Tuesday, April 16, 2013

PROSES APLIKASI WORK AND HOLIDAY VISA AUSTRALIA

Tahun ini pemerintah Indo dan Oz nambah kuota dari 100 orang jadi 1000 orang buat visa work and holiday (subclass 462) jadi kesempatan makin terbuka lebar. Dengan visa ini kita bisa tinggal di Oz setaon, boleh kursus maksimal 4 bulan, kerja resmi maksimal 6 bulan di 1 employer, dan liburan keliling Oz! Ga ada deadline buat minta Surat Rekomendasi Pemerintah, tapi akan ditutup kalo kuota 1000 orang udah penuh, jadi siapa cepat dia dapat. Berikut langkah-langkahnya: 


SURAT REKOMENDASI PEMERINTAH 

1. Buka Website Imigrasi lalu baca satu-satu, informasinya lengkap semua dari persyaratan, prosedur, dll buat dapetin Surat Rekomendasi Pemerintah. 

a. Daftar online di website-nya. Biasanya maksimal mereka nunggu 30 orang terkumpul buat jadi 1 gelombang wawancara. Tapi kadang baru 20 orang pun udah dipanggil. Jadi siap-siap aja, waktu itu gw daftar hari Sabtu tanggal 2 Maret, eh sorenya langsung dapet email panggilan wawancara hari Selasa tgl 5 Maret. Rupanya gw ada pendaftar ke-30 haha. 

b. Siapin dokumen-dokumen yang diperlukan, bawa yang fotokopi buat diserahin, yang asli buat di-cek:

i. Form Identitas
Download di link-nya terus isi dan print. Tempel foto.

ii. Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

iii. Bukti kemampuan Bahasa Inggris
Kalo sekolahnya pake kata pengantar Bahasa Inggris, ga perlu TOEFL/IELTS lagi. Tapi klo sekolahnya bahasa Indonesia, perlu. Nilai minimal  IELTS 4.5 atau TOEFL Paper Based Test 450 atau TOEFL Computer Based Test 133 atau TOEFL Internet Based Test 46 atau TOEIC 405. Maksimal tes-nya dalam kurun waktu 2 tahun. Prediction test ga bakal diterima, harus di institusi resmi. 

Gw tes TOEFL di Aminef, ITP, Rp. 300.000,- 
Cek disini: www.aminef.or.id
Nilai keluar dalam 1 minggu. 

Kalo udah pernah tes di AMINEF tapi yang aslinya udah ga punya, bisa minta dicetakkin lagi di IIEF. Bayarnya Rp. 100.000,- dan prosesnya 2 hari kerja. Cek: www.iief.or.id

Karena gw dipanggil wawancara-nya mendadak dan hasil tes asli udah ga ada, hari Senin gw hubungin IIEF dan minta dicetakkin kilat gw mau ambil Selasa pagi. Thank God kantor IIEF sama Imigrasi sama-sama di Kuningan, jadi sebelum wawancara bisa gw ambil dulu, dan thank God lagi, IIEF menyanggupi untuk gw ambil sebelum jam 10 pagi. 

iv. Surat Keterangan Bank atas kepemilikan dana sebesar minimal 5000 AUD atau setara
Karena gw serba mendadak, katanya cetak surat keterangan itu perlu 2-3 hari dan harus di KCP tempat gw buka rekening (berarti Binus), gw ga bisa provide itu. Jadi gw bawa fotokopi dan print out buku tabungan gw dulu untuk sementara. 

Pas gw urus ke Binus, ternyata prosesnya 4 hari. Bayar Rp. 50.000,- 
Bilang aja permohonan surat keterangan untuk visa work & holiday ditujukan untuk Australian Embassy. 

v. Ijazah S1
vi. Akte lahir 
vii. Paspor yang masih berlaku minimal 12 bulan
viii. KTP 

Fotokopi-nya ga usah dilegalisir dan ga usah diterjemahin, karena kita udah bawa yang aslinya. 

2. Wawancara, waktu itu gw di Direktorat Jenderal Imigrasi di Kuningan. Karena ga tau tempatnya, gw sempet nyasar ampe Mampang. Terus gw balik lagi naik ojek. Ternyata sebenernya pas naik bus gw udah ngelewatin, Cuma ga sadar aja haha. Berhentinya di Kementrian Hukum dan HAM, baru naik ke lantai 4. Gw wawancara jam 11, jadi cuti kantor setengah hari. Cuma ditanyain beberapa pertanyaan simple. Terus diperiksa dokumen-dokumennya, terus dikasih tau paling lama 3 minggu hasilnya keluar. 

3. Sekitar 5 hari kemudian, pengumumannya udah keluar! Haha cepet banget ya! Gw aja ga tau sebenernya, dikasih tau sama temen yang kenal pas wawancara. Dari 30 orang, yang dapet suratnya cuma 16 orang. Thank God ada nama gw disana, padahal gw belom lengkapin dokumen surat keterangan bank itu, gara-gara mesti ke Binus dulu gw blom ada waktu. Terus ternyata prosesnya lama kan. Tapi begitu udah kelar, langsung gw scan suratnya dan kirim ke email imigrasi. Surat Rekomendasi Pemerintah dikirim langsung ke email kita, tinggal kita print aja.

APLIKASI VISA 

Aplikasi visa Australia prosesnya ga ke Kedutaan langsung, tapi ke agen resmi yang ditunjuk, yaitu AVAC (Australian Visa Application Center) websitenya www.vfs-au-id.com, letaknya di Plasa ASIA di depan FX, jadi klo naik busway turun depan GBK. 

Buka dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore, itu jam buat ngajuin aplikasi juga. Kalo mo ambil dokumen buat yang visa-nya udah jadi, dari jam 2 siang sampe jam 4 sore. 

Checklist dokumen-dokumen yang diperlukan buat apply visa bisa diliat di: WHV Checklist

Catatan tambahan:
  • Form Aplikasi (1208) bisa di-download di sana
  • Ga perlu SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • Medical Check Up nanti setelah drop aplikasi di AVAC baru dikabarin lagi
  • Surat Keterangan Bank ga cukup, perlu print buku tabungan/rekening koran 3 bulan terakhir
Semua dokumen bawa yang fotokopi dan asli. Ga perlu diterjemahin klo bahasa Indonesia. 

Tanggal 19 Maret gw cuti setengah hari lagi, after lunch. Gw sampe di AVAC jam 3. Antrian masih panjang. Masih ada 10 orang lagi, padahal 1 orang aja ngedrop aplikasi lama banget. Ada aja yang kurang terus bolak-balik gitu. Bukannya disiapin dari rumah yak, bikin orang lain lama nunggu haha. 

Tapi staf yang ngelayanin juga banyak sih. Terus sekitar jam 4 gitu giliran gw. Dapetnya yang ramah gitu petugasnya, malah diajak ngobrol sambil periksa dokumen. Dia juga pernah dapet visa ini dan kerja di Canberra setaon. Oh ya, tertulisnya sih, lama proses visa ini 90 hari, tapi dia bilang biasanya sebulan juga udah keluar. 

Biaya visa-nya Rp. 3.770.000,- dan non-refundable walopun visa kita ditolak. 

Terus ada juga biaya logistik Rp. 200.000,- 

Nah mereka juga menyediakan layanan SMS dan email buat status aplikasi visa kita. Misalnya nih, visa kita udah ditaro di Embassy. Visa kita udah bisa diambil. Kaya gitu. Harganya Rp. 20.000,- tapi ini ga wajib. Kita bisa lacak status aplikasi kita di website dia, tinggal masukin nomor referensi sama tanggal lahir. 

MEDICAL CHECK UP 

Karena ini visa-nya judulnya temporary resident, alias tinggal lebih dari 3 bulan, kita perlu medical check up. Chest X-ray aja sih buat tau kita ada TBC ato enggak. Sekitar seminggu setelah drop aplikasi, tanggal 25 Maret gitu gw dapet email buat medcek. Harus dapet email ini dulu baru bisa medcek, soalnya pake surat pengantar dari Embassy. Jadi di email itu ada lampiran surat yang perlu di print dan dibawa sama passport asli pas kita medcek. Kita juga dikasih list tempat medcek-nya, ga di semua tempat bisa, cuma di tempat-tempat yang ditunjuk Embassy aja. Kalo buat yang di luar Jakarta, tenang, tempat pilihannya ada di kota-kota lain juga. 

Karena gw paling deket sama Kuningan, jadi gw di Medikaloka Health Care, letaknya di Gedung Graha Irama. Kalo naik busway turun di halte Patra Kuningan, tepat di depan halte. Biayanya Rp. 356.000,-. 

Ga usah bawa form karena mereka online, jadi nanti hasilnya langsung dikirim ke Embassy. Foto juga langsung disana. Bikin janji aja dulu sehari sebelumnya, mau jam berapa. Gw bikin janji jam 12 biar ga usah cuti haha. Jadi ijin dari kantor jam setengah 12. Begitu nyampe, nunggu giliran bentar, terus di-rontgen (cuma 2 detik), terus selesai deh. Hasilnya bakal dikirim langsung ke Embassy dalam 3 hari kerja, klo kita mau tau hasilnya, boleh telpon mereka setelah 4 hari kerja. Karena gw medcek tanggal 28 Maret, kan 29, 30, 31 libur, terus 2 April gw telpon udah ada hasilnya. Hehe. 

Pas bayar kan dpt kwitansi, nah itu harus dikasih ke AVAC lagi. Tapi di-scan boleh, kirim aja ke emailnya dan cantumin nomor referensi kita. 

Ini adalah step terakhir, selanjutnya tinggal tunggu pemberitahuan selanjutnya dari AVAC apakah dokumen kita sudah selesai diproses, dan apakah visa kita granted or not. Sekian! All the best ya! 

Useful links:
http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/home.html -Australian Embassy di Indonesia

Update terbaru: Visa-nya udah granted! Hooray! Bisa baca di: The Next Journey

58 comments:

  1. Hi Louie, aku juga dapet visa work & holiday dan siap cus Agustus ini, semoga semua pemegang visa ini enjoy ya disana, see you there!

    ReplyDelete
  2. Halo, salam kenal! Aku perginya Juli hehe. Mau ke kota apa? ^^

    ReplyDelete
  3. Hi, salam kenal. Gw apply untuk visa ini juga. Dan mau wawancara dengan imigrasi. Kalo boleh tau kira2 apa aja yah yang ditanyakan oleh imigrasi?

    Thanks before. ^^,

    ReplyDelete
  4. Dear Louise dan teman-teman lainnya, salam kenal, nama aku Kiki. Mungkin sekarang Louise uda di Australia :) How everythin there? Wish you have a great day! Aku juga berminat untuk apply visa ini, aku mau tanya nih, untuk persyaratan tabungan nya wajib sebesar AUD 5000 ya? Nga boleh kurang dari segitu? Pernah dengar ada applicant yang dapat visa nga dengan tabungan kurang dari segitu? Sekitar 30jt gitu.. makasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  5. Halo..

    Pertanyaan dr imigrasi kira2 seputar:
    Mau stay berapa lama
    Mau kerja di bidang apa
    Ada kenalan ga di Oz
    Kalo visanya abis mau pulang ga
    dst dst

    Kalo tabungan iya syaratnya 5000 AUD. Aku ga pernah denger sih klo yang kurang dari 5000 AUD. Klo saran aku sih mending penuhin aja syaratnya, daripada ga dapet.
    Tapi kan pertama harus minta surat rekomendasi ke imigrasi Indo dulu, kayanya sih klo ga memenuhi 5000 AUD itu ga bakal dikasih surat rekomendasinya.

    ReplyDelete
  6. Hi aku mau apply at visa work holiday kira2 masih ada quotanya gak skrg? Dan brp lama visa jdinya? Thnks

    ReplyDelete
  7. Kayanya masih ada deh. Ditutup Januari 2014. Proses visa-nya varies from 30-90 days. Tp mostly sekitar sebulan lebih.

    ReplyDelete
  8. hay edwig visa ini msh buka.sampe januari?

    ReplyDelete
  9. Kayanya sih, soalnya temenku sempet tanya ke Imigrasi, tapi klo kuotanya udah 1000 mungkin ditutup sebelum Januari. :)

    ReplyDelete
  10. Hiii

    mau tanya neh, klo ud di granted, mesti daftar lagi ga ke imigrasi gmn prosedur selanjutnya,
    sampai di oz mesti lapor lg ga?

    ReplyDelete
  11. Dear Louise,, aku mau tanya :)

    Bisa nga drop aplikasi visa nya nga mesti langsung datang sendiri ke kantor AVAC nya? Diwakilkan gitu? Soalnya aku di luar pulau jakarta.

    Thanks :)

    ReplyDelete
  12. Klo visanya udah granted, lgsg berangkat aja, bawa print out surat visa grant dari embassy buat jaga2, tp sbnrnya visa kita udah ke-record di paspor kita..

    klo drop aplikasi visa di AVAC bisa diwakilin..
    buat info lengkapnya bisa ke websitenya:
    http://www.vfs-au-id.com/

    ReplyDelete
  13. Halo, salam kenal yah...

    Kira2 pertanyaan nya kurang lebih sama kaya seon chu, kalo untuk penyerahan berkas di AVAC apakah harus kita sendiri yah?
    Soalnya sama2 dari luar jakarta :p

    Thank you

    ReplyDelete
  14. Maksudnya kalo berkas2nya dikirim melalui mail gitu.. :D

    ReplyDelete
  15. Halo Louie,,,Saya Anton..
    Saya akan melakukan penyerahan aplikasi visa working n holiday ke AVAC,,,Oh ya apa benar prosesnya makan waktu 90 hari?Waktu Kamu gimana?
    BTW sekarang sdh di Ausie ya? Ada Rekomendasi kota yg menarik?

    Rgds,,,

    ReplyDelete
  16. Kayanya ada layanan kurir di AVAC deh, bisa cek di websitenya ato email mereka. :)

    Prosesnya rata-rata sebulan dua bulanan, tp ada juga yang 2 minggu. Tergantung dokumen kayanya. Waktu itu ak 49 hari hehe.

    Skrg lagi di Perth. Kalo 'menarik' sih tergantung preference masing-masing, tapi klo ak kayanya prefer Melbourne or Sydney. Di Perth ini agak sepi hehe. Klo suka kedamaian sih disini asik. Tapi tempat buat dijelajahinnya dikit.

    ReplyDelete
  17. Halo Louie,,Saya Anton lagi...
    Saya sdh masukin aplikasi WHV minggu lalu dan sudah med check. Doain supaya di-granted ya...

    Rgds,

    ReplyDelete
  18. Edwig,, kalo surat keterangan bank nya pake tabungan sponsor bisa nga yaa??

    ReplyDelete
  19. Kalo itu I'm not sure soalnya belom pernah coba hehe. Coba telpon imigrasinya aja.

    ReplyDelete
  20. Hello teman-teman,, hai Edwig.. dari kemarin-kemarin aku mantengin terus website imigrasi nih dan uda daftar online juga disana. Tapi kog u/bulan Oktober nga ada jadwal wawancara yang keluar ya?? Terakhir mpe tgl 30 Sept doank.. Hmm,, kalo ada teman2 yang juga lagi nunggu jadwal wawancara, dan ada informasi lainnya, share di sini donk. Thank you :)

    ReplyDelete
  21. halo Edwig & anonymous , aku juga udah masukin data2ku dr tgl 6 oktober tapi sampe sekarang belom dipanggil2. pas aku telp katanya stafnya lg pd sibuk keluar kota jd jadwal wawancaranya bs diundur bgt katanya.
    hi Edwig aku mau nanya apakah visa working holiay selalu di grantednya bulan juli? soalnya aku pengen perginya februari 0r maret kalo juli lama bgt hiks
    skrg aku masih nunggu letter of goverment support

    ReplyDelete
  22. engga kok, grantednya bisa kapan aja.. cuma mungkin kalo kuota seribu itu udah penuh, mgkn diundur sampe taun depan kali yak, eke juga kurang ngerti hehe.. telpon lgsg aja ke imigrasinya =)

    ReplyDelete
  23. Hi Louie, saya Anton lagi, akhirnya visa saya di-granted...thanks untuk info2nya ya...proses hampir 1 bulan dari tgl pemasukan aplikasi di AVAC...see u

    ReplyDelete
  24. iya ternyata kemaren aku sdh ke kantor imigrasinya sih, oh ya buat yang wawancara itu hari senin dipanggilnya, jd jumat minggu ini bakall diumumin sih katanya

    ReplyDelete
  25. Hai Anton,, selamat ya uda di granted visa nya. Oia, kasi tips dan sharing pengalaman waktu di wawancara u/dapetin letter of government nya donk?? =D

    Aku lagi tunggu jadwal wawancara keluar :)

    ReplyDelete
  26. hi :) teman2 need ur help, ada yang tau ga yah harga visa working holiday yang sekarang thxu

    ReplyDelete
  27. Hi aku baru aja drop aplikasi hari Senin kmrn.. skrg biayanya Rp 4.620.000 ;) btw, tmen2 yg udah di granted whv nya, proses dari drop aplikasi smpe dapet visanya brp lama kah? Maacii

    ReplyDelete
  28. WOW, jadi tambah mahal aja..
    Lama waktunya variatif, tapi rata-rata 1 bulan. Temenku ada yang 2 minggu udah keluar, ada juga yang hampir 2 bulan baru keluar.

    ReplyDelete
  29. Hi lagi, aku yg comment sebelum Edwig.. iya ya mahaaal bgt.. aku baru aja medcheck kmrn utk chest xray, Alhamdullilah seneng bgt pas tlp kata mereka hasilnya nothing abnormal, sempet panik seharian takut kali2 ada flek hehe doakan yaaa biar visaku cepet digrant, ada kemungkinan ga tembus ga ya? Huhu Edwig lagi di Perth ya? P.s: buat yg tanya apa whv boleh pake sponsor, boleh kok. Dan aku ngobrol banyak sama org imigrasi yg interview aku, dia blg as long requirement kt lengkap semua dan conversation kita dirasa cukup pasti mereka akan kasih surat rekomen, ga akan dipersulit ;)

    ReplyDelete
  30. Kalo semua persyaratan udah lengkap trs hasil medcek-nya bagus kayanya visanya bakal granted deh. Haha.

    ReplyDelete
  31. Hei guys... aku juga uda dapat surat rekomen nya.. puji Tuhan.. Berkas pengajuan Visa nya juga uda di terima kedutaan per tgl 18 Nov, cuma sampe sekarang masih belum dapat HAP ID buat medex nya.. Apakah ada teman2 yang juga lagi pada tungguin HAP ID? Sementara teman ku ada yang cuma 3 hari (dari jkt) uda dapat, sedangkan yang lebih duluan (luar jkt) dari aku lodge nya juga masih belum dapat HAP ID. Hufhhh.. apa karena konflik ya jadi pengaruhin proses visa? Atau pengaruh dari luar jkt??

    Edwig, di Perth susah nga cari kerjaan? Sharing donk? Dgr2 disana UMR nya lebih besar yaa dari kota lain?

    ReplyDelete
  32. hi guys setelah aku periksa di rs kemayoran hasil visanya beberapa hari sdh keluar ko, visanya sdh granted, gud luck yah but yg laen :)

    ReplyDelete
  33. Hi aku mau nanya nih. Aku baca di komen kamu diatas visa applicationnya tutup January 2014 ya? Stlh itu bakal buka lagi ga ya? Rencananya aku maw apply work and holiday visa tengah2 tahun depan nih. Hehehe
    Thanks :)

    ReplyDelete
  34. Klo taun depan kayanya ikut kebijakan kuota taun dpn deh. Yang taun ini juga ga tau sih udah tutup apa belom, cuma sempet dpt kabar dari temen di Indo katanya lagi di-stop dulu surat rekomendasi dari imigrasinya, ga tau apa karena hubungan Indo-Oz belakangan ini.

    ReplyDelete
  35. Hay gys..share pengalaman saat diwawancara yah.. Apa aja pertanyaanya dari yg sudah dapet surat rekomendasi 😊 thanks

    ReplyDelete
  36. Hi salam kenal ya, thanks banget buat infonya
    mau tanya tentang lama kerja itu kan max 6 bulan di 1 employer, arti nya setelah itu masih bisa kerja di tempat lain kan ya? Btw sekarang aku apply untuk jd au pair, bisa pake visa jenis ini gak ya ?
    makasi sebelumya :)

    ReplyDelete
  37. bisa kerja apapun kok pake visa ini, tergantung employernya mau apa ngga, gara2 keterbatasan 6 bulan itu hehe.. iya bisa kerja di tempat lain asal pindah employer..

    ReplyDelete
  38. halo Edwiq, aq uda apply utk srpi, tapi di web jadwal interviewnya masih stuck di juni, sampai sekarang belum kluar yg terbaru. apa karna pada puasa dan mw idul fitri ya jadi belum ada jadwal terbaru :( uda email ke contact imigrasi work and holidaynya belum ada jawaban.

    ReplyDelete
  39. Hi, salam kenal,,,
    tertarik juga nih untuk apply work and holiday visa,,moga2 tahun depan masih bisa..
    Mau tanya , kalo mau apply visa ini, harus apply kerjanya dulu gak di aussie? atau bisa dicari stelah disana?
    Trims.

    ReplyDelete
  40. Hmm, bisa jadi sih klo belum ad panggilan interview mungkin karena udah mau lebaran.. Kurang tau juga haha.. Nanti setelah lebaran coba telpon lagi aja imigrasinya :)

    Cari kerja boleh dari sini atau setelah sampe disana, tapi kayanya lebih gampang pas udah disana..

    ReplyDelete
  41. haloo salam kenal..
    mau nanya nih, wawancara di imigrasinya nanti pake b.ing atau b.indo aja?

    ReplyDelete
  42. Hallo salam kenal.
    Saya ingin menanyakan, untuk test toefl nya bisa di AMINEF ya.?? soalnya ada yang bilang harus sertifikat international, bukan institutional. Karena kl yang international mahal banget... ><
    Soalnya takut gak kepake kl udah test di AMINEF.. hehe
    Thank You so much ya buat infio nya..

    ReplyDelete
  43. wawancaranya tergantung, ada yang indo ada yang inggris..

    klo toefl waktu itu aku pake aminef bisa sih hehehe.. 300ribu aja..

    ReplyDelete
  44. Halo, mau nanya nih, klo sertifikat utk WHV nya lampirkan TOEFL ITP apakah bisa? soalnya agak ragu nih.. takut salah ambil, kemudian kalau bisa nilai minimumnya berapa yah? hehe... tq yah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku waktu itu sih pake toefl itp.. tapi buat pastinya lagi coba cek ke imigrasi siapa tau udah berubah =)

      2 tahun lalu nilai minimumnya 450..

      Delete
  45. Halo Kak, mau tanya dong... Waktu nunggu visa di granted, passport asli kita ditahan disana ato nggak?
    Thank youu

    ReplyDelete
  46. engga ditahan, yg kita kasih fotokopian aja. hehe tapi harus bawa yang asli pas apply.. :)

    ReplyDelete
  47. hallo!! Thanks banget buat info ini ngebantu banget!! <3... Aku mau tanya donk, bgmn caranya tau kalo kuota 1000 orang itu ud abis yh? Karena ak mau daftar di bulan Maret 2015 gt. Takutnya ud abis dan harus nunggu pembukaan di Bulan July 2015. Which is lama banget.

    Dan apakah kuota habis akan diberitahukan? Karena kan rugi banget kalo ud bayar 365AUD, tus ternyata ditolak karena kuota habis. Jadi apakah ada cara utk tahu mengenai posisi kuota? Thanks a lot yah :)

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Aku kurang tau sih klo kuotanya udah penuh diumumin di website ato nggak, tapi mungkin bisa telpon imigrasinya.
      Kalo bayarnya nanti pas apply visa (setelah dapet surat rekomendasi dari imigrasi indo), jadi kita baru keluar duit klo udah pasti dapet suratnya, sebelum itu semuanya gratis.

      All the best. =)

      Delete
  48. waa, ternyata gak terlalu ribet juga~ cuma stepnya lumayan panjang :D

    ReplyDelete
  49. http://www.hipwee.com/travel/work-and-holiday-visa-siasat-untuk-bisa-traveling-dengan-uang-sendiri-di-australia/

    Info tentang whv =)

    ReplyDelete
  50. halo teman2 klo visa udah beres semuanya..nah disana nyari kerjanya gampang ga ya?

    ReplyDelete
  51. Sis, gw bingung isi kolom skor/nilai & masa berlaku di pendaftaran online nih. karena gw lulusan Singapore 2007 jadi dgn standard bahasa inggris seharusnya gak ikut test TOEFL / sejenisnya, so untuk isi kolom itu gmn ya? karena gw gak ada skor/nilai bahasa , apa lg masa berlaku bahasa, mau dikosongi juga gak bisa tuh kolomnya. Alhasil di pendaftaran ke1 gw gak terdaftar dalam jadwal wawancara. Minta infonya ya sis

    ReplyDelete
  52. Halo aq manda, mau tanya nilai toeflnya hak harus 500 ya utk dpt visa ini? Soalnya kemarin aq udah tes dan nilaiku 467. Nah kata temenku musti dpt nilau 500 dulu baru bisa wawancara.. please dijawab ya.. makasih..

    ReplyDelete
  53. Halo Louie, aku Rosabel. Salam kenal ya, mau nanya, tes yang Louie pakai buat ngajuin visa itu IELTS apa TOEFL ya? Thanks in advance :)

    ReplyDelete