus, dan gw ga ngerti istilah-istilah editing takutnya malah salah translateinnya. 

Senin, Mbak Ocha email bilang gw ga usah ke RCTI karena butuhnya cuma buat malem dari jam 5 sore jadi mereka mau cari interpreter dari luar, freelance aja. Gw udah seneng tuh, asik ga jadi. Haha gw kan deg-degan juga ga tau bule yang bakal gw hadepin kaya apa, klo dy ga sabaran gimana? Kalo gw bikin salah kan jadi ga enak. Eh siangnya, berubah lagi. Producer kita minta lagi orang buat temenin Jemma. Pada saat itu kami juga masih belom dapet siapa yang bisa freelance malem. Akhirnya Mbak Ocha suruh gw kesana dulu jam 1 sampe  jam 5 liat keadaan, biar kita bisa tau juga mau cari interpreter kaya apa buat yang malem. 

Akhirnya tibalah gw di RCTI. Editing X-Factor itu di gedung Anex, yang masuknya ribet banget tiap pintu pake access card, dan anak FM ga da yang dikasih haha. Jadi kita musti minta dibukain pintu gitu. Jemma sih dapet. Nah disanalah gw akhirnya ngobrol sama Jemma dan ngerasai kalo Inggrisnya dia ga susah buat dimengerti. Ternyata dia aslinya orang London, jadi logat Britishnya kental, tapi sangat jelas. Ga kaya bule di kantor gw yang asli British tapi klo ngomong ga jelas banget. Well, setelah itu ternyata yang harus gw lakukan adalah terjemahin apa yang diomongin di dalem video-video itu per kalimat supaya Jemma ngerti dan nangkep dan bisa turun tangan buat ngutak-ngutik. Gw juga harus terjemahin lagi apa yang Jemma mau ke bahasa Indonesia supaya editornya bisa ngikutin apa maunya Jemma. Kalo editornya udah nangkep sih ga usah diterjemahin lagi, dan karena Inggrisnya Jemma sangat mudah dimengerti, tugas gw ga gitu berat hehe.

Setelah itu, jam 5 sore gw balik dan janji bakal ngabarin Jemma gimana kelanjutannya, siapa yang akan nemenin dia. Karena gw jelasin juga kondisi di kantor gw kerjain apa aja. Gw bilang klo misalnya malem gw ga bisa, karena pulangnya susah. Dia bilang gw boleh pake supir dia. Jadi gw bilang, gw akan tanya sama supervisor gw dan ngabarin dia, kalo ga bisa, kita akan cariin interpreter malem buat dia. 

Besoknya, hari Selasa, gw berbagi hasil observasi gw sama Mbak Ocha nih, tentang apakah gw bener-bener harus ke sana atau mungkin cukup dengan Jemma ditemenin para PA aja. Eh lagi diskusi, tiba-tiba kepala Om muncul di pintu trs langsung ngomong ke gw dengan sangat memohon gitu, "Martina, you really need to go there and help Jemma, she really needs you!", dan bilang sama Mbak Ocha, "Martina should go to RCTI, just give her the laptop and modem so that she can work there." Haha. Trs ya udahlah kalo udah Om yang minta berarti bener-bener butuh dan gw ga bisa nolak haha. Tapi abis itu gw tersadar, percuma juga gw dikasih laptop, emang bisa ya gw translate dokumen sambil interpret isi video ke Jemma? Mustahil itu mah, haha jadi gw ga bawa apa-apa deh ke RCTI, kayanya sih emang lagi ga da translation juga. Akrhinya Mbak Ocha bilang gw tiap hari kerja dari jam 1 sampe 9 aja langsung di RCTI dan pulangnya dianterin supir. Okelah kalo begitu.

Maka gw sms-lah Jemma buat ngabarin kabar bahagia itu dan dy seneng bgt. Dy bakal jemput gw di kantor buat berangkat bareng ke RCTI. Itu sekitar jam 11 ya. Tiba-tiba abis lunch, jam 1 gitu, bener-bener abis suapan terakhir  nih, kepala gw berasa muter-muter dan gw kaya mo pingsan gitu. Gw cepet duduk donk, eh malah mual jadi gw lari ke WC dan muntah. Gile! Kaget gw, kenapa nih? Masa iya keracunan makanan? Yang bener aja, gw udah janji mo ke RCTI cuy! Gw coba tiduran di sofa lantai 1, tapi ga membaik. Muntah beberapa kali, gw udah pake minyak kayu putih, tetep ga membaik. Akhirnya Mbak Ida, office girl kantor gw dateng buat ngerokin gw, mijitin gw. Dy blg darah rendah gw mungkin makin turun karena makan kol, dan masuk angin pulak. Trs karena itu di bawah AC, gw pindah ke ruangan gw biar AC-nya bisa dimatiin. Tapi gw butuh baringan, jadi gw pindah ke lantai 3 tiduran di kursi pijit. Eh malah pada ngetawain gw katanya gw mo difoto disitu haha. 

Akhirnya gw coba tiduran, dan minta Mbak Ocha sms Jemma klo gw sakit. Pada saat itu sakit gw bener-bener unbearable ditambah gw sedih ga bisa menuhin janji gw ke RCTI buat bantuin Jemma, akhirnya menetes deh air mata gw. Eh Om waktu itu lewat dan dikira gw nangis karena gw ga mau disuruh ke RCTI jadi gw curhat ke office girl, wakakak. Kocak. Jadi gitu deh, gw disuruh pulang pun ga bisa karena takut muntah di mobil. Akhirnya jam setengah 4 setelah cukup yakin ga bakal muntah lagi, gw pulang naik taksi dibayarin kantor. Di taksi 2,5 jam coi, baru nyampe rumah dalam keadaan sekarant jam 6! Argonya Rp. 100.000,- klo bayar sendiri udah nangis darah gw.

Cepat-cepatlah gw beristirahat dengan harapan besok bisa sembuh dan nemenin Jemma. Thank God besoknya hari Rabu gw udah ngerasa sehat dan berangkatlah ke RCTI naik busway, katanya sih naik yang Lebak Bulus. Busnya datang lamaaaa banget sampe gw ga punya waktu lagi buat nunggu karena udah telat nunggu satu jam, gw cepet-cepet naik ojek dari Harmoni ke RCTI. Semuanya berjalan lancar sampe pas Jemma kenalin gw ke editor lain dy bilang, "My wonderful translator." Hehe senang. 

Pas kita makan malem bareng dy cerita-cerita deh, ternyata dy tuh udah 4 bulan ga pernah lama di rumah gara-gara traveling terus. Jadi ceritanya dy tuh baru balik 1 hari nyampe di rumah, eh FM Australia bilang Indonesia kan lagi bikin X-Factor untuk pertama kali jadi dy dikirim kesini buat bantu Post Pro-nya. Gw aja baru tau klo Jemma ini Executive Producer loh, dy terlihat muda dan rendah hati banget. Gw lumayan ngobrol banyak sama dy dan gw seneng banget bisa practice speaking dan listening terus seharian, trs lega juga waktu dy bilang Inggris gw bagus. Best part-nya adalah, pas gw cerita gw pengen ke Aussie tapi katanya working holiday visa itu dapetinnya susah, dy bilang, "I'll give you my email and I can write a reference letter for you!" Ah! Harapan gw langsung membumbung tinggi klo gini mah, hehe, surat referensi dari seseorang dengan jabatan tinggi di perusahaan besar. 

Gw banyak ngobrol ngalor-ngidul sama dy, gw ga gitu inget detailnya, tapi ada satu hal yang ga bakal gw lupa. Jadi ceritanya Jemma nih digigit nyamuk. Gw bilang donk, dy pasti digigit mosquito. Gw bacanya "moskuito", eh dy ketawa donk. Hahaha. Kata dy, gw lucu bilang moskuito, padahal bacanya moskito. Lah gw baru tau! Haha berasa bego ga sih gw? Lulusan Sastra Inggris bo! Selama ini gw pikir emang bener moskuito dari SD juga gw taunya itu, jadi ga pernah cek lagi phoneticnya di kamus Oxford. Hahaha. Untungnya dy bilang, "It's okay, your pronunciation is 99% correct, I know it's hard." Haha. Gw juga baru tanya sama dia cicak bahasa Inggrisnya apa, ternyata gecko. Trs ada lagi, kan kita lagi kena macet, trs gw bilang kita jalan kaya kura-kura. Turtle. Dy bilang, "Oh you mean tortoise?" Gw bilang, "Turtle." Trs dy bilang, tapi turtle kan yang di laut. Kalo yang di darat Tortoise. Ya ampun! Gw baru sadar kalo ternyata turtle itu penyu! Tortoise yang kura-kura. Selama ini gw kebalik, lah dari TK kan kalo dibuku bergambar, emang gambarnya kura-kura dan Inggrisnya turtle kan? Bener kan? Ato gw doank yang selama ini salah mengerti? Hehe. 

 Tortoise
Turtle

Selain itu dy juga cerita gimana mereka ngerayain Christmas di London, trs tentang Bondi Beach di Sydney. Gw baru tau bacanya "bondai". Oh yeah, pas kita lagi ngobrolin artikel tentang Simon Cowell, gw kan nyebutnya "Simon" ya gara-gara kebiasaan bahasa Indo, haha dy ketawa, dy bilang "Saimon?" Oh yeah, gw lupa gw lagi ngobrol sama bule. Hihi, jadi ceritanya gw baca di Kompas ada artikel yang judulnya Simon Cowell bakal dateng jadi juri X-Factor Indonesia. Gw baca donk, secara, pengen tau siapa yang ngomong nih? Eh ternyata yang ngomong Glenn, bos bule gw di FM haha. Ternyata itu baru kemungkinan doank. Lagian gw pikir mana mungkin, hebat bener Simon ampe dateng ke Indo haha. Lebih bagus lagi klo mereka bisa datengin One Direction! Hehe. 

Anyway, selain practice English dan dapet cerita-cerita seru dari Jemma, gw juga jadi belajar banyak tentang produksi acara dan editing. Istilah-istilah kaya montage, POD, wide shot, dll. Gimana ngedapetin feel suatu bagian dengan masukin potongan musik yang tepat, pokoknya seru banget deh. Gw juga baru tau klo bahkan untuk 1 episode program besar kaya gini, diperlukan paling tidak 1-2 bulan buat proses post-production doank. Editing-nya sendiri makan waktu lama dan perlu banyak editor, dengan shift malem dan pagi. Gw bener-bener kagum sama orang yang kerja di TV. Jam kerjanya bener-bener gila, tapi mereka bisa melakukan itu dengan baik. Muka mereka walopun capek tapi tetep serius loh kerjanya. Sedangkan gw yang karena macet ga bisa pulang dan jadi nongkrong di situ sampe jam 1 pagi mukanya udah ngantuk tiada tara gitu haha. Padahal kita sama-sama udah kerja dari pagi.

Selain itu, selama seminggu kerja di ruang editing RCTI gw bisa ambil beberapa kesimpulan. Disana itu ga boleh makan dan minum, jadi musti ke luar dulu baru boleh. Yang artinya ga bisa kerja sambil ngemil, dan gw yang udah sering kelupaan minum, makin malaslah gw buat keluar cuma buat minum doank. Mana ga punya kartu akses. Udah gitu toiletnya juga jauh. Males pipis pula-lah gw. Pokoknya judulnya males. Haha. Udah gitu, ga ada jendela dan sinar matahari dan sirkulasi udara gitu, jadi ga ngerti saat itu jam berapa, nanti tiba-tiba liat jam udah malem aja gitu. Yang paling parah adalah AC-nya central dan dingin banget. Semua orang tuh disana udah kaya winter, pake jacket, sweater, dan coat super tebel yang gembung itu. Bahkan dengan itu semua pun masih berasa dingin. Gw jadi mensyukuri kantor gw yang toiletnya deket, sirkulasi udara dan sinar matahari baik, ditambah gw bebas makan minum di mana aja dan remote AC bebas di atur-atur sesuka kita (termasuk remote TV haha).

 Our favorite spot, seperti kata Jemma.
Tampak depan setelah masuk gerbang, kolam besar itu favorit gw. 
Kata Sinyo sih itu kolam-nya sitkom OB.

Intinya sih, pengalaman ini sangat gw syukuri. Tadi pas berpisah Jemma bilang, "I'll always think of you when I say mosquito." HAHAHA. Dia jadi inspirasi banget deh buat gw, orangnya ramah dan enak buat kerja bareng. Diajak jalan juga fun. Pas kita cari makan di Mall Puri kan mobilnya ngelewatin tempat banyak pohon dan lagi ujan gitu dy bilang, "It's exciting!". Dy juga panjang sabar walopun disini macetnya parah, dy bilang sih, "It's crazy" tapi ga ngomel. Oh ya, pas hujan badai langit item dan angin menderu-deru kencang gitu tampangnya shock sambil terus-terusan geleng-geleng bilang, "It's scary!". Hihi, gw jadi bertanya-tanya emang disana ga da yang kaya gini ya? By the way, sekarang udah hampir jam 8 jadi mestinya dy udah siap-siap terbang balik ke Sydney. Safe flight Jemma, it's been a great pleasure to work with you!


2 comments:

  1. Jadi kesimpulannya.. Jemma itu menyenangkan ya! Gak kayak bule yang satunya yang bikin orang2 pada stress gilak!

    Jadi..kalo dipindahin ke bagian produksi udah siap donk? udah bisa pulang malem2 tuh, hihhihi...

    ReplyDelete
  2. huahahah.. gaaa, aku tetap menikmati duduk di kantor makan siang sama kalian dan pulang saat matahari masih ngintip.. wwkwkkw..

    ReplyDelete