Sunday, April 14, 2013

KENAPA AKU HARUS NAIK ANGKOT?

Ini adalah pertanyaan gw selama 2 tahun gw kerja di FremantleMedia loh. Haha. Tiap hari Senin sampe Jumat pulang pergi kan gw ke kantor yang jauh itu pake angkot & TransJakarta. Nah, hampir setiap hari pasti ada aja yang bikin emosi. Sampe gw pengen rasanya nulis Etika Naik Angkot haha. Sekalian gw tulis disini ya. 

Etika Naik Angkot
by Hedwig Martina, pakar angkot dan transportasi umum sejati. 

  1. Kalo yang deket pintu udah didudukin orang, ya jangan seenaknya nyuruh orang geser donk. Silahkan masuk ke dalem. Kecuali lagi sakit kaki ato sakit pinggang, no problem bisa dimaklumi, orang pasti suka rela kok geser. Tapi klo cuma gara-gara males ato ga mau susah turun, hey, ini bukan angkot nenek moyangmu. 
  2. Kalo kebagian duduk di mulut pintu, misalnya ada orang mau naik ato turun, ya kasih jalan donk. Gimana caranya pintu sekecil itu bisa dilewatin kalo ada badan yang menghalangi disana? Kan bahaya buat orang lain, bisa jatoh. 
  3. Kalo duduknya renggang-renggang miring-miring dan ada orang yang masuk dan mau duduk, cepet geser donk kasih tempat. Masa diem aja. Akhirnya orang bisa jatoh karena angkotnya udah jalan tapi posisinya masih belom duduk. 
  4. Kalo orang mau turun, kakinya ditarik kedalem donk jangan diselonjorin gitu aja, bahaya buat orang laen. Tar kalo keinjek baru ngoceh. 
  5. Kalo naik TransJakarta, antri donk. Orang dateng duluan ya masuk duluan, jangan main nyerobot aja. Terus jangan dorong-dorong, perhatiin keselamatan orang lain juga. 

Ini adalah 5 poin yang sangat pengen gw tempelin ke muka orang-orang yang ga punya etika waktu naik kendaraan umum, seenaknya sendiri, egois, dan merugikan orang lain. Dalam 2 tahun gw bergerilya dari satu angkot ke angkot lain, gw pasti emosi jiwa setiap mengalami hal-hal ini. Kadang gw yang jadi korban, kadang gw liat orang lain yang jadi korban. Lalu dalam hati kecil gw, kadang muncul pertanyaan: 

"Tuhan, kenapa sih tempat kerjaku jauh begini?"
"Tuhan, kenapa sih aku harus naik angkot?"
"Tuhan, kapan sih penderitaan naik angkot ini berakhir?"

Huaha pertanyaan cemen dan manja banget ya. 

Gw sih ga pernah mempermasalahkan harus panas-panasan naik angkot, dan segala ketidaknyamanannya. Gw udah biasa hidup susah dari kecil, jadi naik angkot sendiri sebenernya bukan siksaan atau penderitaan. Tapi orang-orangnya itu loh yang bikin kesal. Bahkan kadang terbersit dalam pikiran, apa perlu gw resign dan cari kerja yang deket rumah aja biar ga usah naik angkot lagi dan makan ati sama orang-orang ini. Hihi. 

Nah, waktu itu kan gw lagi baca Purpose Driven Life-nya Rick Warren nih. Lalu ada dibahas soal “masalah dan orang-orang itu dipakai Tuhan buat menguji dan membentuk karakter kita”. Kita ga bisa tau apakah kita setia kalau kita ga pernah dihadapkan pada ujian ketidaksetiaan. Kita ga tau kita ini sabar ato engga, kalo kita ga pernah mengalami hal-hal yang menguji kesabaran kita. Ini emang pengetahuan umum banget ya, tapi biasanya pada saat masalah dateng justru pengetahuan ini yang paling ga kita inget. Pas gw baca gw membatin, “Iya, bener, kan Tuhan mau supaya karakter kita makin dan makin baik.” Lalu besoknya gw lupa. 

Pagi hari, lagi donk, gw naik angkot ke kantor. Eh tiba-tiba ada hal yang ngeselin lagi di angkot. Udah mo emosi gw. Lalu tiba-tiba ada suara dalam hati gw bilang gini: 

“Hayo, siapa yang kalo doa minta dibentuk Tuhan? Minta supaya karakter-nya makin dewasa dan mirip Kristus? Siapa yang selalu minta supaya ga emosi-an dan jadi orang yang sabar? Ini lagi dijawab doanya.” 

JRENG. Gw tiba-tiba tersadar. Kan gw sendiri yang paling sering bilang, “Tuhan, sifatku kenapa ga sabaran banget, kenapa emosian banget. Aku ga pengen jadi orang emosian dan ga sabaran. Ga kaya Kristus banget. Lagian tar temen-temenku, orang tuaku, pasanganku, anak-anakku bisa jadi korban klo sifat ini ga berubah. Tuhan, tolong bantu aku supaya jadi orang yang sabar dan ga emosian.” 

Lalu ternyata selama 2 tahun ini SETIAP HARI Tuhan menjawab doa gw, menempa sifat gw supaya gw bisa menang lawan sifat-sifat jelek gw sendiri. Gw dapet ujian sederhana tapi berkelanjutan, yang sayangnya malah gw sendiri ga sadar. Gw doa minta karakter yang baik, lalu gw mengharapkan Tuhan akan menjentikkan jari waktu gw tidur lalu keesokan harinya pas gw bangun gw udah jadi orang yang panjang sabar dan lemah lembut. Salah besar. 

Gw ga akan pernah bisa rubah sifat ga sabaran gw kalo tiap hari ga pernah ada yang menguji itu. 
Gw ga akan tau kadar emosian gw kalo tiap hari gw cuma di rumah main sama anjing gw. #yaiyalah 
Gw ga akan pernah jadi orang yang lebih lemah lembut kalo ga ada yang menguji emosi gw tiap hari, sampai gw bisa menang ngelawan emosi gw sendiri. 

Kalo dipikir-pikir, ngapain juga gw membiarkan sukacita dan damai sejahtera gw dirampas dengan kesel, bete, dan sebel sama penumpang angkot lain? 

Maka terjawablah pertanyaan gw selama ini. 

Kenapa kantor gw jauh banget? Kenapa gw harus naik angkot tiap hari?

Karena Tuhan mau setiap hari sedikit demi sedikit gw belajar menundukkan sifat emosian dan ga sabaran gw. 

Ajaib loh. Emang sifat gw yang paling jelek adalah dua itu. Ga sabaran dan emosian. Dan itu juga yang diuji Tuhan tiap hari. Bukan sebulan sekali, bukan seminggu sekali. SETIAP HARI

Gw juga belajar kalo dengan kesel sama orang, gw udah menghakimi mereka. “Ih ni orang ga tau diri banget sih, seenaknya sendiri, egois banget, bla bla bla.” 

Jadi Tuhan juga mau gw menang atas kecenderungan gw ngejudge para penumpang angkot. Bener sih, kita semua tau kalo kita ga boleh menghakimi orang, tapi kadang hal itu otomatis aja muncul dari hati kita. Gw juga kesulitan mengatasi itu, dan Tuhan bantu gw dengan cara-Nya. 

Jadi dari hal sederhana kaya naik angkot tiap hari, gw baru menyadari kalo banyak hal yang Tuhan mau ajarin sama gw, yang Tuhan ijinkan terjadi buat ngejawab doa-doa gw. 

Gw menyesali kenapa baru sadar sekarang, tapi gw bersyukur Tuhan masih mo negur. Lalu sejak kejadian itu, gw jadi lebih sukacita tiap naik angkot. Perjuangan masih panjang nih. Apakah nantinya gw akan berhasil ngelewatin ujian ini dengan nilai A? Hehe. Mari semangat. 

PS. Wahai para penumpang angkot, maafkan ya karena kadang gw menghakimi kalian. 

saksi bisu perjuangan gw melawan sifat jelek

No comments:

Post a Comment