Friday, January 07, 2011

CAMPUS MISS TO BE

Ini akan jadi ocehan panjang. Semoga di masa depan ada yang analisa tulisan ini pake stylistic wkwkwk.


Tak terasa, gw sedang menapaki masa-masa terakhir perkuliahan gw.
Hal ini paling kerasa, bukan karena skripsi.
Bukan karena lagi di semester tujuh.
Bukan karena udah 3,5 tahun lamanya.
Tapi ini paling berasa ketika gw membereskan kamar kos gw.
Kamar kos yang kayaknya sebulan ga gw bersihin karena sibuk wkwk.
Dan karena udah taun baru gw membersihkan kamar gw sampe sekinclong-kinclongnya.
Baju yang udah jarang gw pake udah gw masukkin tas-tas buat siap digotong ke rumah.
Buku-buku kuliah udah gw taro di luar buat dipindahin ke sekre biar jadi warisan.
Novel & DVD uda gw kelompokkin jadi satu tempat, ga lagi berceceran.
Kertas-kertas materi kuliah, well, gw yakin itu udah ada di penampungan sampah sekarang.
Dan pada saat itulah gw sadar.
Kalo waktu gw tinggal di kos ini mungkin kurang lebih cuma tinggal sebulan lagi.
Januari ato selambat-lambatnya Februari gw ga ngekos lagi.
Karena semuanya udah selesai.
Yep.
Kehidupan kampus udah mau selesai.
Kehidupan kos juga otomatis bubar.
Ga akan ada bingung mau makan dimana di sekitar Binus karena udah bosen.
Ga ada lagi jalan di tengah kemacetan menuju Anggrek-Syahdan, dari kos-kampus.
Ga ada lagi was-was gara-gara udah telat ke Kijang tapi M24nya malah ngetem.
Tapi kembali ke soal kos, kemaren pas bersih-bersih dan sadar.
Kalo gw udah 3 taon lebih tinggal di kamar ini.
Kamar ini punya banyak cerita.
Tempat gw nempelin kata-kata, poster-poster, gambar Lee Dong Wook, kalender Samoyed.
Ga ketinggalan juga Preposition List, Gerund and Infinitive List, dan menu-menu makanan buat delivery.
Bakmi Kaget, Kuetiau 79, Kuetiau Jumbo, Warung Kito, Kantin ini, Kantin itu.
Kamar yang jadi tempat buat ngerjain tugas kelompok, ato nongkrong selagi temen nunggu dijemput.
Kamar yang jadi tempat gw pusing-pusing bikin paper ampe subuh.
Dan jadi saksi bisu momen-momen spesial bersama seseorang.
Momen yang bikin gw ga bisa tidur dan terngiang-ngiang.
Kamar yang jadi saksi kemalasan gw dan waktu ujian gw Sistem Kebut Sepagi.
Kamar yang jadi tempat berbagi sama Eiuol, Ouiel, dan Erick.
Kamar tempat gw nonton DVD dan karaoke gratis.
Dan kamar yang selalu sesak oleh barang-barang sampah wanna be yang suka gw bawa pulang.
Tempat gw sakit, sehat, seneng, nangis, ngakak, bengong, ngelamun, diem, ngomel, kesel, dan depresi.
Tempat gw merasakan nikmatnya adem di kala hujan dan gerah di kala panas.
Gawat, sekarang gw terlalu banyak ngomongin kamar gw.
Padahal intinya gw mau ngomongin masa-masa terakhir di Binus.
Nanti ada sendiri masa-masa kuliah di Binus.
Ini fokus ke masa-masa terakhir dulu.
Yah, akhirnya setelah kamar gw kinclong gw potret dari segala sudut.
Buat jadi kenang-kenangan nanti klo gw uda tua.
Kayaknya gw ntar musti poto kos gw dari depan juga deh.
Ngomong-ngomong soal masa-masa terakhir.
Dulu koko gw pernah bilang, nikmati masa-masa kuliah.
Karena nanti kalo udah kerja bakal kangen.
Dan gw berusaha memenuhi itu.
Menikmati masa-masa kuliah gw.
Masa-masa bikin tugas, ujian, paper, drama.
Masa-masa berorganisasi bersama himpunan gw.
Masa-masa libur, masa-masa masuk.
Supaya nanti kalo udah kerja.
Gw boleh kangen tapi gw ga boleh menyesal.
Dan setelah gw mencapai masa ini.
Gw seneng karena gw cukup menikmati masa kuliah.
Gw suka pelajaran yang gw dapet.
Gw suka sama orang-orang yang gw temuin.
Gw suka sama dosen-dosen yang ngajar gw.
Gw suka sama kesantaian waktu hari biasa.
Dan ketegangan waktu semua tugas numpuk dan waktunya kurang.
Gw suka sama masa-masa gw kerja sampingan.
Walaupun itu mengambil waktu ujian.
Gw makin merasakan kekuatan yang Tuhan kasih walaupun harus pulang malem.
Walaupun harus belajar seadanya.
Lagi-lagi ngeliat kejaiban di nilai-nilai ajaib itu.
Gw suka sama rasa deg-degan jantung mau copot ketika liat nilai.
Dan juga saat nunggu nilai di Bimay lama keluarnya.
Mungkin waktu itu gondok, ga sabar, sebel, apalagi Bimay suka lemot klo liat nilai.
Mungkin waktu itu sedih waktu nilainya ga sebanding ma keyakinan gw.
Tapi juga takjub ketika nilai diatas ekspektasi.
Apapun perasaan itu, gw suka.
Karena gw tau gw ga akan menyesali itu semua.
Karena gw tau selama perkuliahan keajaiban terjadi setiap hari.
Berkat Tuhan yang melimpah-melimpah yang mengantar gw sampe akhir.
Anugrah Tuhan yang luar biasa menyertai gw di sepanjang perjalanan 3,5 tahun ini.
Makin kesini, gw makin menghargai masa-masa terakhir ini.
Rasanya gw berhasil menjalani semester 7 dengan padat dan berisi, dan gw sangat bersyukur.
Gw seneng di semester terakhir masih bisa kerja bareng organisasi gw, mungkin untuk terakhir kalinya.
Dan gw sempet terharu ketika ketua dari angkatan gw lengser dan digantikan anak angkatan selanjutnya.
Ini pertanda, bahwa masa kita udah berakhir.
Masa sukacita, tawa, dan air mata yang gw jalanin sama organisasi gw.
Sekarang udah ada penerus yang baru.
Dan gw seneng gw ada bersama organisasi ini dari sejak awal gw menjejakkan kaki di kampus.
Sampe gw angkat kaki dari kampus.
Walo di tengah-tengah gw sempet vakum beberapa waktu.
Tapi dari awal sampe akhir ini udah jadi keluarga gw.
Dan akan sampe selamanya begitu.
Bukan cuma saat gw ada di lingkungan kampus.
Karena senior dan alumni gw juga, selalu menganggap ini keluarga.
Dan gw belajar banyak dari mereka.
Dan gw sayang mereka seperti kakak gw sendiri.
Dan saudara seperjuangan gw, seangkatan gw.
Dan adek-adek yang bekerja dan tertawa bersama juga.
Keluarga yang akan selamanya ada di hati gw.
Dan gw ga akan menyesal, karena organisasi ini bikin kehidupan kampus gw berwarna.
Kalo gw ga pernah mengenal keluarga ini, mungkin akan hampa.
Mungkin gw akan menyesal.
Tapi disini gw juga mengenal seluk-beluk kampus.
Sehingga masa 3,5 tahun ini ga sia-sia.
Sehingga pelajaran yang gw dapet bukan cuma secara akademik.
Tapi juga pelajaran hidup.
Skripsi mungkin tangga terakhir yang harus gw naikin sebelum pintu ke dunia baru.
Dan tangga ini sangatlah tinggi sampe gw ngos-ngosan naikinnya.
Gw bahagia masuk jurusan ini.
Tapi gw harap di masa depan gw ga usah bikin skripsi lagi.
Susah.
Tapi gw bahagia karena boleh lewatin proses ini.
Proses yang memberi gw pengetahuan baru.
Dan memberi tahu gw teman-teman yang baik yang gw temukan dalam susahnya skripsi.
Dan rasa syukur karena memiliki dosen-dosen yang luar biasa.
Dan pada akhirnya, masa-masa terakhir ini juga memberikan kebanggaan.
Karena gw udah mau jadi sarjana.
Karena gw udah hampir ngebanggain mami.
Menuhin impian mami.
Dan juga  impian gw sendiri.
Impiannya akan dijelaskan kemudian.
Tinggal selangkah lagi.
Tinggal sedikit lagi.
Tinggal dua bulan lagi sidang berlangsung.
Tinggal 5 bulan lagi wisuda dan make toga.
Tinggal 5 bulan lagi mami liat gw jadi sarjana.
Ini mungkin akhir dari perkuliahan yang penuh keajaiban.
Dan awal untuk menghadapi dunia baru setelah gw lulus.
Gw masih belom bisa liat apa-apa di depan sana.
Kecuali bahwa Tuhan Yesus udah duluan ada disana.
Dan itu yang bikin gw yakin.
Selama  Dia ada di depan gw, di samping gw, dan di dalam gw.
Apapun yang ga kelihatan di depan ga akan menguatirkan gw.
Kenapa gw nulis masa-masa terakhir itu sekarang?
Bukannya pas udah bener-bener lulus?
Soalnya pas lulus gw mau nulis semua yang ajaib dan ajaib sepanjang perkuliahan.
Dari awal sampe akhir.
Bukan perpisahan lagi.
Tapi nostalgia yang indah.
Supaya langkah menuju pintu selanjutnya setelah tangga terakhir pun ringan.
Dan bisa menapaki yang di depan dengan rasa syukur.
Karena uda flashback dan mengingat lagi penyertaan Tuhan yang luar biasa.
Supaya nanti ke depannya bisa berjalan dengan iman yang lebih dan lebih terus setiap harinya.
Dan kenangan kuliah boleh jadi kenangan yang sama berharganya.
Seperti fase hidup lain yang udah gw lewatin.
Terima Kasih  Tuhan.

No comments:

Post a Comment