Thursday, June 02, 2011

PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH

Gw cinta banget sama perikop ini, kagum banget sama keindahan firman-Nya, ampe bisa ada yang model begini, keren banget! Hahaha.. Keliatan banget klo Tuhan ga asal nyuruh kita, Dia udah mempersiapkan semuanya terlebih dahulu biar kita bisa keluar sebagai pemenang. Dia bukan panglima yang nyuruh kita perang dengan telanjang, tapi dia sediain perlengkapan perang  yang luar biasa, makin kita baca makin akan terlihat dimana letak keluarbiasaannya. ^^

Dan gw ga akan menikmati keindahan firman ini sendirian, jadi gw share di sini. Coba bayangin kita ni tentara Romawi yang lagi perang, ini bajunya:
(Kenapa Romawi yang dimaksud? Karena waktu itu Israel lagi dibawah kekuasaan Romawi)



Note: Nah untuk selanjutnya, yang warna Maroon adalah Firman Tuhan.

EFESUS 6:10-20

(10) Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.
(11) Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
(12) karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. à Nih, ketika kita benci sama orang, berantem sama mama papa kita, ketika mereka nyakitin hati kita, musuh kita tuh sebenernya iblis, bukan mereka. Iblis melalui mereka menyesatkan dan menjauhkan kita dari Tuhan dan memimpin kita supaya jatuh ke dalam dosa. Makanya Tuhan bilang, kita harus tau kalo perjuangan kita bukan ngelawan manusia-manusia jahat, yang jahat itu iblisnya. Itulah kenapa yang kita perlu pake adalah armor rohani, bukan baju perang jasmani, karena yang diserang ini kerohanian dan spiritualitas kita, bukan fisik kita.

(13) Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
(14) Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, à berdiri tegap artinya harus punya mental yang kuat, gagah berani dan siap, pantang menyerah, tidak mudah putus asa.

Kenapa kebenaran harus jadi ikat pinggang? Coba kita liat lagi di gambar di atas, seorang tentara Romawi itu, kalo pake baju perang, semuanya diiket dan ditahan dengan ikat pinggang. Jadi kalo kita tarik tu iket pinggang, semuanya bakal melorot. Itulah kenapa Tuhan bilang, berikatpinggangkanlah KEBENARAN, karena kebenaran itu intinya, kuncinya, sumbernya, jadi kalo kita ga berfokus pada kebenaran = firman Tuhan, gampang banget kita diserang, tinggal ditarik ikat pinggangnya dan melorotlah semuanya. Itulah kenapa pengenalan akan firman Tuhan yang benar sangat penting.

Berbajuzirahkan KEADILAN. Dalam bahasa Yunani, baju zirah disebut Thoraz (=penutup organ tubuh vital di bagian depan = lambang keadilan). Di bahasa inggris, keadilan = righteousness, yang berarti kehidupan yang benar, kehidupan yang lurus, hidup dalam kekudusan. Nah yang digaris bawahi itu harus jadi baju zirah kita, biar kalo ditusuk-tusuk tetep ga tembus.

(15) kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; à Kalo ini berarti KERELAAN dan kesediaan buat dipake Tuhan dalam memberitakan kabar sukacita hehe. Kasut ini kan semacam sandal yang terbuat dari kulit sapi, buat jadi alas kaki kita dan melindungi kaki kita dari benda-benda tajam, nah kita musti berkasutkan kerelaan, sehingga nanti dalam perjalanan kita memberitakan injil pasti ada kerikil-kerikil tajam dan batu-batu yang menghalangi, tapi karena kita udah pake kasut kita jadi maju terus deh! Coba kalo kita pake sendal jepit (alias maju jalan sementara hubungan kita sama Tuhan ga intim, malas baca firman) nanti begitu ada kerikil kaki kita pasti luka-luka. :D

(16) dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, à Kenapa perisai iman? Karena Cuma dengan iman kita bisa menahan semua serangan iblis. Panah api iblis = isinya banyak, kecemburuan, keraguan, kekuatiran, kedengkian, kecemaran, percabulan, hasutan, dan masih banyak lagi, jadi kita perlu perisai buat nahan serangan-serangan itu. Kenapa iman? Karena Cuma dengan IMAN kita berharap sepenuhnya, bersandar sepenuhnya, dan meyakini sepenuhnya.

(17) dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, à ketopong KESELAMATAN, kenapa keselamatan di pasangkan sama ketopong? Karena ketopong itu kan helm pelindung kepala kalo perang. Kaya di LOTR gitu ceritanya, hehe, pasti pake helm kan. Nah gunanya ketopong itu buat melindungi kepala (otak) manusia yang merupakan pusat seluruh tubuh kita, karena yang memimpin kita kan pikiran kita. Kematian dan Kebangkitan Yesus merupakan Ketopong Keselamatan, merupakan KUASA yang melindungi pikiran hingga jiwa kita dari serangan panah api iblis. Jadi pikiran kita berpusat sama Kristus dan buat terus mengingatkan kita, menanamkan di pikiran kita, bahwa karena Kristus lah kita beroleh keselamatan, dan pikiran itu yang bakal memimpin kita pada saat perang.

Pedang roh, yaitu firman Allah. Seperti kita tau, kalo kita udah diserang iblis, kita punya perisai buat menangkal dia. Tapi coba bayangin setiap kita diserang kita cuma menangkal pake iman, iman, iman. Kalo kita diserang terus pasti lama-lama kita capek kan? Bisa-bisa perisai kita bolong lama-lama, kita ga bisa diem aja selama diserang, kita mesti serang balik. Gimana caranya? Ga bisa pake hardikan, gertakan, “Heh iblis, pergi sana, aku ga takut sama kamu,” ya ga pergi dia haha. Tapi musti pake pedang ROH usir-nya, alias FIRMAN TUHAN. Kaya Yesus, pas Dia dicobai setelah puasa di padang gurun, iblis suruh Dia menjatuhkan diri, dan Yesus menjawab, “Ada tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu.” Nah! Yesus menjawab (dan menyerang) pake firman Tuhan, dan iblis pun pergi! Coba kalo Yesus cuma diem-diem aja, iblisnya ga bakal pergi kan? Itu lah kenapa kita musti serang pake pedang roh. Itulah kenapa kita musti sering baca Alkitab dan inget isinya, karena klo kita ga tau isinya dan ga inget, gimana cara mau nyerang? Misalnya gini, Iblis bilang, “Hayoloh, gimana masa depan lu kalo gini? Ga da duit, ga da yang mau bantuin, gimana lo??” trs kita musti bales dengan, “Tuhan bilang di Alkitab ‘Jangan kuatir akan hidupmu, jangan kuatir akan hari esok!’ di Matius, jadi pergi kau iblis, aku ga bakal kuatir!” Nah! Pergi lah tuh iblis, karena udah ketusuk dia pake pedang Roh!

(18) dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
(19) juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,
(20) yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

Keren banget yak perlengkapan senjata Allah, walopun emang gampang ngomong di teorinya, sedangkan dalam pelaksanaannya enggak segampang nulis, tapi kita akan terus berjuang dengan pimpinan Roh Kudus, buat memakai semua perlengkapan senjata ini! ^^ GBU!

No comments:

Post a Comment