Monday, April 04, 2011

I FOUND LOVE IN KEDIRI

Kenapa gw sangat cinta ama Kediri? Karena disana gw bertemu cinta dalam hidup gw, Tuhan Yesus. Hehehe. Itulah kenapa gw merasa kepindahan gw ke Kediri waktu kelas 6 SD adalah suatu keajaiban, bahwa Tuhan mengarahkan gw memasuki jalan itu, yang ternyata adalah rancangan Tuhan yang luar biasa, buat menempuh hidup baru, hidup bersama sang Juru Selamat. Intinya, di Kediri ini gw menemukan Tuhan Yesus, Hedwig yang baru, Louie my sweetheart, Mam Anik & Family, & Alpha Omega.

Nah, yang akan dibahas ini minus Louie dulu, soalnya Louie perlu 1 post sendiri secara cerita tentang dia banyak banget, dan ga nyambung klo masuk kesini hehe. Gw pindah Kediri tahun 2000, gw lupa bulan apa, pokoknya mau masuk tahun ajaran baru. Keadaan gw waktu SD kelas 5 di Jakarta adalah, sepertinya gw hampir ga naik kelas, karena gw ga pernah bikin PR. Hahahaha. Gw sendiri jg ga ngerti ama kurikulum SD gw waktu itu yang ada di Kelapa Gading. Wali Kelas gw kan guru Mat, jadi setiap hari tuh dari pagi ampe siang kita belajar Mat terus, aneh ya? Dan otomatis tugas-tugas dan PR-nya juga Mat, padahal gw sangat benci Mat dan ga menguasai mata pelajaran itu (hingga saat ini).

Jadilah, setiap hari gw dihukum, karena setiap hari, setiap ditanya siapa yang ga kerjain PR, gw mengacungkan tangan dengan takut. Pertama-tama gw masih dihukum di kelas, ampe brapa lama guru gw da kesel, gw dihukum di luar kelas, sampe akhirnya guru gw muak karena puluhan kali gw kaya gitu, gw dikirim ke kantor kepala sekolah. Gw harus berdiri di depan sana, padahal orang tua pada bersliweran karena mau jemput anaknya, mereka sampe nanya ke gw yang nangis sambil berdiri, “Kenapa?” dan gw jawab, “Ga ngerjain PR huhuhu”, Hahaha klo gw bayangin sekarang, pasti para orang tua itu berkata dalam hati, “Oh pantes, males sih, makanya jangan males.” Hahaha. Tapi pada saat itu gw sungguh amat sangat ga mengerti ama pelajaran tersebut dan di rumah gada yang bisa bantuin gw, mami juga ga ngerti klo uda Mat yang complicated gt. Lagian gurunya aneh tiap hari ngasi PR Matematika. Ckckck.

Gw juga bingung kenapa gw jadi separah ini, padahal pas sebelum kelas 5, nilai gw ga parah-parah amat. Gw malah sempet jadi murid kesayangan & kepercayaan wali kelas gw klo disuruh ngapa-ngapain. Tapi di kelas 5 itu puncak kehancuran gw hahaha. Ternyata Tuhan memberikan pertolongan tepat pada waktunya, Dia tau kali yak lo gw lanjut di SD itu seterusnya, bakal jadi apa gw, hihi. Jadi begitu mami ajak pindah Kediri karena ditawarin ama Om yang tinggal disana, gw langsung setuju, kaya angin segar gitu, kayanya seneng bisa kabur dari Neraka Jakarta.

Sesampainya di Kediri, OUCH I hate adaptation! Sebagai murid baru yang biasanya ngomong Betawi, gw bertemu teman-teman baru yang pada ngomong Jawa, sementara gw sama sekali ga ngerti, gw cuma tau siji (satu), loro (dua), telu (tiga). Hahaha. Dan di Jakarta itu kan klo ngomong gue elo, sedangkan di Kediri tuh aku kamu. Gw kesulitan merubah ini dalam waktu singkat, tapi harus donk, klo ngga tar gw disangka blagu lagi masa nyebut orang gue elo. Udah gitu klo kantin di SD Jakarta kan gede, banyak, klo di sini, oh iya lupa, namanya SD Petra 1-2, kantinnya cuma 1 area kecil dan sempit yang jualnya makanan-makanan desa gitu, krupuk sambel, hahaha. Gedung sekolahnya juga kecil, malah sekarang udah ga dipake lagi, karena udah ada gedung baru. 

Waktu itu wali kelas gw Pak Sakti, beliau ngajar Mat, Agama, Seni Musik, Seni Rupa, hahaha pokoknya hampir semua deh diborong, soalnya guru disana dikit. Tapi baiiik banget, gw ga akan pernah lupa sama Pak Sakti, oh iya klo marah super nyeremin. Trs pas upacara, gw selalu pingsan, ga tahan berdiri lama. Nah awal-awal baru pindah, selalu jadi bahan ketawaan karena gw ga bisa ngomong Jawa. Misalnya guru OR, Pak Agus namanya, waktu itu nyuruh gw kumpul kliping, tapi gw bikin kesalahan apa gitu, trs dy bilang, “Yo wis, wis kadung.” Trs dy nanya, “Tau ga apa artinya wis kadung?” Ya terang gw kaga tau lah. Trs dikerjain berdiri disana ampe gw tau artinya, gw ud kaya orang cengo dan bego di depan kelas, sampe akhirnya ada temen yang ngasi tau, artinya tuh “Udah terlanjur”. OMG!

Apalagi pelajaran bahasa daerah, bujuuuud, selalu merah nilai gw, dan ternyata bahasa daerah itu menarik lo, dy tu kaya Bahasa Inggris, ayam ama anak ayam, nyebutnya beda. Trs gw juga suka belajar tulisannya, Hanacaraka, itu kaya Jepang, jadi tinggal memadumadankan dan merangkai. Trus pernah gw disuruh nyebut, 2 itu apa? Ya gw jawab, “loro”, tapi langsung diketawain. Gw ga ngerti deh, kenapa? Bener kan 2 itu loro? Trs mereka ketawa karena gw nyebutnya loro dengan “O” berat diakhirnya, ada penekanan. Sedangkan loro buat 2 itu harus ringan, klo yang ditekankan itu artinya “Sakit”. JIAH, meneketehe wakakak. Anyway, kembali lagi soal bahasa, semua guru dan anak-anak ini mostly komunikasi pake bahasa Jawa, jd gw merasa sangat kesulitan. Gw sampe harus nyatet semua vocab yang biasa dipake di catetan kecil dan gw hafalin. Ternyata itu tidak sia-sia karena gw sekarang sangat jago bahasa Jawa! HAHAHAHA! (*ketawa bangga, ya iyalah, udah 7 taon*)

Lalu, tiba-tiba gw jadi sangat pinter waktu itu haha. Dari yang hampir ga naik kelas dan dibenci guru-guru karena males di Jakarta, jadi pinter, berbakat, dan disayang guru di Kediri, haha. Kayanya bakat-bakat gw kluar semua dan kepercayaan diri gw juga timbul di lingkungan baru yang ga menekan ini. Ditambah lagi pelajarannya kayanya 2 level lebih gampang, apalagi Matematikanya. Kapan sih gw pernah dapet 100 buat Matematika? Yah cuma di Kediri doank yang bisa. Hahaha. Jadi kesimpulannya, bukannya gw yang tambah pinter, cuma standarnya aja yang lebih rendah wkwkwk. Klo kaya Seni Rupa, Seni Musik, itu di Jakarta udah lebih advance, jadi begitu di Kediri, karya gw terlihat bagus, padahal itu semata-mata karena sudah pernah gw pelajari di Jakarta. Tapi toh gw seneng, gw ngerasa dihargain disini, gw bisa berekspresi dengan bebas dan menyalurkan bakat-bakat gw, sampe guru gw suruh ikut lomba gambar, dan gw juga jadi rajin karena gw ngerasa pelajarannya gampang. Hasilnya, dapet ranking 2! HAHAHA. Tapi belom, masih belom berubah disana, cuma karena SD Petra itu sekolah Kristen, ada kebaktian tiap Sabtu pagi & disana gw ikut nyanyi-nyanyi lagu rohani. Awalnya gw Budha, seperti semua keluarga gw.

Lalu skip sampe SMP kelas 2, gw ga tau apa karena kebiasaan ikut kebaktian dan pelajaran agama di sekolah Kristen juga adalah tentang Yesus, gw ngerasa waktu itu Yesus sangat dekat sama gw, ada di dalam hati, bukan di luar. Dan entah kenapa, gw merasa klo gw sayang sama Yesus, padahal gw belom seberapa kenal Dia, gw ga tau klo Dia mati buat manusia, seberapa parah disiksanya, semuanya gw ga tau. Gw cuma merasa damai sama Yesus, dan pada saat itu gw putuskan buat jadi pengikut Yesus. Gw ikut katekumen (persiapan sebelum baptis) di gereja Katolik ama temen gw, Maya, dan gw juga dibaptis secara Katolik (dipercik) di Gereja Vincentius 10 April 2003 dengan nama baptis Hedwig. 

Nah disini gw mulai memperdalam pengetahuan gw tentang Yesus, tapi gw sadar, gw hanya merasakan cinta yang dangkal, karena gw ga tau gimana cara menyampaikan cinta gw. Klo gw di gereja, gw jarang dgr firman, gw cuma ngobrol-ngobrol ama temen gw, bahkan kadang-kadang gw males ikut kebaktian dan cuma masuk waktu komuni, ampe ada pengurusnya yang marahin kami, karena seenaknya, udah ga ikut kebaktian, tinggal ambil komuni doank, klo ikut kebaktian, malah ribut, main HP mulu. Gw jg ga pernah nyentuh Alkitab gw (yang dikasih gereja waku dibaptis).  Sampe gw sempet dibaptis Krisma juga yang maksudnya adalah sakramen pencurahan Roh Kudus, tapi gw ga merasakan apa-apa, apakah Roh Kudus itu bener-bener masuk ke diri gw? HEHE, pokoknya pertanyaan-pertanyaan yang gw penasaran tapi ga tau jawabannya dan ya udah, gw cuek aja.

Gw suka Katolik karena agama ini ga pernah nyari ribut sama agama lain. Seperti Hindu dan Budha, mereka focus buat melakukan perintah agama dan ga pernah kepo ngurusin orang lain, ya seperti yang kita tau klo selama ini yang selalu berantem kan antara Islam dan Kristen. Gw juga merasa Kristen itu fanatik, selalu merasa paling bener dan maksa orang untuk masuk agama mereka, bahkan hina-hina Katolik. (Jangan ambil kesimpulan dulu ya dari apa yang gw katakan, baca ampe abis dulu hehe). Ga jarang gw menemui Kristen yang bener-bener menjelek-jelekkan Katolik di depan muka gw, padahal dia tau gw Katolik, dan itu menambah kebencian gw sama orang-orang seperti itu.

Begitulah jalannya iman gw yang pas-pasan, tapi ntah bagaimana Tuhan Yesus baik, Dia selalu ada buat gw. Waktu itu bingung mau SMA dimana, karena gini kondisinya, yang bayarin sekolah gw itu Om dan Tante gw, nah di Kediri itu SMA swastanya cuma 2, Petra, ama SMAK Agustinus (SMA yang nempel ama gereja gw itu). SMA Petra ini keadaannya udah bobrok banget, murid-muridnya terkenal rusak, ga berprestasi, pokoknya udah gada nama deh di Kediri. Jadi pilihan 1-1nya tinggal SMAK, tempat dimana orang-orang mampu berkumpul, cantik-cantik, ganteng-ganteng, gaul-gaul hehe. Tante gw ga mau gw masuk SMAK karena uang gedung pasti mahal, dan anaknya kan di SMAK smua, dy bilang tu musti les ama gurunya baru bisa dapet bagus, jadi tambah banyak pengeluaran tiap bulan. Dia suruh gw masuk Petra aja, dan waktu itu gw mikir, iyalah gw masuk Petra aja, toh klo di SMAK gw takut terkucilkan karena gw ga berduit, ga gaul, dan ga cakep hehe. Eh ternyata Tuhan baik, waktu gw mau masuk SMA Petra, mereka malah bikin program baru, yang merombak semuanya. Jadi bener-bener dirubah total, pake kurikulum baru, guru-guru baru yang masih muda dan gaul, gedungnya pake gedung SD Petra yang baru (pas kelas 10), sekolahnya jam 7 ampe jam 3 sore tapi Sabtu libur. Namanya Petra PROTANG, Program Tangguh hahahaha.

Jadi pas gw MOS itu, gw ga di-MOS oleh senior, yang berarti gada yang namanya kerjain-kerjain, soalnya yg bikin programnya guru sih, haha. Dan angkatan gw itu angkatan pertama Protang, jadi gada kakak kelas yang nyebelin, kita penguasa sekolah hahaha. Satu angkatan tu ga sampe 50 orang. Guru-gurunya baik-baik pas gw kelas X. Ini bener-bener surga, kita makan siang di sekolah, kita PD bareng, dan entah bagaimana gw jadi OSIS, gw jg ga ngerti mereka milih berdasarkan apa, haha. Trs dengan system baru ini, bukannya guru menerangkan dan siswa mencatat, tapi bener-bener mengadopsi pembelajaran gaya Barat yg muridnya harus aktip. Disana gw belajar presentasi pake powerpoint, bikin mindmap, bikin karya-karya, simulasi tsunami, peta raksasa Indonesia dari Koran bekas, rumah adat, baju adat, pokoknya bener-bener ke eksplor deh kreativitasnya. Gimana gw ga bersyukur sama Tuhan? Yang gw pikir bakal jadi masa SMA yg suram malah berubah jadi LUAR BIASA!

Nah di SMA Petra inilah gw bertemu seorang wanita bernama Mam Anik. Dimata gw dia ini seorang guru Bahasa Inggris yang luar biasa, pinter, sabar, ngajarnya enak, asik, pokoknya sempurna lah. Tiap pelajaran Bahasa Inggris gw bakal super niat, begitu juga temen-temen gw yang lain. Dan dy ga pernah ambil gajinya, gajinya dipake buat beli voucher makan ato bayar SPP anak-anak yang ga mampu. Pokoknya kaya malaikat. Tapi karena Mam Anik ini ternyata hamba Tuhan, dia ini sering pergi-pergi, nah dia ga mau klo anak-anak banyak jam kosong, karena anak-anak kan bukan robot yang tinggal dikasih tugas doank kan. Jadi Mam Anik mundur deh, ga ngajar lagi. Sedih banget ga sih, pas perpisahan tuh kita anak-anak nangis semua, Mam Anik juga nangis, huhuhu. Kirain ga bisa ketemu Mam Anik lagi, dan kita udah kehilangan guru Inggris yang sangat OK. Pas pelukkan 1-1 itu, Mam Anik bisik, “Kamu pasti bisa jadi penulis yang baik.” à EH SERIOUSLY gw baru inget ini lagi pas ngetik ini, selama ini gw lupa, dan pada saat inget ini gw bener-bener kaget, bahwa Mam pernah mengucapkan ini, sementara sekarang gw mulai mendalami hobby menulis gw, gw jadi ngerasa kaya Tuhan sedang menggenapi perkataan Mam pada saat itu! OMG!

Dan ternyata, rumah Mam Anik sangat dekat dari sekolahan hahahaha. Anak-anak jadi sering main dan jadi les Inggris disana karena Mam Anik terima les Inggris. Mam juga suka bikin persekutuan di rumah dan anak-anak jadi ikut juga. Waktu itu gw ga les, karena duit buat makan aj gw cukup-cukup doank, haha, jadi gw ga tau. Trs temen gw, Ernest & Dea ngajak, yuk ikut persekutuan di rumah Mam Anik. Waktu itu selesai firman, kan kita doa penyembahan, pada saat itulah Mam Anik tumpang tangan di kepala gw dan doa-in gw buat melepaskan kasih pengampunan buat bokap gw. Gw kaget, loh tau darimana, gw ga pernah cerita. Semua yang ada di hati gw, Mam doain dan tepat semua, gimana gw ga usah khawatir tentang masa depan gw yang ga jelas, gw usah mikirin apakah ntar ada seorang pria yang tulus sayang sama gw, ga usah menyimpan dendam buat bokap gw karena Tuhan yang akan menghibur gw, OMG!! Gw jadi menangis tersedu-sedu pas saat itu, apalagi Mam klo doain orang tuh, dia ikut nangis! (Belakangan gw baru sadar, kesedihan gw tu kayak e transfer ke hatinya saat Roh Kudus bermanifestasi). Jadi dari situ, gw selalu PD setiap minggu sama temen-temen gw, Ernest, Dea, Feilly, Tempe, Djohan, Robby, Yuwono, Iwan, Mela, Asih, Edo, Yudi, Alex, Nindi, Maria, dll.

 (waktu rayain ultah Ernest di panti asuhan)

 (waktu PD di Selopanggung)

(waktu Natalan 2006 sama Om Eka di rumah Mam, hias mistletoe)

Dari situlah gw baru mengerti hidup baru setelah menerima Yesus tu kaya apa, hidup yang berkenan tu kaya apa, yang Tuhan mau tu kaya apa, kepenuhan Roh Kudus tu kaya apa, gunanya baca Alkitab tu apa, pelan-pelan, setiap minggu gw makin tau semuanya itu. Gw baru tau tentang Roh Kudus, karunia-karunia, buah-buah Roh, dll dsb. Dan ternyata waktu Mam Anik tumpang tangan kok dy sampe tau semua yang gw alamin, itu Roh Kudus yang ngasih tau dia. Oh iya, persekutuan ini emang persekutuan Kekristenan, jadi pake tata cara Kristen. Tapi di persekutuan ini, ga mengatasnamakan agama, ga cuma buat yang Kristen aja, malah beberapa dari kami Katolik. Jadi Kristennya tu Kristen istilah untuk pengikut Yesus, bukan agama. Mam Anik juga selalu menekankan, agama itu buatan manusia, Tuhan ga pernah menciptakan agama, jadi jangan berpatok sama agama. Yang penting klo hati kita cinta ama Yesus, ya udah, berarti kita percaya Yesus Juru Selamat, dan dasar iman kita adalah Alkitab, terlepas dari agama apa pun, Tuhan kan yang melihat hati dan menilik batin, kita tidak akan dihakimi berdasarkan agama kita.

Jadi gw tetep ke gereja Katolik, gw masih seorang Katolik, cuma gw percaya bahwa hadirat Tuhan bener-bener nyata di persekutuan ini, karena rahasia-rahasia masa depan disingkap, nubuat-nubuat muncul, hal-hal yang ajaib dan ga pernah gw bayangin sebelumnya, bener-bener nyata, dan gw tau ini emg Tuhan yang bekerja, karena sekali lagi, kita selalu back to Bible. Emang di Alkitab itu ada tentang karunia-karunia Roh Kudus, jadi klo orang bertanya sama gw, “Kok kalian sesat sih, bahasa roh, penglihatan, ramalan (nubuat, bukan ramalan. Klo ramalan tu dari manusia, nubuat tu dari Tuhan), ngusir roh jahat.” Gw cuma bisa bilang, semua itu ada di Alkitab kok, klo ini terdengar aneh, mungkin perlu dibaca lagi Alkitabnya hehe, di Kisah Para Rasul, Korintus, dsb. Gw cuma bisa bilang bahwa semua itu nyata, bahwa 9 karunia Roh Kudus emang disediakan buat kita, tergantung apakah kita mau meraihnya ato ngga, karena itu anugrah.

Dan memang Mam Anik selalu menekankan, bahwa karunia-karunia emang penting, tapi yang lebih penting adalah buah-buah Roh (Galatia). Orang yang kepenuhan Roh Kudus memang akan mendapatkan karunia-karunia, tapi orang yang penuh Roh Kudus, bakal memancarkan buah-buah Roh dalam kehidupan mereka. Percuma bernubuat, penglihatan, bahasa roh, klo di hidupnya ga menghasilkan buah-buah Roh. Gw dan temen-temen pun masih berjuang dengan ini, karena kita tau, Roh penurut sementara daging lemah. Kita pun masih belom bisa memancarkan buah-buah itu sepenuhnya, dan kita masih berjuang.

Dan mungkin sekarang pun masih ada hal-hal jelek dalam diri gw dan temen-temen gw, tapi buat yang tau cerita dari masing-masing kami, keliatan banget perubahan dalam diri ini setelah terima Yesus dan Roh Kudus. Perubahan yang luar biasa, yang bakal panjang banget klo dijabarkan disini. Tapi satu hal yang pasti, Tuhan Yesus bener-bener mengubahkan hidup kita, karakter kita yang keras dan jelek, yang suka ngelawan orang tua, tukang nyontek, yang keliatannya mustahil tapi diubahkan juga.

Dan seiring perjalanan Alpha Omega (nama tim persekutuan ini), kita makin melihat banyak keajaiban, makin banyak hal-hal yang luar biasa. Kita liat gimana janji Tuhan tergenapi, nubuat jadi nyata, contohnya suami dari seorang anggota yang akhirnya diubahkan Tuhan dan mau terima Yesus, ato orang tua dari temen gw Iwan, mamanya dibaptis taon lalu. Ajaibnya, emang sebelumnya ada nubuat ini. Yang suaminya akhirnya terima Yesus ini, dia catet waktu 8 tahun lalu dy dapet nubuat ini, dan pas kita kumpul, ini dibacakan. OH TUHAN, LUAR BIASA, SEMUANYA TEPAT, SEMUANYA DIGENAPI.  Gada 1 hal pun yang kelewat!

Dan 5 tahun lalu, gw dan Iwan dapet nubuat yang sama, karena pergumulan kami sama, kekuatiran apakah orang tua kami akan dapet keselamatan. Waktu itu kita dapet nubuat ini bareng, karena Iwan disebelah gw juga, Tuhan bilang, “Iwan & Martina anak-Ku, percayalah akan janji-Ku ini, Aku sendiri yang akan membuka pintu keselamatan bagi orangtuamu.” Dan ternyata bener, 2 tahun lalu pas gw pulang Kediri, mama Iwan dibaptis, dia udah percaya Yesus (dan cerita dibalik ini luar biasa) yang keliatannya ga mungkin banget, dan dia bahkan sekarang lebih rajin baca Alkitab dari Iwannya sendiri hahaha. Dan gw memegang kukuh janji Tuhan itu buat orang tua gw juga, walopun keliatannya ga mungkin. Mami gw ini, keluarganya emg menyembah dewa, mau di injilin kaya apa juga mami ga akan ngerti. Bukan karena dy bebal dan ga mau percaya, dy ga ngerti, karena yang ada di pikirannya, Tuhan ya Tuhan, mami ga ngerti Yesus. Tapi makin kesini, kok gw makin merasa mami mulai mengerti walo lum sepenuhnya, dan gw bakal tenang-tenang aja, karena gw tau janji Tuhan ‘YA” dan “AMIN”, yang penting gw taat dan setia mendoakan orang tua & keluarga gw.

Oya, akhirnya 3 tahun lalu pas gw pulang Kediri, gw dibaptis selam. Sekali lagi gw ga menekankan tentang agama disini, apakah gw berubah dari Katolik jadi Kristen, gw cuma menjalankan apa yang Alkitab tulis, karena di Alkitab itu gada baptis percik, baptisan selalu selam. Dan itu ada artinya, sehingga bukan cuma ngomongin ritual agama disini, tapi dalam baptis selam, itu kaya pengukuhan bahwa kita menerima Yesus dengan membiarkan Dia membasuh hidup lama kita (ketika kita diselamkan dalam air) untuk memulai yang baru. Dari di Kediri, waktu Om Eka (kakek rohani kami haha) dateng dan ngebaptis temen-temen gw yang emang lum pernah dibaptis, gw tanya mami apa boleh gw dibaptis lagi, dan mami bilang, ngapain sih, pindah-pindah agama mulu, sama aja lah. Gw tau mami ga ngerti tentang ini, bahwa ini bukan soal agamanya, tapi pemantapan niat gw buat jadi pengikut Yesus yang radikal, jadi gw ga ngebantah.

(Ga sadar klo di-poto haha)

Sampe gw udah kuliah ke Jakarta, dan gw mudik ke Kediri pas bulan Desember itu, gw dan beberapa temen gw, sama kondisinya, ragu, karena ga diijinin ortu. Tp Tuhan ingetin, jangan takut sama manusia, itu urusan-Nya. Eh akhirnya bener lho ajaib, ortu temen gw yang menentang habis-habisan, pas ditelpon buat minta ijin, akhirnya setuju. Alasannya menentang kan karena nanti anaknya ga boleh pegang hio lagi dan ga bisa sembahyang, tapi anehnya Tuhan lembutkan hatinya dan jadi boleh.

(Pdt. Andreas Eka Purnama, my dear godrandpa)

Nah pas mau dibaptis itu gw nangis terus, soalnya gini. Pas gw udah persekutuan ama Mam di Kediri dan dia doain supaya gw ampunin bokap gw itu, gw udah ampunin. Eh ternyata pas gw balik ke Jakarta, gw baru mengetahui suatu kebenaran yang lebih parah lagi yg gw ga pernah tau sebelumnya. Jadilah luka gw robek lagi dan gw ga bisa ampunin bokap gw lagi. Nah begitu mau dibaptis, gw ga pengen gw masih nyimpen dendam ama bokap gw. Tapi gw ga bisa ampunin dy, ga bisa. Jadi gw ragu, gimana mau dibaptis klo masi nyimpen dendam gini. Trs Mam Anik memberikan kata-kata penghiburan dan kesaksian tentang gmn dy ampunin bokapnya, baru saat itu gw bertekad, ya udah, mau lepasin berkat kasih pengampunan lagi. Sepanjang perjalanan ke tempat baptisnya, temen-temen doain gw di dalem mobil. Nah begitu udah disana, udah deh, gw dah diselimuti kedamaian dan udah mantep buat ampunin bokap gw. Pas gw udah nyemplung ke air, kita berdoa dulu. Eh Om Eka bernubuat, kata Tuhan, “Dengan melepaskan kasih pengampunan ini engkau telah menyenangkan Aku.” Huhuhu jadilah air mata bercampur ama air kolam waktu di selamkan itu. Haha, tapi luar biasa rasanya.

(baru nyampe TKP, Wisma Yohanes, lum nyemplung)


(empal dibaptis)

(Selesai dibaptis ama Empal, Djohan, & Devi)

Dan klo ngomong tentang Mam Anik, gw selalu nangis. Gw ga tau kenapa. Tiap gw peluk dy setiap baru ketemu setelah 1 tahun berpisah, ato klo di stasiun dy anter gw balik ke Jakarta, gw selalu nangis, sekarang ngetik ini aja gw udah berkaca-kaca. Mungkin ini yang terjadi klo ada orang yang bener-bener menjangkau ke dalam jiwa kita kali yah, karena Mam Anik-lah gw mengenal Yesus seperti sekarang. Mam yang motivasi anak-anak supaya setia sama Tuhan, dan klo kita bandel, Mam akan ngomelin kita, tapi dengan kasih. Mungkin kita udah ribuan kali sebenernya nyakitin Mam, tapi Mam selalu sayang sama kita, doa-in kita. Penrgorbanannya buat AO udah ga bisa terhitung lagi, gara-gara kita, dy difitnah orang juga, gara-gara kita masih jadi batu sandungan, tapi Mam tetap yakin klo nanti kita bisa jadi anak-anak yang dipake Tuhan. Mam ini, mau dijahatin gimana pun dy ga akan marah, dy cuma akan lepasin kasih pengampunan. Mam juga yang selalu nasehatin kita supaya jaga kekudusan, jangan pacaran dulu, jangan buru-buru, temenan aja yang banyak. Mam juga yang ingetin kita buat sabar nunggu yang datangnya dari Tuhan, bukan dari nafsu & pandangan kita aja.

 (Mam Anik K Suharianto, my dear godmother)

Mam yang ga capek-capeknya ingetin kita untuk perpuluhan, karena perpuluhan itu hak Tuhan. Dia kesaksian terus tentang bagaimana hidup tidak akan kekurangan, malah akan jadi berlimpah-limpah ketika kita perpuluhan (SANGAT BENAR, I’VE PROVEN THIS!). Mam yang ingetin harus prioritasin Tuhan jadi yang nomor 1 dalam hidup kita, supaya rajin baca Alkitab dan minta hikmat, supaya setia mendoakan orang tua & keluarga kita, supaya kita berubah, ga ngelawan orang tua lagi. Waktu SMP SMA gw sering banget berantem ama mami, dank lo berantem, karena dua-duanya ga mau kalah, pasti kita teriak-teriak, sambil nangis sampe serak pokoknya berantem yang amat sangat dahsyat, tapi karena nasehat Mam, gw dan temen-temen gw jadi berubah pelan-pelan.

(Mam Anik, Om Heri, Michael, Matthew)

Emang ga drastis, tapi ada keliatan perubahannya, sampe para orang tua pun mengakui itu ke Mam, “Wah, cik, anak saya sekarang berubah lo, dulu itu bebal ga pernah mau dengerin mamanya, tapi klo omongannya Mam Anik kok mau denger to? Tapi ya baguslah, sekarang udah mau denger kata-kataku,” begitu kata mami temen gw. Mami gw ga pernah curhat-curhat ama Mam Anik, tapi waktu itu ada temen mami yang Kristen namanya Ie Gua In, nah Ie Gua In ini cerita ama gw, pas dy nginep (gw di kos), kan dy ngobrol-ngobrol ama mami tentang Kristen, trs mami cerita, kalo semenjak ikut PD anak gw udah berubah, ga sekeras dulu. Waaaa seneng deh, hehehe, apalagi pas udah kuliah, jarang banget berantem ama mami, yang dahsyat berantemnya cuma 1 kali, itu juga salah paham.  Gw lepas kontrol karena mami ga percaya sama gw, jadi emosi dah hoho.

Trs waktu itu kita belajar puasa Ester, nginep dirumahnya Mam, hehe. Pas hari ke-3, masak bareng dan berbukanya luar biasa nikmat ampe sakit perut karena makan kekenyangan. Kenangan yang sangat berharga, waktu itu Om Heri masak bubur, trs malah kita cewe-cewe berbaringan karena lemes wakakak. Sungguh suami yang baik. Trs akhirnya kita bikin pudink-pudink buat dessert.  Itu juga sebelumnya mami ga kasih ijin, soalnya ga masuk akal banget dan mami takut gw sakit, tapi ntah bagaimana Tuhan lembutkan hatinya, tau-tau boleh, jadi bisa ikutan deh hehe. Kata Mam, ini dibagi jadi 3 bagian. Hari pertama itu dimensi daging, nah hari kedua yang paling berat soalnya dimensi jiwa. Hari ketiga bakal jadi enteng karena udah dimensi roh dan itu Roh Kudus yang ambil alih, ternyata bener loh, pas hari ke-3 udah enteng, udah ga brasa pengen makan ato minum, tinggal nunggu waktu berbuka aja. Namanya puasa Ester karena ini yg dilakukan Ester, ketika menghadapi pergumulan berat. Ada macem-macem puasa, ada puasa Daniel, Yesus, Musa, dll, dan semuanya itu ketika kita ada beban ato pergumulan.

(Natalan di dalem rumah Mam Anik)

Rumah Mam di Persada Asri ini sungguh rumah kenangan. Disini, ada ruang les buat anak-anak Les Inggris di sisi kanan, trs tengah ini luas dan kosong buat PD ato anak-anak main Badminton hahaha. Bener-bener kita nih anak-anak ga tau diri, main badminton di ruang tamu orang, hancurin rumah Mam, wkwk. Itu piano Opa, trs Komputer yang dipake main Insaniquarium bareng MicMat. Karpet ini juga setia banget, tiap PD dimanapun pasti ngikut deh. Sofa abu-abu yang jadi tempat duduk-duduk kita, ini rumah tempat banyak hal terjadi, puasa, pelepasan ilmu hitam & roh jahat, nangis-nangis, nyanyi-nyanyi, kesaksian, ketawa sukacita,  tempat kita belajar bawa Firman dan jadi pemimpin pujian, tempat kita tiap hari UAN kumpul buat doa dan makan bakso Pak Said.

Mam juga yang udah nasehatin kita supaya berhenti nyontek, tau lah, anak SMA, ya kan, hidupnya penuh dengan nyontek. Waktu itu kita ambil langkah frontal, justru pada saat UAN kita bertekad ga mau nyontek dan menyonteki, cuma mau ngandelin Tuhan aja. Kenapa ga boleh nyontekin orang juga? Soalnya ayatnya sama, “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan hatinya menjauh dari Tuhan.”-Yeremia 17:5. Jadi ketika nyontek itu, kita dosa karena mengandalkan cara-cara kita yang ga jujur, padahal Tuhan udah sediain hikmat & kecerdasan dari Surga buat kita. Klo nyontekkin juga sama, kita membuat orang jadi mengandalkan kita. Dan justru pada saat itulah SMA gw menghalalkan segala cara untuk meluluskan murid-muridnya, termasuk mengusahakan supaya kita dapet jawaban dari guru ato pengawas. Banyak orang menganggap jawaban dari pengawas itu mujizat, tapi sebenernya, bukannya itu lebih tepat disebut cobaan? Ya kan? Masa Tuhan ngasih mujizat pake cara curang? Kitanya ga belajar trus tinggal mengandalkan pertolongan Tuhan lewat cara curang itu? Kan aneh? 

Waktu itu 1 pengawas juga sempet ngasih tau gw 1 jawaban, karena dy liat gw udah selesai. Dia baca lembar jawaban gw dan dy tunjuk 1 nomor, suruh gw periksa lagi. Begitu gw periksa, eh ternyata emg gw kurang teliti. Pelajaran Bhs Inggris, tapi ya udah, klo gw rubah berarti udah ga jujur kan, jadi ga gw sentuh. Ternyata pas hari pengumuman, nilainya dapet 98, yang berarti klo waktu hari ujian gw ngrubah jawaban gw, gw bisa dapet 100. Tapi apa bisa bangga dengan hasil segitu klo caranya ga berkenan buat Tuhan? Justru dengan cara jujur, secara tidak terduga malah NEM gw paling tinggi waktu itu hahaha. Ajaib tuh, soalnya ga mungkin banget, Ekonomi gw kan pas-pas an. Dan prinsip ga nyontek-dan-menconteki itu gw pegang terus selama kuliah. Itulah kenapa klo ada temen yang minta nyontekkin, gw ga bisa jawab, dan sesudah itu pas keluar dy bilang, “Pelit lo wig.” Gw ga enak karena ga bisa bantuin, tapi mau gimana lagi?

Nah dari perjalanan ini gw juga jadi tau, bahwa yang gw anggep jelek tentang Kristen itu ga sepenuhnya betul. Memang ada Kristen fanatik yang selalu jelek-jelekkin agama lain, bahkan bisa maki-maki agama lain, tapi dari situ kan keliatan buahnya? Kalo yang kaya gitu bukan Kristen yang bener-bener hidup dalam Roh. Dan gw jg mengerti klo kadang-kadang orang Kristen itu bukannya maksa, mereka cuma rindu berbagi kabar keselamatan dan sukacita, tapi cara mereka salah, jadi kesannya memaksakan kehendak deh. Itu kalau Kristen mereka adalah Kristen agama, tapi klo Kristen mereka adalah Kristen sebagai hubungan pribadi dengan Tuhan, Roh Kudus pasti pimpin kok supaya Tuhan sendiri yang jamah hati orang, ga usah kita yang memaksakan kehendak. Tuhan akan kasih hikmat dalam perkataan kita sehingga orang yang mendengar bisa ikut merasakan kuasa Yesus, ga usah dengan hina-hina agama lain. Hoho.

Dan ternyata luar biasanya, coba klo waktu itu gw ga masuk Petra, gw ga akan pernah bertemu Mam Anik dan mengenal Yesus seperti sekarang. Apalagi klo gw ga pernah ke Kediri dan bertemu mereka, gw ga tau akan jadi apa hidup gw sekarang. Dan yang Mam Anik doakan buat gw tentang gw ga usah kuatir tentang masa depan itu, itu juga udah dijawab Tuhan, dan kesaksiannya bakal gw certain setelah wisuda. Dan yang Mam Anik doain gw, jangan kuatir, Tuhan udah menyediakan seorang pria yang special buat kamu, itu anehnya, beberapa bulan kemudian, gw pernah mikir gini, “Ntar pengen kaya Mam Anik ah, bisa pelayanan bareng suami,” tapi cuma pikiran numpang lewat aja. Eh beberapa hari setelah itu, Mam Anik bilang, “Mar, kamu mau suami yang nanti bisa melayani Tuhan sama-sama kamu to? Tenang, nanti Tuhan siapkan.” Trs gw KAGET! HAHAHA. “Loh kok tau, Mam?”, dan Mam jawab, “Ya tau donk,” sambil tersenyum misterius haha.

Jadi dari situ, gw ga akan resah lagi apakah gw akan menemukan pria yang tepat, yang baik, yang sayang sama gw, karena gw tinggal pegang janji Tuhan. Gw tinggal nunggu seseorang yang udah disiapkan Tuhan itu datang ke dalam hidup gw, pria yang lebih sayang Yesus daripada gw. Seperti janji sebelumnya yang udah digenapi, diantaranya adalah tentang masa depan, dan yang lain-lain. Tuhan ga pernah ngecewain gw, Dia selalu tepati janji-Nya selama gw taat dan setia. Dan Dia udah mengirimkan keluarga yang luar biasa buat gw, Alpha Omega, dengan mama, papa, dan sodara-sodara rohani yang akan gw syukuri sampe akhir hidup gw. Karena gw merasakan kasih Tuhan juga lewat mereka semua. I'm so grateful for these incredible blessings You've given to me, Jesus! =)



8 comments:

  1. w0w... ak jadi tambah kuuuuuuuaaaaaaannggggggeeeeeennnn b mam b AO.. iya, ketemu mam & AO adalah hal2 yg akan selalu kita syukuri selama hidup kita.... GOD is awesome... ak sampe g g ngerti meh komen opo, kehabisan kata2... ow y, soal puasa hari pertama sampe ketiga iku ak lali e le hari pertama daging kita yg disalibkan dst.. hahahaha... kog koe sek eling to?? haha... terberkatilah org2 yg membaca artikel iki... lebih lagi, diberkatilah kau Mar...
    ^^

    ReplyDelete
  2. its me Edo.. hmmm nice writing wig, i'll tag you two on my notes

    ReplyDelete
  3. Gw rasa gw tau siapa mam Anik. gw pernah les bahasa inggris sama dia. Orangnya baik banget.... dia yang bisa bikin gw lancar ngomong inggris.

    ReplyDelete
  4. Betul! Kalo ngajar enak banget! Btw ini siapa ya? Orang Kediri ya?

    ReplyDelete
  5. Om eka pelayanan juga ya di kediri? GSII juga kah dirimu?

    ReplyDelete
  6. luar biasa :) merasa terbeerkati ,memang karunia Roh dan buah Roh itu bagaikan mata uang yang tidak bisa di pisah kan :)

    ReplyDelete
  7. Halo-halo.
    Iya kadang-kadang Om Eka dateng ke Kediri. Pas di Jakarta pernah ibadah di GSII cuma bukan jemaat sana hehe.

    ReplyDelete