Saturday, May 25, 2013

DAY 7 SINGAPORE: CHINESE NEW YEAR'S EVE

Hari ketujuh dari perjalanan Hello Singapore, basically santai di rumah sampe jam 3 sore kita berangkat ke rumah Ii Le Kun buat makan bareng keluarganya. Perjalanan yang cukup jauh, karena rumahnya udah mo deket airport, tapi kita naik bus tingkat terus duduk di atas, jadi seru hehe. Yang paling berkesan dari makan bareng ini adalah, anaknya (yang berarti sepupu gw) yang ternyata ganteng banget! Udah gitu bertata krama banget bisa bantu mamanya nyusun piring di meja. Hahaha.

Nah, jadi makanan khas orang Singapore buat rayain Imlek ini adalah yu sheng. Jadi segala macem makanan yang melambangkan "hal-hal baik" kaya rejeki, kebahagiaan, dll itu ditata dengan rapih di satu piring. Untuk  baca simbol-simbol makanannya klik link aja. Terus abis itu semua anggota keluarga pegang sumpit dan aduk semua bahan itu bareng-bareng sambil ngucapin "hal-hal baik" juga, biasanya dalam bahasa Mandarin. 


Rasanya agak asem dan manis sih haha. Jadi kaya salad gitu deh. Selesai diaduk, kita ambil deh masing-masing buat makan. Nah abis itu baru kita makan yang makanan beratnya. Masaknya juga sesuai sama kepercayaan mereka. Misalnya nih, harus masak daun bawang, soalnya dalam bahasa Hokkian kan "sheng", nah "sheng" itu juga bisa berarti menghitung. Jadi maksudnya biar ada duit terus buat diitung. Haha. Lengkapnya yang bahasa Mandarin juga ada di sini.


Ini mami sama Ii Le Kun.


Malemnya, sebelum pulang kita mampir ke Chinatown dulu buat liat kaya apa sih Malam Imlek di Singapore. Ternyata emang rame banget, sepanjang jalan ditutup, jadi bus muter lewat jalan lain. Di sepanjang jalanan yang jual makanan, orang-orang berjubel buat makan. Tapi banyakan justru bule dan turis, soalnya orang Singapore asli biasanya lagi dinner sama keluarga di rumah atau restoran hehe. Terus begitu nyampe jalan besarnya, orang udah rame banget duduk di sepanjang jalan nunggu atraksi Liong sama Barongsai-nya, sama kembang api juga. 


Karena gw sama mami udah bosen liat Barongsai (sejak hari pertama selalu ada aja nemu Barongsai di Mall haha), kita pulang sekitar jam 10 malem. Terus jam 12 malem, kita liat kembang api dari balkon hehe. Tapi ternyata, tempat kaya Singapore pun ga di semua titik rame, cuma di tempat-tempat tertentu aja kaya Mall sama Chinatown. Gw kira sebelumnya, bakal rame dimana-mana, beda sama Indonesia. Haha. Tapi seru sih, seneng banget gw bisa rayain Imlek di sini. Selain best part bahwa angpao-nya berubah jadi dolar dan menutup pengeluaran gw selama disana. Hahahaha.

2 comments:

  1. saiii...mana sai potonya si sepupu ganteng saii... wkwkkwkkwk.. =)

    ReplyDelete
  2. itu dia sayangnya aku ga minta poto bareng cyin.. #lalumenyesal hahahaha

    ReplyDelete