Tuesday, March 19, 2013

DAY 3 THAILAND: PATONG BEACH AND PHUKET TOWN

Hari ketiga dari perjalanan Sawasdee Ka Thailand ini rencananya kita mo ngider di Phuket Town dan main ke Patong Beach sampe sore sebelom kita naik bus ke Pattaya. Tapi semalem gw coba telpon dan yang ngangkat Inggrisnya ga jelas banget, gw ga ngerti dy ngomong apa. Akhirnya pagi-pagi minta tolong empunya hostel buat telpon ke kantor bus-nya pake bahasa Thai, dan voila, busnya full booked.

Kita mulai panik, karena bus 777 ini adalah satu-satunya yang melayani rute Phuket-Pattaya. Ada sih transportasi darat lain kaya kereta dan bus yang ganti rute, tapi itu ribet banget. Jalan terakhir adalah naik bus ke Bangkok, yang banyak banget pilihannya. Katanya kantor bus itu, 1 bus udah penuh, klo nanti banyak penumpang dan dy bakal berangkatin bus kedua, dy bakal hubungin kita. Kita sempet mikir naik pesawat aja, lalu dari hasil browsing yang paling murah adalah 1,7 juta. Haha.

Akhirnya kita putusin buat cek out juga karena di hostel ga ada luggage storage. Kantornya bus ini kan di terminal bus antar kota, nah letaknya deket sama hostel kita. Dari awal emang gw cari hostel yang deket sama terminal supaya gampang tar pas nyeret koper mo berangkat Pattaya. Akhirnya kita jalan nih, dan begitu nyampe disana, syukurlah ternyata dy berangkatin bus 1 lagi karena banyaknya permintaan! Dan setelah face to face Inggrisnya jadi lumayan bisa dimengerti, dan dari sana gw baru sadar klo orang Thai ga bisa ngomong yang berakhiran “s”, pasti jadi “t”, contohnya office, bakal kedengeran kaya opit.

Anyway, jadi satu bus itu ada 2 lantai, yang lantai bawah cuma ada 6 kursi VIP, dan di atas 24 kursi regular. Karena pada minta yang nyaman, jadilah kita pesen yang VIP. Harganya 1260 baht. Yang biasa 680 baht. Sayang sebenernya, tapi ya udahlah. Haha. Terus syukurlah lagi kita bisa naro koper-koper kita disana dan pergi main. Bus antar kota sekarang berangkatnya bukan dari terminal yang di Phang Nga Road, udah pindah tempat. Jadi kita harus kumpul di depan kantor bus jam 5 buat naik bus pink seharga 10 baht ke terminal yang dimaksud.

Udah lega nih ceritanya, udah enteng, kita naik tuk-tuk ke Patong Beach. Kalo gw baca di buku naik bus ke pantai cuma 20 baht seorang. Tapi karena jauh jalan ke terminal bus yang buat ke pantai, terus disitu ada tuk-tuk, terus gw emang liat dimana-mana klo naik tuk-tuk sekali jalan 500 baht, jadi ya udah dah kita naik itu aja, dibagi 5 juga sih. Jadi kita sok-sok backpacker mo ngirit tapi banyakan malesnya jadi milih yang mahalan haha.

Rute dari kota ke pantai kan naik turun gunung tuh, udah gitu supir tuk-tuk klo nyetir ga kira-kira, kita kepontang-panting kesana kemari. Oh iya, gw jadi inget pas kemaren di Phang Nga Bay, kan isinya bule semua tuh, kecuali 3 cowok dan 1 cewek. Awalnya gw kira tu cewek warga lokal, ternyata orang Indo, soalnya kita denger mereka ngomong Indo. Terus Kebo juga ngerasa kayanya mereka ngomongin kita. Nah, abis itu kan gw mo foto di pinggir kapal kan. Kebo fotoin dari tempat duduknya. Gw tanya, “Wis? Ketok ga?” terus Kebo jawab, “Ketok.” Eh terus Kebo udah diajak ngobrol sama orang Indo itu, dy bilang, “Oalah sampeyan wong Jowo to.” Haha. Ternyata mereka orang Jawa Tengah. Terus mereka bilang, dikirain tuh kita turis dari mana gitu, Malaysia atau Korea. Eh ternyata orang Jawa. Hahaha. Gw bisa ngebayangin sih, gimana rasanya lo ngira seseorang tuh dari Korea atau Jepang, terus lo denger mereka ngomong Jawa. Doenk!!! Haha. Pasti rasanya, “Jiahhhh…”

Anyway, lanjut, jadi abis nyampe di Patong kita menyusuri sepanjang Bangla Road (Legian-nya Phuket), terus ke Mall Jungceylon cari sarapan. Udah jam 12 dan kita belom sarapan huhu. Rasanya laper banget. Disana makanan mahal bow, di food courtnya kisaran 100 – 150 baht semua. Bella pesen nasi goreng tom yum, gw tom yum lagi haha. Minum nestea yang rasa Thai milk tea 20 baht klo ga salah. Oh iya, mall-nya sama Galeria Bali masih bagusan Bali hahaha. Tapi emang sih, ke Phuket orang ga nyari mall, jadi ngapain bagus-bagus haha.

Hari ini kita bener-bener ga ngapa-ngapain sih. Nyampe di Patong leyeh-leyeh aja duduk santai gitu. Patong Beach ini ternyata biasa aja, kaya Kuta bener. Biasa tapi ngehip dan rame. Kita timbun Kebo di pasir dan bikin buntut duyung haha. Ga kerasa tau-tau hari udah sore, udah jam 4 kurang. Karena perjalanan dari pantai ke kota sekitar 45 menit, belom lagi klo macet, kita ga berani ambil resiko jadi kita balik.

Kita nawar tuk-tuk eh dapet 400 baht. Terus kan gw udah jelasin gw mau ke terminal bus yang Phang Nga Road. Terus gw kasih kartu nama kantor bus 777 itu. Si supir ngangguk-ngangguk dan kita naik. Angin sepoi-sepoi di sepanjang perjalanan bener-bener bikin ngantuk. Terus sempet kena macet sedikit. Akhirnya jam 5 kurang 15 kita sampe. Sampe, tapi di Terminal Bus lainnya. Terminal bus yang emang bakal kita tuju buat naik bus ke Pattaya. Tapi itu bukan yang kita maksud. Kita kan harus ke terminal yang di Phang Nga Road buat ambil koper-koper kita.

Akhirnya Kebo telpon petugas bus itu, suruh dy jelasin langsung ke supir tuk-tuknya. Akhirnya jam 5 kurang seciprit kita nyampe dengan selamat di tempat yang benar. Haha. Bersiaplah kita, ngambil semua koper dan naik bus pink, yang mengarah ke Terminal yang kita datengin tadi. Bolak-balik kurang kerjaan banget ya hahaha. Karena jam 5.15 udah nyampe, sedangkan bus-nya masih 18.30, jadi kita nongkrong di kafe di terminal. Lumayan, minumannya cuma 40 baht, udah bisa duduk, ngadem, dan naro koper haha. Gw juga pesen nasi goreng seharga 50 baht buat dimakan di jalan, karena gw yakin bus itu ga bakal ngasih makan malem.

Akhirnya jam 18.10 kita masuk bus. WOW emang enak sih VIP-nya kursinya gede lebar terus bisa disenderin sampe nyender banget. Terus cuma sekotak isi 6 gitu, kita udah berlima terus 1 kursi lagi belom keisi. Kaya berasa ruangan kita aja. Terus ada TV. Oh iya, kita cuma dapet bolu sama sebotol air mineral, sama selimut. Ada WC super kecil juga.

Nah, awalnya kan acara TV-nya stand up comedy ala Thai gt, kita juga ga ngerti bahasanya kan. Karena belom tau bisa ubah-ubah channel, daripada berisik kita ketok-ketok kaca supirnya suruh matiin suaranya. Payah nih, VIP tapi kita ga dikasih remote buat atur-atur sendiri. Haha. Terus kan iseng tuh mencet-mencet, ternyata bisa ganti channel, terus ada Teken 2. Wah kita mo nonton kan, jadi suruh lagi si supir nyalain suaranya. Ladalah, ternyata filmnya udah dubbing bahasa Thailand! Hadeh… Hahaha.. Kita mo suruh supirnya buat matiin lagi, sungkan. Jadi ya udahlah kita nonton Teken 2 liat gambarnya doank, orang ga ada subtitle dan ga ngerti bahasanya.

Oh iya, busnya on time banget loh, jam 18.30 bener-bener berangkat. Gw udah laper jadi gw sikatlah nasi gorengnya. Secuprit sih, tapi karena laper ya udahlah terasa enak juga hehe. Terus udah gelap gitu kan lampu mati. Kita tidur deh. Tengah malem, tiba-tiba supirnya nyetel lagu Thailand kenceng banget pake speaker, terus lampu dinyalain. Kita kebangun donk, langsung ngakak, kita mikir supirnya agak aneh ya, waktunya tengah malem orang tidur dy malah nyalain lampu sama nyetel lagu kenceng-kenceng. Haha. Beberapa saat kemudian, ternyata dy berhenti di satu tempat yang gede, jualan makanan sama oleh-oleh. Kayanya semua bus berhenti di sana, buat kasih penumpang beberapa saat nyelonjorin kaki dan makan. Tapi makanan disana ga ada yang menggugah selera. Aneh-aneh dan baunya juga aneh.

Kita balik lagi ke bus, oh iya kursi ke-6 yang kosong tadi juga udah keisi. Kita naik ke lantai 2 kan mo liat yang ga VIP tuh kaya apa, ternyata sama aja. Kursinya enak juga, walopun ga segede kita. Terus kita mikir, klo sama gini mah mending lain kali naik yang biasa aja. Haha. Lalu kita tidur lagi deh sampe pagi-pagi nyampe Pattaya.

Cerita selanjutnya, seharian di Pattaya.

1. mau nanya sist, aku ada rencana mau ke phuket lewat pattaya, aku naik bus 777 nya itu dari terminal yang mana ya? rencananya abis dari bangkok - pattaya - phuket - bangkok

2. wah klo dari pattaya kurang tau, soalnya waktu itu dituruninnya bukan di terminal. coba telpon aja di nomornya hehe, cuma inggris mereka agak susah didenger sih..