Sunday, February 20, 2011

STRUGGLE IN THE LAST SEMESTER

Tiba-tiba jadi inget klo lom nulis soal semester 7, haha, semester super padat yang menyenangkan. Mari kita mulai dari awal. Mulai dari Juli adalah libur peralihan dari semester 6 ke semester 7, lamanya 2 bulan 20 hari, dan masuknya 20 September 2010. Waktu itu gw ga pengen libur berakhir, abisnya masuk-masuk musti ngadepin skripsi haha. Jadi setelah bersantai-santai dan bersenang-senang selama 80 hari itu, dan bisa dibaca disini: Cerita Liburan 80 Hari, mau ga mau masuk juga hehe dan mulai bimbingan. Waktu itu sms Mam Asma tanya kapan dia datang ke kampus, dan ternyata hari Kamis jam 10an, padahal gw ada kuliah! Jadi sampe Oktober gw belom mulai bimbingan. Akhirnya setelah diskusi ditemukan waktu hari Selasa jam 1, itupun gw harus keluar kelas Interpreting lebih awal dan ga dapet restu penuh dari dosen gw. Jadi waktu bimbingan itu bener-bener nyari celah doank deh, karena masalahnya gw masih ada kuliah pagi 14 sks, jadi bentrok waktunya. Puji Tuhan masih dikasi waktu nyempil-nyempil itu ampe bisa bimbingan hehe. Walo bimbingannya juga cuma 20 menit-an rata-rata tiap pertemuan, saking sibuknya pembimbingku tercinta haha. 

Trus mulai bimbingan itu tanggal 10 Oktober, dan dari sana klo Kamis OFC gw bimbingan Kamis, klo ga bisa, gw bimbingan Selasa, dan juga banyak-banyak brainstorming ama dosen LC gw. Di Semester 7 ada pelajaran LC II, Research Seminar, CB IV, Interpreting, Advance English II, ama Tourism Marketing, dan kayaknya di semester ini gw paling banyak bolos dan ijin deh. Yang gw sama sekali ga pernah ga masuk & absen gw full itu CB ama LC. CB karena dosennya bilang klo absen ngaruh ke nilai, LC karena sayang klo ketinggalan pelajarannya, padahal dua-duanya pelajaran itu hari Kamis, hahaha, makanya gw pusink ga bisa bolos demi bimbingan. Trs yang paling parah Tourism Marketing, absen gw 6 biji kepake semua + ijin 2 haha. Gw aj ngerasa klo selama semester ini gw masuk kelas Tourism Marketing berarti cuma 9 kali wakakkak. 

Nah, semester ini sangat padat dan menyenangkan ditambah sedikit hectic di awal-awal, karena gw kerja jadi data entry kan kontraknya mulai pertengahan September ampe tengah Desember. Waktu bulan Oktober itu, begitu gw mulai nyusun skripsi dan masuk kuliah, kerjaan malah lagi numpuk-numpuknya. Gw bisa habisin 15 jam sehari di depan komputer buat masukkin tu data yang ajegile banyaknya. Dan gawatnya lagi, 23- 30 Oktober itu ada acara HIMSI Halloweeneuphoria, yang artinya gw harus (ga harus sih, tapi pengen temenin anak-anak laen biar jaga bareng) ada di kampus dari pagi ampe malem. Ini juga yg bikin absen banyak buat tiap pelajaran, haha. Tapi untuk CB & LC tetep masuk. Nah pas momen-momen ini gw ngerasa emang ga da waktu banget, gw ga da waktu buat FB-an ato SMS-an bahkan, bangun pagi tu ke kampus, pulang tu bisa ampe jam 10 malem dan harus kerja sampe jam 2 pagi, tidur, besok pagi bangun lagi, selama seminggu, sampe skripsi gw ga kesentuh sama sekali. Gw sampe harus batalin bimbingan untuk minggu itu karena gw ga da progress sama sekali buat ditunjukkin ke pembimbing, untung Mam Asma mau maklum. Oya, sempet bersumbangsih juga buat jurusan tgl 9 Nov nya pas Industrial Show Case, seneng di semester terakhir masih bisa melakukan sesuatu buat jurusan yg gw cinta banget! ^^

Ni pas hari terakhir Halloweeneuphoria!

Tapi walopun capek, gw seneng banget bisa ngelewatin momen-momen terakhir bersama HIMSI, dan ini kan semester terakhir kehidupan gw di perkuliahan, jadi pengen gw manfaatin sebaik-baiknya. Dan senengnya, ternyata walo kuliah sambil skripsi sambil kerja, masih bisa organisasi juga, walo skripsinya keteteran, tapi kan cuma 1 minggu hahaha. Nah selesai event itu, lanjut lah rutinitas biasa lagi. Trus 30 Nov-1 Des jadi escort buat bantuin Binus di ACM-ICPC, itu juga seharian dari pagi ampe malem, cape, pegel, tapi senengnya luar biasa. Beruntung banget di momen terakhir kuliah bisa ngerasain pengalaman berharga itu. Oh ya, ditambah jadi panitia LOTr buat 10-12 Desember 2010. :)


Dan ajaibnya bulan November gitu ga da kerjaan alias sepi sekali, jadi waktunya bisa dipake buat skripsi deh. Itu pun ga setiap hari, gw sadar gw sangat banyak santai dan gw agak menyesal dengan sikap itu. Mungkin karena gw pengen ngelewatin semester 7 dengan santai biar ga da penyesalan, akhirnya santai gw kebablasan deh. Maksud gw tu biar gw ga nyesel tar, masa semester terakhir kuliah gw isi dengan berkutat di depan komputer tiap hari buat kerja & bikin skripsi, gw pengen banyak seneng-seneng juga biar balance, haha, tapi kayanya endingnya ga balance, kebanyakan seneng-senengnya. Dan yang paling sering itu XXI-ing. 

Gw inget banget waktu itu gw ngasal bikin Chapter 2 gw dalam 1 hari ngebut, cuma buat kasi liat Mam Asma klo gw ada bikin progress. Akhirnya ternyata teori gw emg ga layak (Thanks to Mr. Akun) dan gw harus rombak, jadi untung gw bikin yang salah itu ngasal ya? Klo gw bikin sungguh-sungguh tar sedih dan rugi lah gw hahaha. Parahnya lagi, saking terlalu santai dan suka nunda-nunda, gw ngebut Chapter 3 juga 1 hari. Jadi hari Selasa gw kan harus ketemu Mam Asma, jadi gw ngebut itu di rumah hari Senin paginya bangun jam 5 buat ngerjain, ampe jam 10 karena gw musti balik Binus buat kuliah, trs jam 1 selesai kul gw makan dkk ampe jam 3, lanjut lagi kerjain sampe malem sekitar jam 1 pagian gitu, hahaha. Dan itu belom bener-bener jadi Chapter 3 nya, soalnya gw kerjain masih berdasarkan plot, jadi dari buku 1 smua aksi feminis nya gw jabarin & analisa, buku 2 juga, buku 3 juga, seterusnya gitu ampe buku ketujuh. 

Dan begitu gw kasih Mam Asma, dia bilang dia ngantuk baca skripsi gw karena gw cuma ngejabarin isi dari buku ke 1 ampe ke 7 hahahahha. Maap Mam bikin ngantuk, itu power of kepepet. Jadi stelah brainstorming ama Mr. Akun, gw memutuskan untuk mengelompokkannya jadi 4, Intelligence, Emotion, Independence, ama Physical Strength & Ability itu. Dan proses mengelompokkannya jadi gampang karena tinggal comot-comot aja dari yang uda gw kerjain dari 1 hari ngebut itu. Makanya klo temen-temen gw tanya mungkin ga ya skripsi mereka selesai, gw pasti jawab mungkin, karena nganalisa itu kan ga lama asal kita niat, yg bikin lama cuma proses brainstorming, bimbingan, mikir, baca, kuesioner, bla bla gitu. Penulisannya sendiri cepet dan ga kerasa tau-tau 60 halaman udah tercapai, percaya deh! :D

Cuma ya itu, yg bikin gw stress dan jadi momok menyebalkan tuh ngolah teorinya jadi komposisi yang scientific dan enjoyable di Chapter 2, gimana menyambungkan teori dari berbagai sumber jadi sebuah pengetahuan baru buat pembaca. Apalagi gw pake teori feminismnya Cixous dicampurin ama gender, ga da yang pernah pake itu, jadi gw musti bener-bener nyari dan nyoba semuanya dari awal, huhu. Mana nyari bukunya susah banget, gw ga rela keluarin duit beli buku sih, haha jadi modal minjem dan e-books, WOW, bener-bener BIG THANKS for e-books & google books! Tapi karena keterbatasan itu, penulisan Chapter 2 gw jadi ga lancar, abis klo google books kan ga semua halaman ada, mana musti print screen atu-atu, buset dah. Untung sekarang ada GooReader. Sayang sekali gw nemu ni software 2 hari sebelum gw sidang! Hahaha tapi ga percuma sih, bisa buat temen-temen yang laen. Pokoknya urusan teori ini paling bikin capek banget rasanya, apalagi klo udah bikin susah-susah ternyata disuru revisi, salah, aneh, ga bagus, tapi itulah baiknya pembimbing, ngerepotin kita biar kita dapet hasil yang baik hehe. 

Yang paling bikin gw seneng ya itu, masih bisa main, baca Harpot 7 biji wkwk, baca majalah, XXI-ing, jalan, dan ntn DVD! Hahaha gw pikir tu semester ini bakal ga sempet nonton DVD seri sama sekali, tapi malah berhasil namatin Sailormoon, Playful Kiss, My Girl, Mars, ama Witch Yoo Hee! + Film-film lepas lainnya, wkwk. Lumayanlah biar ga terlalu stress skripsinya, masi bisa dihibur ama cerita bagus. Oh iya tak boleh lupa disebutkan, masih sempet blogging juga wakakaka, sampe saat itu gw ngerasa gw parah banget, bukannya bikin skripsi malah nulis blog. Apalagi tiap menjelang UTS & UAS, tugas, project, paper, buset dah brasa minggu itu otak diperes banget. Wkwkwk tapi dengan Fil 4:13 semua beres. Dan pada tanggal 28 Januari 2011 gw kumpul itu softcover gw ke LIM, ceritanya bisa di baca di sini, Hari Kumpulin Soft-Cover. Yah intinya gw ngerangkum semua ini adalah, bahwa gw bersyukur banget bisa ngelewatin semester terakhir gw di Binus dengan padet dan bermanfaat. Pengalaman-pengalaman yang berharga sebelum gw bener-bener ninggalin Binus ini, ga bakal gw lupain seumur hidup. Dan sekarang gw cuma bisa lega, karena akhirnya gw bisa lulus dengan No Regret, karena bisa skripsi sambil seneng-seneng dan padet-padet tapi santai-santai ria. Makasi ya Bapa! :D

Buat cerita penuh keajaiban di hari-hari sebelum sidang, baca di Faith never Fails.

P.S Ternyata setelah nilai keluar, hasilnya luar biasa memuaskan, haha, kesimpulannnya cuma 1: 
Do your best, God will do the rest, as long as we surrender in Him, we will see the great result! Not because of our strength, but because of His grace! ^^

4 comments:

  1. "...nganalisa itu kan ga lama asal kita niat, yg bikin lama cuma proses brainstorming, bimbingan, mikir, baca, kuesioner, bla bla gitu." (Martina, 2011).

    lol
    anyway, gue SETUJU sama kalimat itu. Asal niat, serius, dan ada distraction ini itu, analisis dan penulisan itu mulus kayak jalan tol yang masih perawan. Yang lama di mencari mana yang pas, brainstorming, mencari kritik pedas (eh itu kripik yak?), dsb dll, dkk.

    Horeeeeeeeeeeeeeee, selesaiii semua!

    Marrri kumpulkan hardcoverrrr, olala~

    X

    ReplyDelete
  2. wakakkakakak.. betul betul..
    dan yg paling bikin lama itu adalah nunggu mentor meriksain kerjaan kita dan revisi lagi dan dicek lagi (makan waktu lagi) baru akhirnya dinyatakan OK. hahaha..

    u pasti kumpul duluan dehhhh hahahha notulen gw aj lom tentu keluar hr ni :))

    jgn lupa foto sama hardcover, wakakka kan ud ga punya malu di LIM, OK!

    ReplyDelete
  3. aku kangeeeeeeeeeeen, sumpah pengen nangis. hahahahaha... cita-cita gue pengen skripsi semester 7 jadi gagal karena semester 5 gw yang sangat buruk mengakibatkan IP turun. i envy you guys yang udah pada kelar.. terus sekarang gw udah 1 bulan ini (bulan april) ongkang-ongkang kaki gak ngapa2in, terlalu asik kerja dan kesana kemari. karena gw mikir udah kelar juga chapter 2 gw, tinggal chapter 3. tapi malessssssssssssnyaaa itu loooh, bener2 membunuh.. ihiikss. mana udah jarang ketemu temen-temen kampus pula untuk saling menyemangati ;(

    *iih gue curhat*

    ReplyDelete
  4. gw jg menyesal nih ama semester 3 gw, hahaha.. emg lu ga ktm temen2 dei? hang out gih!! hehe.. kelarin dulu chapter 3 nya baru santai dei, soalnya tar endingnya bakal bikin muak & eneg banget (sesuka gimanapun ama topiknya) jadi klo enegnya pas chapter 4 kan udah aman, gimana klo enegnya dari chapter 3? hehe.. yooow deisha yooowww, lanjuuuutttt!! XD

    ReplyDelete