Saturday, March 30, 2013

DAY 6 THAILAND: GRAND PALACE & KHAOSAN ROAD

Pagi-pagi kita ngider dulu di pasar Pratunam buat cari kaos titipan temen gw, souvenir, terus barang-barang yang mo dibeli Kebo sama Bella juga. Ternyata sama bikin pusingnya haha, dan kita tetep ga nemu toko souvenir loh. Aneh ya. Gw sampe googling dan katanya di Pratunam tuh ada, tapi herannya kenapa kami ga menemukannya. Tapi disana gw dapet dress 200 baht, sama kaos 70 baht doank.

Lalu bersiaplah kami buat ke Grand Palace. Jadi ceritanya kita kan buru-buru, jadi naik tuk-tuk aja nih berlima. Jejel-jejelan gitu. Nawarlah kita sama bapak-bapak itu, katanya 200 baht berlima. Ya udah donk kita naik. Terus kita kan diputer-puter, tau-tau dy berhenti dy bilang udah sampe. Gw bingung donk, itu kan di gang ketutupan tembok gitu. Terus dy keluarin peta dy bilang naik perahu bagus pemandangannya. Gw bilang, "Gw juga tau naik perahu bagus, tapi sekarang gw mau langsung ke Grand Palace." Eh dy masih ngotot klo naik perahu aja, terus gw bilang "Gw ga punya waktu buat naik perahu, tadi kan deal-nya 200 baht sampe Grand Palace, gw ga mau tau pokoknya sekarang anterin ke Grand Palace!" Haha. Bete dy, terpaksa dy naik lagi terus anterin kita. Eh begitu keluar dari gang itu, ternyata kita liat Platinum Mall! Yaelah, itu mah cuma beberapa meter dari hotel gw, cuma diputer-puter doank. Lagian klo mo nipu suruh naik perahu mah turunin di samping sungai kek, jangan di gang gitu, siapa yang bakal ketipu coba.

Tapi kejadian itu bikin kita semua ngakak sepanjang perjalanan. Gw seneng juga sih akhirnya dapat pengalaman hampir ditipu tuk-tuk. Secara klo baca di internet ato buku, dari pengalaman orang-orang kan pada bahas soal ditipu supir tuk-tuk. Cuma supir ini agak ga lihai nipunya, haha. 

Sampe di Grand Palace, ga ada yang mau masuk karena tiketnya mahal, dan pada ga tertarik liat dalemnya haha. Gw juga sih, klo Istana Korea gw mau deh masuk. Jadi kita keliaran aja di depannya, foto-foto. Di dalem sih gw yakin jauh lebih bagus, secara dari luar ditutupin tembok semua kita mo foto juga susah. 

murid-murid yang mengingatkan pada Nam
komplek Grand Palace
Sawasdee Ka! Khab Kun Ka.
feeding the doves: hasil jepretan gw!! #bangga

Ga sempet ngerasain naik BTS sama perahu di Chao Phraya River gara-gara bus balik ke Phuket. Jadi  kita kan berencana naik government bus ke Phuket, gw udah cek di website tuh ada banyak jadwal, ada yang berangkat dari jam 3, 4, 5, 6, 7 malem. Perjalanan 12 jam, jadi klo gw berangkat jam 6 sore pun gw bisa nyampe Phuket jam 6 pagi, cukup buat ngejar pesawat ke KL jam 8.

Cuma karena Kebo trauma pernah ketinggalan pesawat dari Singapore ke Surabaya, dy jadi takut klo tar ga dapet bus klo ga booking dulu. Kita udah tanya ke satu travel agent di Pratunam, dy bilang full booked. Panik lah Kebo. Jadi dy ngajak booking bus travel di Khaosan Road. Eh begitu kita tanya-tanya disana malah pada bilang klo berangkat sore mah pasti nyampe jam 11 siang di Phuket. Kebo tambah panik donk. Kita masukin tuh beberapa travel agent dan semuanya rata-rata bilang perjalanan 14 jam. Kalo mau nyampe jam 6 pagi harus berangkat dari jam 3 sore. Gw bilang, "Loh gw baca di website cuma perlu 12 jam kok." Terus dy bilang, "Itu website lama kali, ga update. Coba sekarang aja ke terminal siapa tau masih ada bus yang berangkat jam 3." Ya udahlah akhirnya karena kita pikir mereka lebih tau dari kita, kita buru-buru balik hotel tuh naik tuk-tuk 200 baht lagi. Itu jam 1 siang. 

Dari sana kita berpisah karena Bella, Yonathan, sama Hamid naik pesawat langsung ke Surabaya, sedangkan gw dan Kebo, karena salah beli tiket kaya yang gw ceritain di Sawasdee Ka Thailand, harus balik lagi ke Phuket. Jadi kita naik free shuttle tuk-tuk dari hotel ke jalan raya (depan Platinum) terus kita nyetop taksi. Kalo terminal timur itu Ekamai, terminal selatan itu Sai Tai Mai. Nah, supir taksinya pada ga mau klo ke Sai Tai Mai, jauh katanya. Padahal kita belom kasih harga loh, udah ditolak. Akhirnya setelah 2-3 taksi, ada 1 yang mau kita bayar 300 baht. Ya udah deh melaju kita kesana.

Terminalnya gede banget loh, takjub gw! Udah kaya airport aja disana, ada foodcourt, tempat belanja, terus loket jualannya banyak banget. Nah, gw nemu nih bus yang berangkat dari jam 4, 5, 6, 7 sore, terus nyampe di Phuket cuma 12 jam!!! Berarti gw lebih bener donk dari para travel agent itu! Tau gitu kan gw masih bisa leha-leha menikmati kota Bangkok dan baru ke terminal sorean. Orang bus-nya juga banyak banget, apalagi itu hari biasa bukan weekend, jadi ga mungkin keabisan deh. 

Tapi ketan sudah terlanjur lembek dan dibikin Mango Sticky Rice, apa boleh buat jam 2 kita udah luntang-lantung di terminal kan. Gw beli tiket jam setengah 5, nyampe Phuket Town jam 5 pagi. Terus kita makan dan titipin koper disana biar bisa jalan-jalan keliling terminal 4 lantai itu. Murah, penitipannya cuma 50 baht. Percaya ga, kita tetep ga nemuin toko yang jualan souvenir disana.

Pas beli tiket, gw udah bilang sama si mbak tiket klo gw mo berhenti di deket airport aja, ga nyampe ke Phuket Town, karena jarak airport ke kota itu 1 jam lebih. Terus mbak-nya bilang oke, di tiketnya ditulisin sesuatu pake bahasa Thai. Pas mau naik, gw bilang lagi sama si mbak yang jaga di deket bus. Dy juga bilang oke. Terus bapak-bapak kenek-nya, yang angkat-angkat tas kita, senyum-senyum gaje gitu sama kita. Kita diem aja.

Oh iya, harga tiketnya cuma 600 baht. Kita beli yang reguler, di tingkat kedua. Akhirnya gw baru tau kenapa VIP bisa 2 kali lipat harganya padahal cuma beda kursi. Ternyata bedanya bukan cuma di kursi. Tapi karena kita di atas, goncangannya kerasa banget. Setiap bus belok tuh rasanya kaya mo jatoh. Pantes VIP mahal! Hahaha. Misteri terpecahkan.

Gw sama Kebo ngerumpi sepanjang sore cerita ngalor-ngidul, sampe agak gelap kita coba buat tidur. Laper perut krucuk-krucuk ga sempet makan malem. Tengah malem, kita berhenti lagi di perhentian yang gw bilang jual makanan bau-nya ga enak semua itu. Karena laper, gw sama Kebo turun buat liat-liat ada yang bisa dimakan ga. Lalu gw nemu nasi goreng sama telor 40 baht. Karena aromanya wajar, jadi gw beli itu, lumayan ganjel perut. Kebo juga beli nasi sama telor gitu.

Nah, selesai makan, kita mau mastiin sekali lagi sama supirnya klo kita minta turun di deket airport aja, ga nyampe Phuket Town. Keliatan kan tuh di gambar disamping, jaraknya ke Phuket Town tuh jauh banget, naik taksi bisa 400 baht. Buang waktu pula klo bolak-balik 2 jam. Tapi supirnya tuh aneh, kita dianggep invisible. Gw nyamperin dy dan tanya pake bahasa Inggris, dy cuma ngeliatin gw terus ngelewatin gw! At least klo ga bisa ngomong Inggris, kan bisa "Sorry, I don't understand." Ini enggak, gw dianggep ga keliatan. Terus bapak-bapak kenek yang senyum gaje itu muncul, gw coba ngasi tau dy, dy malah senyum gaje lagi dan ngobrol sama supirnya pake bahasa Thai, sambil nunjuk-nunjuk gw sama Kebo, terus mereka ketawa-ketawa! Gw sama Kebo tuh bener-bener ga dianggep ada disana! Gila banget kan, ampe frustasi gw, mo nangis rasanya. Di satu sisi panik kalo mereka ga turunin kita, di satu sisi kesel sama tingkah laku mereka yang ga punya attitude.

Gw sama Kebo cuma bisa bengong liatin mereka ketawa-ketawa. Terus dateng seorang berwajah agak bule sedikit. Dy tanya, "Can I help you? Do you speak English?" OHHH THANKS GOD!!! Gw bilang, "Yes, I speak English. I want to tell them that I need to stop at the airport area when they pass it later, I don't want to go to Phuket Town." Lalu cowok itu ngomong ke bapak-bapak itu pake bahasa Thai. Terus dy bilang lg ke gw, "I think they understand. You will arrive there approximately at 4 a.m." Lalu gw bilang thank you so much dan gw naik ke bus. Gw lupa minta dy tanyain kenapa mereka ngetawain gw sama Kebo dan sama sekali ga jawab apa-apa pertanyaan kami. Gw udah muak banget ga pengen deket-deket mereka lagi jadi kita cepet-cepet naik.

Sepanjang perjalanan gw masih kepikiran dan ga bisa tidur. Gimana klo mereka ga turunin kami? Gimana klo ternyata mereka berhenti tapi kami ga tau klo kami harus turun? Itu kan ga tepat di depan airport, jadi tau darimana klo kami harus turun disitu? Gimana klo mereka berhenti tapi tas kami di bagasi ga dikeluarin? Gimana klo akhirnya kami kebawa ke Phuket Town? Gpp sih sebenernya paling rugi taksi 400 baht dan 2 jam perjalanan, tapi tetep kekejar pesawatnya. Lalu akhirnya setelah setel alarm jam 3, gw tidur juga, ga nyenyak sih.

Akhirnya alarm bunyi dan gw perhatiin jalan. Gelap gulita, ngelewatin hutan, lalu ada rumah sebiji. Lalu hutan lagi, lalu beberapa meter lagi rumah lagi. Gw mikir, ini nanti jam 4 pagi diturunin di tempat kaya apa ya?? Klo di tengah jalan gimana? Terus nanti kayanya salah 1 harus turun dulu mastiin supirnya turun dan keluarin tas dari bagasi, jaga-jaga, takutnya kita udah turun terus supirnya lupa klo koper kita belom diturunin, terus dy melaju terus gimana? Pikiran gw udah macem-macem deh hahaha.

Akhirnya hampir jam 4 gitu lampu dinyalain. Terus ada 2 penumpang yang turun. Kita ikut turun. Syukurlah tas kita dikeluarin dari bagasi. Kita bener-bener diturunin di pinggir jalan loh, tapi selametnya di depan kantor polisi. Ada tulisan gede-gede "Highway Police". Nah yang turun bareng kita udah jalan ke dalem menghilang dalam kegelapan. Kita pipis dulu (ada toilet umum) terus bengong. Dateng 2 anjing deketin kita. Kita geret koper kemana, dy ikut. Tapi ga ganggu, diem aja duduk jilat-jilat badan di deket kita. Gw berasa dijagain haha. Terus kita mo coba liat ada polisi ga, eh cuma ada 1 orang terus tidur tutupan selimut.

Gw sih pengen nunggu aja sampe terang ada taksi lewat, tapi Kebo takut. Jadi sambil liat-liat keadaan, dy nemu 1 rumah yang orangnya lagi bakar otak-otak. Terus dy tanya ada taksi yang lewat ga jam segini. Orangnya bilang ga ada, harus nunggu jam 7 klo udah terang. Terus dy tanya emang mau kemana, Kebo jawab ke airport. Dy bilang, dianterin naik motor aja, pake 2 motor, masing-masing 150 baht. Terus tanpa Kebo ngomong apa-apa lagi udah dibangunin anaknya cewek-cowok. Katanya kopernya bisa dibawa pake motor. Jadi ya udah deh kita naik motor ke airport. Mahal sih, tapi ya udah lah mo gimana lagi.

Gw tidur tuh sampe jam 6, baru cek-in, terus jalan-jalan akhirnya ada yang jual souvernir, tapi mahal banget! Magnet kulkas aja 100 baht! Akhirnya gw beli deh buat di kulkas gw, kan niat gw mo ngumpulin setiap magnet dari negara-negara yang gw datengin haha. Jam 8, kita take off ke Kuala Lumpur. Malam yang menegangkan, tapi pengalaman yang tak terlupakan. Kapan lagi naik motor jam 4 subuh ke Phuket Airport. Haha.

Selanjutnya: Petualangan Sehari di Kuala Lumpur.

No comments:

Post a Comment