Monday, January 03, 2011

KEDIRI I'M IN LOVE 2009

Cerita tahun sebelumnya ada di : KEDIRI 2008

Ditulis bulan Januari 2010:

Cerita menakjubkan ini dimulai jauh sebelum Desember. Mau kesaksian dikit, ceritanya kan Mam Anik da bilank klo dia mau pulank dari sekitar bulan Oktober, trs ak mutusin untuk pulank juga. Waktu itu si mikirnya, gampanglah berkat mah, pasti ada, apalagi pulank ini tujuannya buat Tuhan, pasti dicukupkan.

Sebenernya, dari bulan April kiriman bulanan dari mami uda ga pernah ada, karena konveksi lagi macet, jadi mami ga bisa kirim. Semenjak itu, biaya hidup jadi ngambil dari tabungan selama pertama kuliah yang waktu itu ak sisihin dikit-dikit buat perpuluhan, (tapi berujung hanya pada catatan di buku, duitnya itu selalu tersimpan di rekening), dan juga kadang-kadang om dan papi ada kirim. Nah akhirnya karena duit tabungan itu diseret-seret tiap bulan, jadi hampir abis juga, namun Puji Tuhan bulan Agustus dapet kerja, jadi mulai ada penghasilan buat biaya hidup.

Waktu mikirin soal biaya mudik, apalagi hi-season Natal gini, pasti mahal banget. Mau kereta ato pesawat juga sama aja, diitung-itung gada bedanya, intinya pulank-pergi Jakarta-kediri pasti 600ribuan. Tapi waktu itu udah bertekad bulat buat pulank, secaraaaaa yang mau dibahas di Kediri ntar penting banget, dan sekarang juga ada duit gaji, ya udahlah ak pikir gada tabungan gapapa. Kan masih ada gaji bulan November ma Desember. Eh tak dinyana-nyana, karena begitu mengertinya Tuhan akan kemampuan anak-Nya pribadi lepas pribadi, Tuhan berhentikan pekerjaan di akhir Oktober supaya ak bisa konsen UAS. Tepat pada waktunya. (cerita lengkapnya di sini) Senenk sih, soalnya waktu itu banyak proyek kelompok, kalau tetep kerja 3 kali seminggu pasti keteteran. Tapi sedihnya, jadi gada gaji, gada duit buat mudik, gada duit buat idup, hahaha..

Ceritanya diberhentiinnya buat break aja, nanti Januari kerja lagi. Dan karena uda bertekad dan percaya Tuhan ga akan mebiarkanku kelaparan, jadi diputuskanlah tanggal 16 Desember mau pulank. Karena 16 Desember tiket kereta itu 290.000, sedangkan tanggal 17 nya udah jadi 370.000. Sebulan sebelumnya, ak uda ke stasiun buat beli tiket. Pulank dengan sukacita karena tiket uda ditangan. Hohoho.. Eh tak disangka-sangka sorenya tempe sms sesuatu yang sangat penting. Dia bilank, klo anak-anak mau patungan buat bayarin tiket kereta ku pulank pergi!! Gee, kaget! Soalnya taon lalu pulank Kediri juga karena dibayarin tiketnya ma temen-temen, dan ak uda mikir taon ini ga mau sampe ngebebanin mereka lagi, apalagi ak uda kerja, biar ak pake gaji ak sendiri aja, urusan balik ke Jakarta ntar gimana, pikir ntar aja hahaha..

Tapi ternyata temen2 udah sisihin duit buat tiket, dan buat pulanknya full dibayarin ma Ernest. Tempe bilank masih ada sisanya juga buat dipake kas persekutuan AO kita. Terharu, deg-degan, ga tau mau ngomong apa. Ak bilank sama tempe, ga usah deh pe, semua duitnya buat kas aja, pasti ntar ada berkat kok, jangan pake duit anak-anak. Tapi tempe bilank ini awalnya terkumpul tujuannya emang buat bayar tiketmu, dan yang dari Bandung & Surabaya aja uda pada transfer. Tuhan Yesus, mo ngomong apa diriku ini. Ternyata bener kan, kerjaan berhenti ga perlu kuatir, asal tetep yakin ma Tuhan, pertolongan-nya ga pernah terlambat, hehe. Jadilah beberapa hari kemudian tempe tanya aku mau balik Jakarta tanggal berapa, mau dibeliin tiket baliknya, soalnya duitnya uda ada.

Ajaibnya lagi, ak pernah bilank sama Mam Anik, “Mam, liburku baru tanggal 23 Desember ni, huhu cuma bentar banget, ntar ketinggalan firman-Nya de.. “ (Soalnya Mam kan udah di Kediri dari tanggal 14 ), trs Mam Anik bilank “Nanti Mam doakan supaya liburnya dipercepat”, hahaha yang secara logika mana mungkin, orang di kalender akademik tulisannya udah jelas tanggal 23, ga mungkin dipercepat lagi. Nah waktu liat harga tiket kan cuma tanggal 16 yang paling murah, akhirnya ak nekat pulank tgl 16, kan selama semester ini bolos cuma 1 pelajaran, jadi ya udah hajar aja, seminggu bolos, toh kena hari Minggu & Senin kan libur, jadi bolosnya ga banyak-banyak amat, (walau 4 sks smua T_T) Tapi ternyata!!!! Dari yang berencana semiggu bolos itu, ak cuma perlu ga masuk 1 hari aja (yg cuma 2 sks), sedangkan hari lainnya emang gada kelas semua!
Begini rinciannya:
Tanggal 16 tu hari Rabu, berangkatnya kan sore jam 5
17- Kamis, bolos
18 – Jumat, libur tanggal merah
19 – Sbtu, dosennya pergi ke Jepang, jadi gada kelas
20 – Minggu
21 – Senin, libur
22 – Selasa, Off-Class, gada pelajaran.
Jadi intinya liburnya dipercepat kan, huahuahua..
Begitulah, lalu diriku mulai countdown sampai harinya ak mudik dengan tak sabar dan thrilled. Ketika beberapa hari sebelumnya dapet sms yang mengabarkan kalau kerjaan yang semula dibilank break itu, ternyata udah ga akan dilanjutin lagi. Ternyata anak yang ak les-in uda dapet guru baru. Sempet terguncang, tapi kan masi bisa dicariin murid lain, jadi ya sudah, hoho.. Liburan dengan tenank dulu aja. Dan Tuhan emang Almighty abis kan, Dia yang udah ngasi berkat untuk tiket kereta, jadi walaupun kerjaan diberhentikan Dia tak membiarkanku resah..

17 Desember 2009
Lalu datanglah hari yang ditunggu-tunggu itu, tanggal 16 sore daku naik kereta dan terbangun esok paginya karena suara “Pecel.. Pecel…” seorang ibu, disusul dengan suara seorang bapak berteriak, “Jawa Pos.. Jawa Pos..” HAHAHAHAHHA.. Ini dia yang menandakan dan menegaskan dimana aku berada sekarang. Udah sampe boo, uda masuk daerah Jatim, dengan sawah-sawah menghampar dan matahari terbit. Tinggal beberapa jam lagi.

Jam 11 nyampe di Kediri, dijemput tempe menuju rumahnya buat langsung datang ke Andhini’s wedding. Trs siangnya ke Golden buat beli peralatan mandi, and u know what?? Golden nayangin New Moon!! Hahahah padahal di TA aja masih diputer, kok bisa-bisanya di Golden udah ada, oh Kediri ku yang kucinta, makin maju saja dikau sekarang, wkaakka.. Trs langsung menuju Mrican wat ktemu ma Mam Anik & family!!

Begitu nyampe kirain gada orang, akhirnya setelah diketok-ketok Om Heri buka pintu, ya ampun!! Histeris bo, hahahah setaon ga ketemu. Trs masuk langsung ktm Mam Anik, langsung berpelukaaaaannn… Cipika cipiki.. Trs yang bikin kaget adalah, Michael Matthew!!! Udah gedeeee!!.. 2 taon yang lalu mereka masih keciil banget minta dimainin Insaniquarium. 1 taon yang lalu udah tambah gede tapi tetep aja masi anak-anak lucu yang suka main. Diiieeennngg, taon ini, tingginya uda sama ma tinggiku!! Hahaah.. paling beda 5 cm doank.. Trs keliatan makin dewasa, walo sebenernya tetep anak-anak yang lucu huehueue.. Trs ketemu Oma Opa C Iing ma Sally, trs ketemu Tante Lanny Om Edi.

Disambung hari ini, 3 Januari 2011, hahaha OMG ke-delay setaon :p

18 - 20 Desember 2009
Klo ga salah PD & sharing-sharing sama Mam.. 

21 Desember 2009
Ultah Bella malemnya di Golden, hoho..


22 Desember 2009
Ke Tulung Agung besuk Bu Louis!! Sama Nyo, Nyop, Robby, Iceu, Gtx, Intan. Nyampe sana nyasar-nyasar ga ketemu rumahnya hehe. Setelah muter-muter lama akhirnya ketemu juga. Bu Louis udah ga bisa bangun, udah baring di ranjang terus huhuhu sedih sedih sedih! Kita kasih buku yang kita tanda-tanganin & kasih pesan huhu. Ga bisa ga nangis pas disana, ga pengen nangis, pengen tahan aja, Bu Louis aja ga nangis, malah ktawa-ktawa, tapi ga bisa. Hiks, keinget dulu SMA kenangan-kenangannya. Bu Louis juga masih inget, Nyo & Nyop yang jago basket, kita yang hias mading, hias kelas, hiks.

23 Desember 2009
Selama di rumah Mam makan makanan yang Jawa banget, ada tempe goreng, sayur asem, iwak peda, soto, sambel kentang, opo maneh yaaa huahuahua.. + PD PD.. Ada ke Blitar juga, jadi hari-hari yang banyak memberi pelajaran~ Thank you Lord! :D

24 Desember 2009
Nah ini dia Natal yang sangat berkesan hoahoahoa.. Malem Natal yang bener-bener Silent Night. Muter-muter tanpa arah naik mobil Edo dan jalanan Kediri luar biasa sepinya. Kaya dunia milik bertiga! Jam 11.50 gitu kita ke rumah Arya dan dy lagi ote-ote, lalu abis cangkruk beberapa menit, kita balik ke rumah Mam, dan masih belom selesai juga sebuah urusan yang melibatkan kata-kata "6 mata" wkwk trs apa yang kami lakukan? Edo, Tempe, dan Wig main Pancasila 5 Dasar! wakkakaka.. Lanjut menginap di rumah Mam.

Oya dink, sebelumnya jam 9-an gitu dijemput Sinyo wat ditraktir makan wakakka, akhirnya makan di Sang Lima, kangen! Es Jeruknya ueeenaaakk, pesen Puyunghai sama Koloke, ada Iceu juga, dan semuanya dibayarin bos besar Oneng hoho. Abis itu belom kenyang rupanya, Sinyo promosi kacang ijo terus, karena kasian ngeliat tampangnya yang kayanya pengen ke tempat kacang ijo, akhirnya kita turutin aja, huahaha.. Ditraktir lagi~ :))

25 Desember 2009 
Sepertinya ada sesuatu selain PD tapi agak lupa, apaan yah hahaha ngapain ya di hari Natal? Lupa banget! :))

26-28 Desember 2009
Blitar, Kediri, Blitar, Kediri~ Makan soto daging deket rumah Mam, uenaaakkkkk makan 2 porsi, arek-arek malah 3 porsi! Wkwkwk..
Trus ada pergi ke Pohsarang bareng arek-arek sampe jam 12 malem, ngakak sampe guling-guling denger ceritane Arya tentang Yupi dulu hahaha jadi nostalgia masa-masa Petra Protang.

29 Desember 2009
Hari pertama Ester. PD di Wisma Liem lagi, mengulang kejadian taon lalu hehe. Tapi cuma semalem. Jam 12 doa malem, terjadi sesuatu yang sangat menyedihkan, doa sama Edo, Tempe, Robby, mohon kekuatan. Bergumul tentang kelanjutan Ester ini, mau dilanjutin apa ngga, hiks~

30 Desember 2009
Ke rumah Elmo, Ester hari kedua, PD pas siangnya, jam 12 malemnya doa syafaat bareng Mama Elmo, Elmo, Robby, Yudi, Edo, Tempe, that was AMAZING! Untung berhasil dapet poto Empal waktu menyamar jadi mayat wkwk..

31 Desember 2009
Persiapan buat berbuka, bantuin Mama Elmo di dapur, tapi karena lemes ga bisa bantuin banyak hahaha dan menelan ludah ketika membuat teh manis buat nanti wakakkaka..
5 p.m Mam Anik dateng beserta keluarga, sama temen Mam yang pernah dipenjara karena memberitkan Injil, dan di dalam penjara juga masih memberitakan Injil, AWESOME! Cuma sempet minum Aqua wkwk..
7 p.m Akhirnyaaaaaa!! Waktunya menenggak teh manis hangat yang sudah melambai-lambai dari siang, menyantap bakmoi dan bubur dan semangka dan es tebu dan segalanya yang bisa disantap sampe rahang atas sakit karena lama ga dipake ngunyah makanan wkakakak, but Thanks God semuanya lancar!
Awesome Awesome Awesome!

1 Januari 2010
Istirahat~

2-4 Januari 2010



Tretes! Ke Villa Elmo buat PD, kangen, nostalgia taon lalu lagi, sayang arek-arek banyak yg ga ikut. Ga da Sinyo, Djohan, Bulu, Gentrik dkk huhu. Hukuman klo main Cap Sa masih sama, kalah mijitin, wakakak. Tapi kali ini ada Mam, Om Heri, MicMat, C Lina, Ko Sam, Mama Elmo, jadi isinya PD terus hehe. Oh iyaaa disini ditraktir Nyop bakso & sate hoho. Makasi Nyop! :D


5 Januari 2010
Sorenya rapat perdana. Tapi sebelumnya main sama Maya seharian sampe puas, hohaoahoa, main ke SR, photo-box, tidak lupa juga saat naik becak poto-poto juga. Hoho..




Why Legolas? Soalnya kita berdua sama-sama jatuh cinta ama Legolas sejak SMP, waktu itu sepulangnya dari nonton The Two Towers, kita jerit-jerit di becak abis ntn Legolas huahaua..


6 Januari 2010
Harinya kembali ke Jakarta. Siangnya pengen kerumahnya Maya buat beli oleh-oleh, tapi bingung naik apa dari rumah Mam ke tempat Maya, jadi tanya Sinyo dan ternyata Nyo bisa nganterin, tapi jaga toko dulu. Jam 2 baru berangkat, padahal uda nunggu dari jam 1 wakakak, jadi Nyo bilang sekalian makan aja. *kayanya mau ditraktir lagi ciakakak* Jadi jemput Maya, trus kita makan di Kebon Kota, OMG puyunghai kepitingnya enak banget!! Cuma ya harganya begitulah, harga resto huhu. Dan bener dugaan eke, Nyo berbaik hati duluan ke kasir dan bayar semuanya hahaha. Ak da mikir jangan Nyo yang traktir lagi d, klo ngga bayar ndiri-ndiri aja, ga tega juga soalnya seorang abis sekitar 20ribu lebih, tapi Nyo nya ga mau, abis bayar di kasir bon-nya langsung dibuang di tempat sampah, hahaha, tau aja klo mau diganti. 

Trs dianterin ke tempat oleh-oleh, ak beli stik tahu sama kerupuk khas Kediri, as usual haha. Trs pulangnya ke Raden Patah dulu. Padahal ak cuma iseng-iseng bilang Sinyo minta jam dinding kelinci, karena di kos an ga da jam, ternyata beneran di cariin di gudang samping rumah. Dan onengnya, Sinyo nyari jam nya lamaaaa banget, kaya beneran bongkar gudang dah wakakak, trus sempet sms bilang gada jam kelinci, klo ikan louhan mau ga? DOENK, jauh bener kelinci ma ikan louhan hahahaha.. Trs dibawain jam Hello Kitty juga tapi kaya jam weker gitu. Akhirnya ak ambil yang kartun aja, yang Hello Kitty gede gitu kan susah dibawa naek kereta.

Krn pas Sinyo di dalem gudang, ak sama Maya nunggu di mobil, Maya terus-terusan bilang ga enak kalo makannya tadi dibayarin Sinyo, akhirnya kita taro duit 50ribuan di dompetnya yang ditinggal di mobil. Begitu udah di kereta later, ak sms in Nyo bilang tadi ada ninggalin duit di dompetnya trus dia protes-protes wakakak.. 

Sorenya dari rumah Maya ke stasiun, dijemput sama Tik, thank you Tik! :D Seperti biasa pasti nangis huhuhu, ga mau pisah ma arek-arek, dan terlebih sama Mam, hiks. Trs Mam & C Iing juga pesen sambel kentang khusus sekantong buat ak bawa pulank ke Jakarta krn pas makan ak pernah bilang sambel kentang e enak, hiks. Terharu. Mam kasih duit buat jajan, padahal selama di Kediri kan Mam ga punya banyak uang, krn di Aussie juga hidupnya iman hari lepas hari. Bisa pulang ke Indonesia aja semua kemurahan Tuhan, jadi waktu Mam kasih terharu banget huhu. Dan yang lebih bikin kaget lagi, Alex kasih amplop putih ama tulisan Mandarin, ak tanya apa artinya, dia bilang ntar aja bukanya, ntar juga tau. Ak sama sekali ga berpikiran itu duit, karena Alex kan temen sebaya, kayanya aneh gitu kalo ngasih duit, haha.

Begitu di kereta, nangis lagi, nangis lagi, sedih banget pisah ama mereka. Trus karena penasaran iseng-iseng ngintip ke amplop yang dikasi Alex, dan terlihat banyak lembar biru! Kaget, tapi ga berani ngintip lebih jelas karena itu kan di kereta. Dan ketika ak nyampe di rumah dan buka tu amplop, ASTAGA! Jumlahnya 1 jeti! Campuran lembar biru & lembar merah. I never ever imagined that! Klo Alex kasih 200ribu aja ak ud kaget terkaget-kaget, ini malah 1 jeti- astagakelinci, bener-bener kaget luar biasa, langsung sms Mam Anik, dan Mam bilang, "Puji Tuhan, kamu baru ada tekad untuk lunasin perpuluhan aja Tuhan udah buka jalan." Dan ak baru inget waktu Mam Anik bahas perpuluhan, ak bertekad mau lunasin semuanya dan ga mau utang lagi. Mam kan ingetin ni anak-anak gimana, perpuluhan kok ngutang, Tuhan aja ga pernah berhutang. Dan lagi karena perpuluhan kan milik Tuhan dan kita sudah seharusnya mengembalikannya, tetapi ini kok malah utang.

Waktu itu bertekad mau mulai perpuluhan sejak kuliah, dari berkat apapun yang dikasih Tuhan, mau sisihin buat perpuluhan, tapi semua itu cuma berakhir di catatan, karena ak bingung, kan tiap bulan perpuluhan sekitar 100ribu, kalo jumlahnya segitu kayanya nanggung, kecil banget, jadi pengen kumpulin dulu. Setelah lumayan banyak, kelupaan, kelupaan, kadang kepake duitnya, hahaha. Memalukan sekali. Untung Tuhan sabar banget. Nah totalnya sampe pada saat itu (3 taon lebih) adalah 4 juta rupiah! Wakakaka, YAP dengan hanya mencatat dan mencatat totalnya tiba-tiba udah sebesar itu dan sangat tidak mungkin buat ak lunasin semua. Jadi ak bertekad buat nyicil, supaya lama-lama lunas. Eh ternyata Tuhan buka jalan dengan gerakkin hati Alex haha. Jadi begitu dikasih 1 jeti itu bisa langsung ditransfer ke Om Eka dan Mam Anik. Ak ga bisa gambarin gimana berterimakasihnya sama Alex waktu itu, ga nyangka dia bakal ngasih duit segitu banyak, dan dia cuma bilang, gpp, soalnya dia di China kan rupiahnya ga kepake, sedangkan rupiahnya banyak gara-gara dikasi terus ama neneknya hahaha.

And the good news is, by September 2010 perpuluhan eke yang luar biasa besar jumlahnya itu LUNAS NAS NAS, dengan sangat ajaib, tak dapat dipercaya, tapi tiada yang mustahil bagi Tuhan! Dan selama pelunasan itu Tuhan ga pernah biarin Wig kelaperan, Wig masih bisa nonton XXI, jalan-jalan, dan makan dengan layak, thank you Lord, thank you so much! Ajaib Ajaib Ajaib! Sekarang udah ga da beban dan tiap bulan bisa sisihin dengan ringan karena beban 4 juta itu udah diangkat. ^^

Begitulah akhir cerita perjalanan di Kediri taon lalu, hehe taon ini ga pulank, anak-anak rafting dan Sinyo dengan sumringahnya pamer poto-poto rafting, sambil bilang, "Ngiler ya.. Ngiler" wkwkwkwk.. IYAAA NGILERRR, kangen banget sama arek-arek, huhuhuhu. Mana Nyo, Robby, Hendi, Nyop, Djohan, mau ke Jakarta wat final AFF aj batal gara-gara ga dapet tiket huhuhu. Dasar Nurdin! Nurdin Turun! =))

Anyway, I will always love you all my precious treasures!
Saat ku tak melihat jalan-Mu,
Saat ku tak mengerti rencana-Mu,
Namun tetap kupegang janji-Mu,
Rancangan-Mu yg terbaik bagiku..
Reff:
Hatiku percaya,
Hatiku percaya,
Hatiku percaya,
Slalu kupercaya..
Lagu paporitku slama d kediri :D

1 comment: